Minggu, 13 Januari 2013

RPP Reservation 4

,



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Produktif Perhotelan
KELAS / SEMESTER          :  X/  2
PROGRAM KEAHLIAN     :  Akomodasi Perhotelan
STANDAR KOMPETENSI :  Memproses Reservasi
KOMPETENSI DASAR       :  Memberi saran tentang rincian Reservasi
ALOKASI WAKTU              :  12 X 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
1.      Menginformasikan dengan sopan dan santun tentang permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staff terkait.
  1. Statistik reservasi yang bersangkutan disusun secara akurat atas dasar permintaan departemen lain.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat memberikan informasi yang akurat tentang permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staff terkait.
2.      Siswa dapat menyusun statistik reservasi yang bersangkutan secara akurat atas dasar permintaan departemen lain .

MATERI PEMBELAJARAN
Hubungan kerjasama dengan departemen lain yang terkait dengan rencana kedatangan tamu.
             Pertemuan 1- 6
·          Memberikan data- data calon pelanggan yang akan tiba di hotel dengan cepat dan akurat
·         Mengidentifikasi permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf terkait.
·         Menyampaikan permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf terkait.

Pertemuan 7- 12
·         Menyusun data statistik reservasi secara akurat.
Laporan Reservasi
 Langkah terakhir dalam suatu proses pemesanan kamar adalah melengkapi laporan yang berkaitan dengan pemesanan kamar.
Dengan adanya laporan tentang reservasi maka hotel dapat memaksimalkan tingkat penjualan kamar dengan melakukan pengawasan yang akurat tentang room avaibility / kamar yang tersedia untuk dijual dan forecasting of potencial room sales (ramalan tentang potensial penjualan kamar di masa mendatang).
 Seluruh departemen yang ada di hotel juga dapat menggunakan laporan- laporan reservasi ini untuk membantu manajemen dalam membuat perencanaan kebutuhan SDM pada waktu tertentu.
Beberapa laporan di bagian reservasi dibuat secara harian dan ada pula yang dibuat secara mingguan atau bulanan. Tiap-tiap hotel memiliki jenis-jenis laporan reservasi yang berbeda, hal ini sangat tergantung pada kebutuhan manajemen, namun secara umum jenis-jenis laporan tentang reservasi dapat dilihat dibawah ini :
1.       Reservation transaction report
Laporan ini berisi ringkasan tentang kegiatan reservasi di hotel yang disusun secara harian. Laporan ini memberikan ringkasan tentang jumlah reservasi yang masuk, perubahan-perubahan reservasi dan pembatalan reservasi.
2.       Room avaibility report
Laporan yang memberikan informasi tentang kamar yang tersedia untuk dijual.
3.       Group status report
Laporan tentang tamu-tamu rombongan yang tiba dan berangkat, termasuk informasi tentang jumlah tamu rombongan dan pemesanan kamar rombongan yang menggunakan jaminan atau tidak menggunakan jaminan.
4.       Special arrival list
Daftar tentang tamu-tamu penting, VIPs atau tamu-tamu dengan permintaan khusus.
5.       Turn – away report
Laporan tentang reservasi yang ditolak, hal ini biasanya dilakukan bila hotel mengalami fully booked.
6.       Three days forecast report
Laporan tentang perkiraan tingkat hunian kamar untuk tiga hari yang akan datang.
7.       Reservation histories
Merupakan statistik dari seluruh proses reservasi, meliputi jumlah tamu, kamar terisi, sumber pemesanan, no show, over stay dan understay pada periode tertentu.

