Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (3.3)

,


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                          :     SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN                      :     Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER                     :     XII  /  6
PROGRAM KEAHLIAN               :     Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI       :     3.      Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KOMPETENSI DASAR       :    3.3.   Mengevaluasi kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia
ALOKASI WAKTU                        :    4 x 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
Kognitif
A.     Produk
a.             Menguraikan bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa
b.            Menguraikan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
c.             Menguraikan upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers
d.            Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
e.             Mempertimbangkan segi positif dan negatif dari kebebasan pers di Indonesia
B.     Proses
a.             Menjelaskan bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa
b.            Menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
c.             Menjelaskan upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers
d.            Menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
e.             Membandingkan segi positif dan negatif dari kebebasan pers di Indonesia
Afektif
A.     Perilaku Berkarakter
a.             Berfikir kritis terhadap bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa.
b.            Secara mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh dampak penyalahgunaan kebebasan media massa.
c.             Secara mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
B.     Ketrampilan Sosial
a.             Dapat melakukan kerjasama individu maupun kelompok meliputi presentasi, bertanya dan mengemukakan pendapat.
b.              Secara mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.  Produk
a.       Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers.
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membandingkan segi positif dan negatif dari kebebasan pers di Indonesia.
B.  Proses.
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers.
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan contoh dampak penyalahgunaan kebebasan media massa.
Afektif
APerilaku Berkarakter
a.       Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga) contoh dampak penyalahgunaan kebebasan media massa.




B.     Ketrampilan sosial
a.             Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan kerjasama, menjadi pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat sehingga siswa dapat menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia.
b.            Siswa dapat menyimpulkan pentingnya upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers.

MATERI PEMBELAJARAN
1.      Bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa
2.      Dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
3.      Upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers
4.      Manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
5.      Segi positif dan negatif dari kebebasan pers di Indonesia

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø   Model     :  Kooperatif dengan mengunakan STAD
Ø   Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
Ø    
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1

























2.
I

























II




Kegiatan Awal.
1.         Guru mengabsensi siswa.
2.         Guru memberikan motivasi siswa dalam kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
3.         Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.         Guru menjelaskan bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa
2.         Guru menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
3.         Guru menjelaskan upaya pengawasan atau pengendalian kebebasan pers
4.         Guru menjelaskan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
5.         Guru membandingkan segi positif dan negatif dari kebebasan pers di Indonesia 
6.         Guru membagi kelompok untuk setiap kelompok yang terdiri dari 4 anak
7.         Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir



Kegiatan Awal
Ø  Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang mengevaluasi kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia
Kegiatan Inti
1.            Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.            Guru mempersilahkan siswa untuk saling bertukar informasi
3.            Guru meminta siswa secara bergantian untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
Kegiatan Akhir
Ø  Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk mencari artikel tentang kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia.
10’




70’














10





5’



75’





10’

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku Paket PKn XII Armico

MEDIA DAN BAHAN
1.   Power Point
2.   LCD

PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1.   Penguasaan Materi
2.   Sistematika dalam penyampaian materi
3.   Tata bahasanya
4.   Sikap pada saat tampil
5.   Kerja sama dengan kelompoknya
@ Skor Penilaian
1.      85  jika kelima aspek terpenuhi
2.      80  jika keempat aspek terpenuhi
3.      75  jika ketiga aspek terpenuhi
4.      70  jika kedua aspek terpenuhi

Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006


















Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK  3.     Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.3. Mengevaluasi kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia
No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                     
B = Baik                                                                                
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                               



Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn

SK  3.     Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.3. Mengevaluasi kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia
No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI : 1.     Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 2
Mata Pelajara           : PKn                                      Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 2                                    Alokasi Waktu : 60’
No
Kompetensi Dasar
Kelas/ Smt
Materi
Indikator Soal
No Soal
3
 Mengevaluasi kebebasan pers, dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis Indonesia



XII / 2
Kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
A.  Dampak positif  kebebasan pers dalam masyarakat
B.  Dampak penyelahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia

§  Berikan Pendapat tentang dampak positif kebebasan media massa
§  Sebutkan Akibat dari dampak positif kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa

1


2









LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
PETUNJUK : Jawablah secara tepat dan jelas !
1.      Uraikan  bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan media massa di Indonesia !
2.      Uraikan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa di Indonesia bagi kehidupan pribadi seseorang, masyarakat, bangsa dan negara !
3.      Bagaimakah upaya yang dapat dilakukan baik oleh pemerintah, masyarakat, dan pihak pengelola media massa guna mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan kebebasan media massa ?   Uraikan !
4.      Uraikan manfaat media massa bagi masyarakat dan pemerintah !
5.      Uraikan segi positif dan segi negatif dari kebebasan pers !

