Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (3.1)

,


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                          :     SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN                      :     Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER                     :     XII  / 6
PROGRAM KEAHLIAN               :     Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI       :     3.     Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KOMPETENSI DASAR              :     3.1. Mendiskripsikan Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
ALOKASI WAKTU                        :     2 x 45 menit
                                        
           
INDIKATOR            :
Kognitif
A.    Produk
1.      Pengertian pers, pers nasional dan pers asing diidentifikasi
2.      Fungsi pers dianalisis
3.      Pendapat tentang peran pers dijelaskan
4.      Perkembangan pers di Indonesia dianalisis
B.     Proses
1.      Menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2.      Menjelaskan fungsi pers.
3.      Mengemukakan pendapat tentang peran pers.
4.      Menjelaskan perkembangan pers di Indonesia.
Afektif
A.    Perilaku Berkarakter
1.      Berfikir kritis terhadap pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2.      Secara mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh perkembangan pers di Indonesia.
B.     Ketrampilan Sosial
1.      Mengemukakan pendapat tentang fungsi pers.
2.      Mengemukakan pendapat tentang pendapat tentang peran pers.
3.      Mengemukakan pendapat tentang perkembangan pers di Indonesia.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.    Produk
1.      Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan perkembangan pers di Indonesia.
3.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan fungsi pers.
4.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang peran pers.
B.     Proses.
1.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan perkembangan pers di Indonesia.
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan fungsi pers.
3.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang peran pers.
Afektif
APerilaku Berkarakter
1.      Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan contoh fungsi pers.
BKetrampilan sosial
1.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang peran pers.
2.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang fungsi pers.
3.     Setelah membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan perkembangan pers di Indonesia.



MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
A.        Pengertian
1.      Pers
2.      Pers nasional
3.      Pers asing
B.         Fungsi pers
C.         Peran pers

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  Kooperatif  tipe Jigsaw
Ø    Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1

















2.
I

















II




Kegiatan Awal.
1.      Guru memotivasi siswa dalam kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing
2.      Guru menjelaskan tentang peran pers.
3.      Guru menjelaskan fungsi pers
4.      Guru menjelaskan perkembangan pers di Indonesia
5.      Guru membagi kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
6.      Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal
Ø  Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang pengertian dan fungsi pers.
Kegiatan Inti
1.      Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.      Guru mempersilahkan siswa untuk menerangkan materi kepada kelompoknya secara bergantian
3.      Guru meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan / menceriterakan kembali tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru serta yang telah dipelajari dari kelompoknya.
Kegiatan Akhir
Ø  Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan tentang pengertian dan fungsi pers.
10’



70’









10



5’



75’







10’

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku Paket PKn XII Armico
MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point
2.      LCD
PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.       Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.       Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi



Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006








Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK. 3.    Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.1. Mendiskripsikan Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                     
B = Baik                                                                                                        
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                               



Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn

SK. 3.    Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.1. Mendiskripsikan Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI :  3. Mengevaluasi Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 4
Mata Pelajaran         : PKn                                     Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 1                                    Alokasi Waktu : 60’
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /               Uraian Materi
Bentuk Instrumen
Indikator Soal
No Soal
1.
Mendiskripsikan pengertian fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
Pengertian fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
A. Pengertian
1.   Pers
2.   Pers nasional
3.   Pers asing
B.  Fungsi pers
C.  Peran pers

Tes tertulis

Bentuk
soal
uraian














§  Jelaskan Pengertian pers, pers nasional dan pers Asing

§  Sebutkan Fungsi pers

§  Berikan Pendapatmu tentang peran pers

§  Analisis Perkembangan pers di Indonesia

1



2


3


4






  


LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Bacalah sedikit gambaran materi di bawah ini !
Negara demokrasi adalah negara yang mengikutsertakan partisipasi rakyat dalam pemerintahan serta menjamin terpenuhinya hak-hak dasar rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu hak dasar rakyat yang harus dijamin adalah kemerdekaan menyampaikan pikiran baik secara lisan dan tulisan. Pers merupakan salah satu sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapat serta memiliki peranan penting dalam negara demokrasi.
Secara etimologis, kata pers berasal dari bahasa Inggris – to press, artinya mencetak. Karena itu pengertian persseringkali merujuk kepada media cetak. Dalam perkembangannya, istilah pers meliputi dua hal, yaitu pers dalam arti sempit dan pers dalam arti luas. Berkembangnya media yang mampu menjangkau massa juga membuat istilah pers semakin meluas.
Dalam sejarah Indonesia, pers memiliki peran yang menonjol. Pada masa kolonialisme, pers berperan menyebarluaskan gagasan kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia. Begitu pula saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, pers menjadi media yang efektif menjangkau berbagai pelosok negeri untuk mewartakan kemunculan Indonesia sebagai negara yang berdaulat.
Perkembangan pers nasional pasca kemerdekaan mengalami dinamika yang menarik. Pada periode awal demokrasi liberal di Indonesia kehidupan pers relatif bebas dan memperoleh perlindungan konstitusi sebelum akhirnya tertekan dibawah demokrasi Terpimpin. Demikian pula, dibawah kekuasaan otoriter Orde Baru telah banyak media massa yang dibekukan secara sepihak karena dianggap terlalu kritis terhadap pemerintah. Kini di era reformasi, peranan pers untuk menyebarluaskan informasi telah memberikan sumbangan bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Pers dapat menjadi media untuk mengontrol praktik pemerintahan. Berbagai praktik penyimpangan kekuasaan dapat diungkap pers, sementara kehendak publik dapat terus menerus dipublikasikan agar diakomodasi oleh pemerintah.