Status reservasi
a.      6 pm release
Status reservasi kamar ini sering didasarkan pada waktu tamu tiba di hotel. Jika tamu tiba ( check-in ) sebelum batas waktu kedatangan yang ditentukan oleh hotel yaitu jam 6 sore, tamu tersebut akan mendapatkan kamar sesuai dengan pesanannya, namun apabila hingga waktu tersebut tamu belum tiba maka kamar akan dijual kepada tamu lainnya, artinya pemesanan kamar otomatis dibatalkan setelah melewati waktu tersebut.
b.      Guaranteed arrival
Status reservasi kamar ini kebalikan dari status reservasi 6 pm release, apabila status reservasi 6 pm release tidak ada jaminan dari pihak pemesan, sedangkan status reservasi guaranteed arrival ada jaminan pembayaran dari pihak pemesan, sehingga apabila tamu yang bersangkutan terlambat check-in atau tidak datang di hotel,maka kamar masih tersedia untuknya . Kamar yang bersangkutan akan dibiarkan kosong atau tidak dijual kepada siapapun sampai dengan waktu check-out pada keesokan harinya.
c.       Take or place ( t or p )
Pada umumnya setiap hotel sudah mempunyai tamu-tamu yang reguler. Oleh karena itu, setiap hari pihak hotel sudah mengalokasikan kamar tertentu bagi tamu-tamu tetap, walaupun tamu tersebut belum membuat reservasi kamar sebelumnya.
Jika pada saat tiba ( reguler guest ) tidak tersedia kamar dalam arti hotel dalam keadaan penuh, pihak hotel akan membantu atau mencari kamar di hotel lain yang setaraf . Biasanya ditawarkan kepada hotel yang satu kelompok ( chain hotel ) atau hotel yang berdekatan.
d.      VIPs and CIPs
Reservasi untuk tamu penting,VIPs ( Very Important Persons )
atau tamu CIPs ( Community Important Persons ) biasanya ditangani oleh senior reservation clerk untuk menghindari kesalahan, sehingga semua permintaannya akan ditangani dengan sebaik mungkin. Bagi kedua jenis tamu ini akan diberikan perhatian khusus atau tanda khusus pada tabel reservasi  (reservation chart) sehingga semua petugas akan mengetahuinya.
e.       Tours and Groups
Trours and groups apabila jumlah orangnya minimal 15 orang, namun hal ini juga sangat ditentukan oleh kebijakan hotel masing-masing. Dalam menangani pemesanan kamar ini, petugas harus mengikuti prosedur khusus karena tamu group akan memesan kamar dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, travel agent yang membawa group tersebut harus memberi deposit atau jaminan kepada pihak hotel. Tamu group sering di istilahkan dengan group inclusive tour (GIT).
f.         Commisionable bookings.
Pemesanan kamar yang dibuat oleh biro perjalanan,umumnya akan diberi komisi oleh hotel kepada travel agent tersebut. Hal ini jika biro perjalanan tersebut belum ada contractual agreement sebelumnya dengan pihak hotel. Besarnya komisi yang diberikan oleh hotel kepada agent tersebut sebesar 10 % dari harga kamar. Sedangkan bagi travel agent yang sudah benefit akan diberikan harga khusus atau contract rate sehingga travel agent dapat menjual kepada tamu sesuai dengan harga kontrak. Jadi agent tersebut dengan sendirinya sudah mendapat komisi dari harga kontrak tersebut.
·         Menyampaikan data statistik kepada seksi atau departemen lain yang terkait.

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  kooperatif  tipe Debate
Ø    Metode  :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas



LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1











  2












3
1- 6





















Kegiatan Awal.
                   a. Orientasi
        1.  Greeting ( salam pembuka).
        2.  Absensi
                  b. Apersepsi
        1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin       
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang akan dibahas
                  c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
       1.  Guru menjelaskan kepada siswa tentang cara   
            mengidentifikasi data- data calon pelanggan yang akan     
            tiba di hotel dengan cepat dan akurat
2.      Guru menunjukkan kepada siswa cara mengidentifikasi data- data calon pelanggan yang akan tiba di hotel dengan cepat dan akurat.
3.      Guru menjelaskan tentang cara menyampaikan permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf terkait.

a.      Elaborasi
      *. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara  
          mengidentifikasi data- data calon pelanggan yang akan     
            tiba di hotel dengan cepat dan akurat.