Kunci Jawaban
1. a. Penyiaran berita yang tidak memenuhi kode etik jurnalistik
b. Peradilan oleh Pers ( Trial by the press )
c. Membentuk opini yang menyesatkan
d. Tulisan yang bernada firnah dan provokatif
e. Berita bohong
2. a. Bagi kepentingan pribadi
-           Pemberitaan pers dapat mengangkat citra positif atau nama baik seseorang,
-           namun akibat pemberitaan negatif dari pers juga dapat menghancurkan nama baik seseorang.
b. Bagi kepentingan masyarakat
-         Masyarakat dapat tertipu karena mendapat informasi yang tidak benar
-         Dapat menimbulkan opini publik / pendapat masyarakat yang keliru / salah terhadap suatu fakta atau kejadian
c. Bagi kepentingan bangsa dan negara
-         Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berkurang karena tidak percaya terhadap kebijakan pemerintah.
-         Masyarakat bersikap acuh tak acuh atau apatis terhadap berbagai program pemerintah
-         Tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan menjadi menurun
-         Tingkat kepercayaan luar negeri luntur

2.      a. Pembuatan Undang-Undang Pers dan Penyiaran
Diharapkan dapat menjadi acuan bagi semua pihak yang terkait dengan pers dan media massa agar kehidupan pers dan gerak langkah media massa tetap dapat berlangsung dengan bebas namun dengan disertai rasa tanggung jawab.
b. Memfungsikan Dewan Pers sebagai Pembina Pers Nasional
Dewan pers sebagai lembaga yang mandiri mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membina kehidupan pers yang bebas dan bertanggung jawab.
c. Penegakan Supremasi Hukum
Kemampuan pemerintah untuk menegakkan supremasi hukum termasuk dalam kaitannya dengan kehidupan pers akan sangat membantu perkembangan pers yang sehat, bebas, dan bertanggung jawab.
d. Sosialisasi dan Peningkatan Kesadaran Rakyat akan HAM
Semakin tinggi kesadaran rakyat akan hak-hak asasi manusia menuntut peningkatan kecerdasan insan pers untuk melayani kebutuhan rakyat. Pers yang tidak sejalan dengan keinginan masyarakat akan ditinggalkan oleh rakyat.
4. Bagi masyarakat
a.       Menjadi sarana untuk mendapatkan segala informasi, misalnya :
-        dapat mengetahui dan membeli sesuatu produk karena adanya iklan di media
-        dapat mengetahui adanya lowongan kerja yang dimuat di media
b.      Menjadi sarana kontrol sosial
Kritik dan disertai argumentasi secara nalar dapat dipaparkan di media massa dengan mudah. Masyarakat dapat saling melakukan kontrol / pengawasan terhadap sesuatu yang dinilai tidak tepat / tidak baik kepada sesama kelompok masyarakat, perorangan, ataupun kepada instansi pemerintah.

Bagi pemerintah menjadi sarana penyebar dan mendapatkan informasi
a.             Untuk mengumumkan, menghimbau, mengajak masyarakat, dan sosialisasi segala program kebijakan pemerintah
b.            Untuk mendapatkan informasi terkini dan mengantisipasi perkembangan dalam segala bidang kehidupan ( poleksosbudhankam )
c.             Untuk mengetahui dan menyerap segala aspirasi yang diingikan masyarakat




5. a.       Segi positif dari kebebasan pers
-         Segi positif tentu berkaitan dengan manfaat media massa bagi semua pihak, baik orang seorang, masyarakat, kelompok pengusaha, maupun pemerintah dalam arti luas.
-         Semua pihak akan mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.
-         Media massa sebagai sarana kehidupan modern menjadi salah satu kebutuhan yang memang harus dipenuhi, terlebih-lebih bagi pihak yang mempunyai aktivitas yang berhubungan dengan banyak pihak.
-         Kemajuan sosial ekonomi seseorang anggota masyarakat sangat ditentukan oleh faktor kecepatan mengakses berita dan informasi yang terkini.

b.      Segi negatif dari kebebasan pers
-         Segi negatif menyangkut dampak negatif yang ditimbulkan oleh kebebasan pers yang tidak disertai dengan rasa tanggung jawab.
-         Berbagai siaran iklan yang berlebihan sehingga menipu atau menyesatkan pembaca dan pendengar atau pemirsanya.
-         Membawa pengaruh budaya yang belum tentu sesuai dengan kepribadian bangsa, misalnya pornografi, sadisme, pelecehan agama, dsb.
-         Berbagai informasi yang kurang lengkap, tidak berimbang, berat sebelah dapat merugikan salah satu pihak atau bahkan semua pihak.





Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (3.3) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (3.3).docx Disini

0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (3.3)”

Poskan Komentar