Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (2.1)

,

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1  Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER          :  XII  / 1
PROGRAM KEAHLIAN     :  Semua Program Keahlian
STANDAR KOMPETENSI :  2.   Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KOMPETENSI DASAR       :  2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
ALOKASI WAKTU              :  2 x 45 menit
                                        
           
INDIKATOR :
Kognitif
A.  Produk
1.   Makna sistem pemerintahan dijelaskan
2.   Sistem pemerintahan yang pernah berlaku di Indonesia dijelaskan
3.   Sistem pemerintahan di Negara Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China dibandingkan
B.  Proses
1.   Fungsi pokok sistem pemerintahan diuraikan
2.   Perbedaan sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China identifikasi
3.   Makna sistem pemerintahan yang pernah berlaku di Indonesia ditegaskan
Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
1.   Berfikir kritis terhadap makna sistem pemerintahan di berbagai Negara sebagai
2.  Secara mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China

B.  Ketrampilan Sosial
1.   Mengemukakan pendapat tentang arti penting dari sistem pemerintahan
2.   Mengemukakan pendapat tentang sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.        Produk
1.   Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan makna sistem pemerintahan dengan tepat
2.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sistem pemerintahan di berbagai negara
4.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pentingnya sistem pemerintahan bagi suatu Negara

B.        Proses
1.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China
2.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan   makna sistem pemerintah
Afektif
A.        Perilaku Berkarakter
1.   Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna sistem pemerintahan
2.    Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sistem pemerintahan di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Rusia, dan China
B.        Ketrampilan sosial
1.  Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang makna sistem pemerintahan
2.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang sistem pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3.   Setelah membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang sitem pemerintahan yang ada Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Rusia, dan China




MATERI PEMBELAJARAN
1.   Pengertian sistem pemerintahan
2.   Sistem pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3.   Sistem pemerintahan diberbagai negara
a.   System pemerintahan di Amerika Serikat
b.   System pemerintahan di Inggris
c.   System pemerintahan di Russia
d.   System pemerintahan di China
e.   System pemerintahan di Swiss
4.         Membandingkan system pemerintahan di Indonesia dengan system pemerintahan Negara lain

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø  Model   :  kooperatif  tipe Artikulasi
Ø  Metode  :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1

















2.
I

















II




Kegiatan Awal.
1.   Guru memotivasi siswa dalam kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar
2.   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan pengertian system pemerintahan
2.   Guru menjelaskan tentang Sistem pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3.   Guru menjelaskan sistem pemerintahan di Indonesia dengan sistem pemerintahan Negara lain
4.   Guru membagi kelompok yang terdiri dari 2 anak untuk setiap kelompok
5.   Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal
Ø Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang system pemerintahan


Kegiatan Inti
1.   Guru meminta siswa untuk kembali berpasangan sesuai dengan pasangan yang telah di bentuk minggu lalu
2.   Guru mempersilahkan siswa untuk membaca buku secara berpasangan
3.   Guru meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan / menceriterakan kembali tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru serta yang telah dipelajari dari buku yang dibacanya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk ologi membuat kesimpulan tentang sistem pemerintahan
10’



70’









10



5’





75’







10’

SUMBER BELAJAR
1.   Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.   Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.   Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.   Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.   Buku Paket PKn XII Armico

MEDIA DAN BAHAN
1.   Power Point
2.   Flow Chart
3.   LCD

PENILAIAN
1.   Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.   Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.   Penguasaan Materi
b.   Sistematika dalam penyampaian materi
c.   Tata bahasanya
d.   Sikap pada saat tampil
e.   Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.   85  jika kelima aspek terpenuhi
b.   80  jika keempat aspek terpenuhi
c.   75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.   70  jika kedua aspek terpenuhi

Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006






          










Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.  2.   Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD.  2.1.Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                     
B = Baik                                                                                                        
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                               



Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn

SK.  2.     Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD.  2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang




KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK. 2.   Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan
Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 10
Mata Pelajaran         : PKn                                     Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 1                                    Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /               Uraian Materi
Bentuk Instrumen
Indikator Soal
No Soal
1.
Menganalisis system pemerintahan di berbagai Negara
1.   Pengertian system pemerintahan
2.   System pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3.   Sistem pemerintahan diberbagai negara
a.  System pemerintahan di Amerika Serikat
b. System pemerintahan di Inggris
c.  System pemerintahan di India
d. System pemerintahan di China
e.  System pemerintahan di Swiss