      c. Konfirmasi
      *.Siswa mempraktekkan sendiri cara mengidentifikasi data-  
         data calon pelanggan yang akan  tiba di hotel dengan cepat   
        dan akurat.
     * Guru bersama –sama siswa menyimpulkan cara yang benar 
        dalam cara mengidentifikasi data- data calon pelanggan   
        yang akan  tiba di hotel dengan cepat  dan akurat.
.
Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mengisi dengan benar.
2.  Salam penutup

15



30



15’




35


40’



40’




40'





45’







    10’


No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1












2









3
7- 12





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin  
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
b.      Eksplorasi
         1. Guru menjelaskan cara menyusun data statistik
             reservasi secara akurat.
         2. Guru menunjukkan cara menyusun data statistik
             reservasi secara akurat.
         3.Guru menjelaskan cara menyampaikan data statistik   
            kepada seksi atau departemen lain yang terkait.

a.      Elaborasi
        1. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara menyusun  
            data statistik  reservasi secara akurat.          

      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan cara yang benar dalam
         menyusun  data statistik  reservasi secara akurat.          

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mempraktekkan dengan benar.
2.  Salam penutup


20


20




10’



25


60’

35’



60’



30’




    10

SUMBER BELAJAR
1.      BSE Akomodasi Perhotelan Jilid 1
2.      Buku yang relevan
3.      Modul Memproses Reservasi, Dra. Adriana
MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point          3. Format- format reservasi
2.      LCD                       4. Calculator
PENILAIAN
1.      Diskusi dan presentasi
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.      Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.      Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi Mata Pelajaran Reservasi
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan




Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                      C = Cukup
B = Baik                                 D = Kurang





                                                                                                    Surabaya,   Juli  20112
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran


          Drs. SUGIONO M.Pd.                                                        Dra. ADRIANA ABUBAKAR,MM.
               Pembina Tk. 1                                                                         Pembina Tk. 1
     NIP. 19590705 198603 1 027                                                  NIP: 196002427 198603 2 006

  

Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi kelompok

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40








Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                       Surabaya,    Juli 2012
B = Baik                                                                                      Guru Mata Pelajaran                     
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                                Dra. Adriana Abubakar,MM.
                                                                                                NIP 19600427 198603 2 006

Lembar Penilaian Sikap dalam praktek

No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Greeting
Penampilan
Trampil
Bekerja sistematis
Ketepatan
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                            Ketentuan Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi                          A    =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                       B    =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                           C    =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                           D    =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK .  Memproses Reservasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                        Jumlah Soal     :                                                  Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : X / 2                           Alokasi Waktu : 45

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
1
Memberi saran tentang rincian  Reservasi

·         1. Memberikan data- data calon pelanggan yang akan tiba di hotel dengan cepat dan akurat
·         Mengidentifikasi permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf terkait.
·         Menyampaikan permintaan umum dan khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf terkait.


·         Menyusun data statistik reservasi secara akurat.
·         Menyampaikan data statistik kepada seksi atau departemen lain yang terkait.




  



Siswa dapat :
1. Menyebutkan jenis- jenis laporan yang ada di bagian reservasi.
2 . Menjelaskan apa kegunaan dari laporan reservasi.
3. Menjelaskan pengertian dari:
    a. “Reservation Transaction Report”
     b. “Room Availability Report”.
     C “Turn Away Report”.
    d. “Reservation Histories”


1


2



3








                                                            
LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )

SOAL URAIAN
1. Sebutkan jenis- jenis laporan yang ada di bagian reservasi.
2. Menjelaskan apa kegunaan dari laporan reservasi. .
3. . Menjelaskan pengertian dari:
     a. “Reservation Transaction Report”
     b. “Room Availability Report”.
     c. “Turn Away Report”.
     d. “Reservation Histories”



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP Reservation 4 dengan cara klik tulisan disini :
RPP Reservasi 4.docx Disini

0 komentar to “RPP Reservation 4”

Poskan Komentar