Minggu, 13 Januari 2013

RPP Reservation 3

,





 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Produktif Perhotelan
KELAS / SEMESTER          :  X/  2
PROGRAM KEAHLIAN     :  Akomodasi Perhotelan
STANDAR KOMPETENSI :  Memproses Reservasi
KOMPETENSI DASAR       :  Memperbaharui  Reservasi
ALOKASI WAKTU              :  10 X 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
1.      Pembayaran yang dterima dicatat secara akurat dan diproses sesuai dengan prosedur perusahaan.
  1. Pembatalan dan penggantian reservasi dicatat secara akurat sesuai dengan permintaan pelanggan dan prosedur perusahaan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat mencatat pembayaran yang diterima secara akurat.
2.      Siswa dapat mencatat permintaan pembatalan dan penggatian reservasi dengan akurat.

MATERI PEMBELAJARAN
             Pertemuan 1- 6
·          Mencatat permintaan pembatalan dan penggatian reservasi dengan akurat.
Praktek menangani pembatalan dan penggantian reservasi.

Pertemuan 7- 10

·         Mencatat pembayaran yang diterima secara akurat ( praktek ).

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  kooperatif  tipe Debate
Ø    Metode  :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

  


LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1











  2












3
1- 6





















Kegiatan Awal.
                   a. Orientasi
        1.  Greeting ( salam pembuka).
        2.  Absensi
                  b. Apersepsi
        1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin       
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang akan dibahas
                  c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1. Guru menjelaskan kepada siswa tentang pembatalan  
     reservasi .
2.      Guru menunjukkan kepada siswa cara menangani pembatalan reservasi .
      3.    Guru menjelaskan tentang penggantian reservasi.
      4.   Guru menunjukkan cara menangani penggantian rservasi.
a.      Elaborasi
      *. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara mencatat pembatalan dan penggantian reservasi.
      c. Konfirmasi
      *.Siswa mempraktekkan sendiri cara mengisi format   
         reservasi.
     * Guru bersama –sama siswa menyimpulkan cara yang benar dalam menangani pembatalan dan penggantian reservasi.
Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mengisi dengan benar.
2.  Salam penutup

15



30



15’




30

35’

25’
35’


35


40'



    10’




No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1












2









3
7- 10





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin  
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
b.      Eksplorasi
       1.  Guru menjelaskan Cara menangani pembayaran tamu 
            dengan ramah,sopan dan santun.            
2.      Guru menunjukkan cara mencatat pembayaran secara akurat.
a.      Elaborasi
        1. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara
            menangani pembayaran tamu.
        2. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara  mencatat 
pembayaran secara akurat.

      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan cara yang benar dalam
         menangani pembayaran tamu secara akurat.

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mempraktekkan dengan benar.
2.  Salam penutup
10





25

10’




25


30’


45’





25’




    10

SUMBER BELAJAR
1.      BSE Akomodasi Perhotelan Jilid 1
2.      Buku yang relevan
3.      Modul Memproses Reservasi, Dra. Adriana
MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point          3. Format- format reservasi
2.      LCD                       4. Calculator
PENILAIAN
1.      Diskusi dan presentasi
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.      Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.      Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi Mata Pelajaran Reservasi
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan




Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                      C = Cukup
B = Baik                                 D = Kurang
                                                                                                    Surabaya,   Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran


                                                            
       Drs. SUGIONO M.Pd.                                                          Dra. ADRIANA ABUBAKAR,MM.
           Pembina Tk. 1                                                                                  Pembina Tk. 1
   NIP. 19590705 198603 1 027                                                     NIP: 196002427 198603 2 0



Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi kelompok

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40








Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                       Surabaya,    Juli  2012
B = Baik                                                                                      Guru Mata Pelajaran                     
C = Cukup
D = Kurang
                                               
                                                                                                           Dra. Adriana Abubakar
                                                                                                NIP 19600427 198603 2 006

Lembar Penilaian Sikap dalam praktek

No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Greeting
Penampilan
Trampil
Bekerja sistematis
Ketepatan
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                            Ketentuan Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi                          A    =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                       B    =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                           C    =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                           D    =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK .  Memproses Reservasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                        Jumlah Soal     :                                                  Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : X / 2                           Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
1
Memperbaharui Reservasi

1. Mencatat permintaan  
    Pembatalan dan     
    penggatian reservasi   
    dengan akurat.
2. Mencatat pembayaran  
    yang diterima secara   
    akurat


  



Siswa dapat :
1. Menyebutkan perubahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh tamu.
2 . Menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan dalam menangani perubahan pemesanan kamar.
3. Menjelaskan pengertian dari:
    a. “Cancelation of Reservation”
     b. Tanda ++ dan “ Net” pada harga kamar.
     c. Guaranteed Arrival.
     d. T or P.


1


2



3







                                                     

LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )

SOAL URAIAN
1. Sebutkan perubahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh tamu
2. Sebutkan langkah-langkah yang dilakukan dalam menangani perubahan pemesanan kamar.
3. . Menjelaskan pengertian dari:
    a. “Cancelation of Reservation”
     b. Tanda ++ dan “ Net” pada harga kamar.
     c. Guaranteed Arrival.
     d. T or P.


KUNCI JAWABAN








Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP Reservation 3 dengan cara klik tulisan disini :
RPP Reservasi 3.docx Disini

0 komentar to “RPP Reservation 3”

Poskan Komentar