PETUNJUK : Jawablah secara tepat dan jelas !
1.      Deskripsikan pengertian pers dengan kalimat Anda sendiri !
2.      Deskripsikan fungsi pers dalam masyarakat demokrasi
3.      Deskripsikan peranan pers dalam masyarakat demokrasi
4.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa penjajahan Belanda dan Jepang.
5.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa penjajahan Belanda dan Jepang.
6.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa revolusi mempertahankan kemerdekaan
7.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa Orde Lama
8.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa Orde Baru
9.      Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam masa reformasi



Kunci Jawaban
1
·     Pers dalam arti sempit       : media cetak yang mencakup surat kabar, koran, majalah, tabloid, dan buletin pada kantor berita.
·     Pers dalam arti luas            : semua media komunikasi yang meliputi media cetak, media audio, media audio visual, dan media elektronik.
2
* media informasi,
* pendidikan,
* hiburan,
* kontrol sosial, dan
* dapat juga sebagai lembaga ekonomi.
3
* Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui,
* Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinnekaan.
* Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar.
* Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
* Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.
4
* Terbagi menjadi tiga golongan, Pers Kolonial, Pers Cina, dan Pers Nasional.
* Pers kolonial bertujuan membela kepentingan kaum kolonialis Belanda dan membantu usaha pemerintah Hindia Belanda dalam melanggengkan kekuasaan di tanah jajahannya.
* Pers Nasional bertujuan memperjuangkan hak-hak bangsa Indonesia untuk mencapai kebebasannya.
* Dalam praktiknya, pemerintah kolonial Belanda menerapkan kontrol yang keras terhadap kalangan pers Indonesia ( Lihat KUHP,  pasal 153 bis, 154, 155, 156, dan 157 )
* Masa penjajahan Jepang, pers dipaksa menyuarakan propaganda-propaganda / harapan-harapan palsu akan lahirnya kemerdekaan setelah Jepang mengalahkan Belanda.
5
* Pers nasional berperan menyebarluaskan berita sekitar proklamasi lemerdekaan Indonesia.
* Pers nasional juga berperan sebagai alat perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.
* Berdiri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Pengusaha Surat kabar (SPS ).
* Kantor berita Antara dibuka kembali setelah dibekukan pemerintah pendudukan Jepang.
6
* Pers sebagai alat perjuangan dan propaganda dari partai politik.
* Pers dipergunakan oleh partai politik sebagai corong ideologinya.
* Pers sangat tergantung pendanaannya dari partai politik.
* Pers menjadi sangat partisan dan berpihak pada suatu partai politik.

7
* Pemerintah mulai membatasi dan mengontrol kebebasan pers.
* Pers nasional harus mendukung revolusi yang belum selesai.
* Pers yang mengkritik dan tidak menyuarakan kepentingan pemerintah dilakukan penekanan dan pembredelan.
* Percetakan banyak yang diambil alih oleh pemerintah dan para wartawan diwajibkan untuk berjanji mendukung politik pemerintah.
8
* Awalnya menjanjikan kebebasan pers sesuai undang-undang nomor 11 tahun 1966 yang menjamin tidak ada sensor dan pembredelan, serta penegasan bahwa setiap warga negara berhak untuk menerbitkan pers yang bersifat kolektif dan tidak diperlukan surat ijin terbit.
* Pers mengalami depolitisasi dan komersialisasi, dalam arti pers tidak lagi mendapat dana dari partai politik dan menghilangkan unsur-unsur politik dalam berita yang dimuat, kecuali yang mendukung pemerintah Orde Baru dan kebijakannya. Sumber pendanaan kehidupan pers adalah dari iklan dan penjualan surat kabar.
* Peristiwa “ Malari “ ( lima belas Januari 1974 ) menjadi awal titik balik kebebasan pers nasional.
* Diberlakukan SIUPP ( Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers ) dan dapat dicabut oleh pemerintah apabila pemberitaan pers dianggap merugikan kebijakan pemerintah Orde Baru.
* Dikembangkan Pers Pembangunan, yaitu pers yang berfungsi mendukung dan menyebarluaskan pembangunan yang menjadi kebijakan pemerintah Orde Baru.
9
* Departemen Penerangan dan SIUPP-nya dibubarkan.
* Muncul penerbitan-penerbitan baru hingga melebihi 2000.
* Lahir Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers
* Lahir Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran

  



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (3.1) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (3.1).docx Disini

0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (3.1)”

Poskan Komentar