4.   Membandingkan system pemerintahan di Indonesia dengan system pemerintahan Negara lain


Tes tertulis

Bentuk
soal
uraian














1.      Pengertian    System pemerintahan dijelaskan
2.   Macam – macam system pemerintahan dijelaskan
3.   Mengidentifikasi kelebihan system pemerintahan presidensiil
4.   Kelemahan system pemerintahan parlementer diidentifikasi
5.   Pengertian system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 dijelaskan
6.   Pengertian  chief executive dalam system pemerintahan di Amerika Serikat dijelaskan
7.   Perbedaan House of Lord dan House of Common dalam system pemerintahan di Inggris dijelaskan
8.   System pemerintahan di India dijelaskan
9.   Menjelaskan system pemerintahan komunis di China
10. Persamaan system pemrintahan negara  Indonesia dengan Amerika Serikat dijelaskan

1

2

3


4


5


6


7



8

9


10










LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.   Menjelaskan Pengertian System pemerintahan
2.   Menjelaskan macam – macam system pemerintahan
3.   Mengidentifikasi kelebihan system pemerintahan presidensiil
4.   Mengidentifikasi kelemahan system pemerintahan parlementer
5.   Menjelaskan pengertian system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945
6.   Menjelaskan pengertian  chief executive dalam system pemerintahan di Amerika Serikat
7    Menjelaskan perbedaan House of Lord dan House of Common dalam system pemerintahan di Inggris
8.   Menjelaskan system pemerintahan di India
9.         Menjelaskan system pemerintahan komunis di China
10. Menjelaskan system pemerintahan di Swiss
11. Menjelaskan persamaan system pemrintahan negara  Indonesia dengan Amerika Serikat
12. Menjelaskan perbedaan system pemerintahan negara Indonesia dengan Inggris

Kunci Jawaban
1.      Pengertian System pemerintahan
      Sistem pemerintahn yang menjaga kstabilan masyarakat, menjaga pondasi pemerintahan, menjaga keutuhan politik, petahanan, ekonomi, dan keamanan sehingga menjadi system pemerintahan demokrasi dimana seharusnya masyarakat bias turut andil adalam pembangunan system pemerintahn stersebut
2.      Macam – macam system pemerintahan
a.  System pemerintahan presidensiil
      b.  System pemerintahan parlementer
3.      Identifikasi kelebihan system pemerintahan presidensiil
a.   Badan eksekutif lebih stabil kedudukanya
      b.   Masa jabatan badan eksekutip lebih jelas dengan jangka waktu ttertentu
      c.   Menyusun program kerja kainet mudah disesuaikan dngan jangka waktu jabatan
4.      Identifikasi kelemahan system pemerintahan parlementer
a.   Kedudukan badan eksekutyuf bergantung pada mayoritas dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu cabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen
b.   Kelangsungan kedudukan badan eksekutif tidak dapat ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatanya, karena sewaktu-waktu cabinet dapat berubah
      c.   Parlemen dapat mengendalikan kkainet
      d.   Parlemen menjaditenmpat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif
5.      Pengertian system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945
      Pasal 1 ayat 2: “Kedaulatan ada di tangn rakyat dan dilaksanakan menurut UUD “
6.   Pengertian  chief executive dalam system pemerintahan di Amerika Serikat
    Bahwa presiden dan wakilnya dipilih oleh rakyat dengan masa jabatan selama 4 tahun dan kekuasaanya dibatasi sesuai dengan prinsip demokrasi hokum.
7.   Perbedaan House of Lord dan House of Common dalam system pemerintahan di Inggris
     Parleme inggris terdidri atas dua bagian :
     a.     House of Lord (majelis tinggi) beranggotakan para bangsawan yang penentuan keanggotaanya ditentukan oleh raja / ratu.
     b.     House of common (*majelis rendah) anggotanya berasal dari partai politikdi Inggris yang dipilih melalui pemilu, namun majeis ini mempunyai kekuasan yang lebih besar dri majelis tinggi
8.   System pemerintahan di India
    System pemerintahan india adalah cabinet government. Presiden sebagai kepala Negara dan mentri-mentri dipimpin oleh seorang perdana mentri sebagai badan eksekutif. Presiden dipilih oleh legislative untuk masa jabatan lima tahun
9.   System pemerintahan komunis di China
a.       Badan legislative : demokrasi dipimpin oleh kelas pekerja yang dikelola oleh partai komunis china sebagai inti kepemimpinan pemerintahan
     Lembaga negaa tertinggi yaitu Konggres Rakyat Nasional, yang dikuasai oleh Partai Komunis China (PKC)
     Badan Eksekutip : kepala Negara tidak ada, yang ada adalah jabatan ketua partai. Adapun penyelenggara tertinggi setingkat dengan perdana mentri dijabat oleh Sekretaris Jendral Partai.

10.  Persamaan system pemrintahan negara  Indonesia dengan Amerika Serikat
a.       Melaksanakan pemilihan umum
b.      Bentuk Negara republik
c.       System pemerintahan presidensiil
d.      Presiden memegang jabatan untuk masa tertentu



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (2.1) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (2.1).docx Disini

0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (2.1)”

Poskan Komentar