Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (4.2)

,


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1  Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER          :  XII /  6
PROGRAM KEAHLIAN     :  Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI  :  4.   Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KOMPETENSI DASAR      :  4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.
ALOKASI WAKTU              : 4 X 45 menit
                                         
           
INDIKATOR  :
Kognitif
A.  Produk
a. Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi dijelaskan
a.    Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan dijelaskan
b.      Dampak globalisasi dijelaskan
B.  Proses
a.       Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi didiskripsikan
b.      Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan dianalisis
c.       Dampak globalisasi didiskripsikan

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.       Berfikir kritis terhadap Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.      Secara mandiri maupun kelompok mampu Menganalisis Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan di era globalisasi
B.  Ketrampilan Sosial
a.       Mengemukakan pendapat tentang  Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.      Menampilkan perilaku penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
c.       Mengemukakan pendapat tentang pengertian  dampak globalisasi

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.  Produk
a.       Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan  Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
  1. Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat tentang perilaku penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
  2. Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang dampak globalisasi


B.  Proses.
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menjelaskan dampak globalisasi
  1. Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  memberikan contoh sikap penyesuaian masyarakat terhadap perubahan

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.       Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh sikap penyesuaian masyarakat terhadap perubahan


B.  Ketrampilan sosial
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
d.      Setelah membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan prilaku penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak globalisasi

MATERI PEMBELAJARAN
a. Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
a.    Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
b.   Dampak globalisasi


MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  kooperatif  tipe Debate
Ø    Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1














2.
I














II




Kegiatan Awal.
1.  Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2.    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
2.   Guru menjelaskan tentang Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
3. Guru menjelaskan tentang dampak dari globalisasi
4.  Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5. Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal
Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
Kegiatan Inti
1.         Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelopmpok yang telah di bentuk
2.         Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi

10’



70’








10



5’



75’



10’

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku Paket PKn XII Armico

MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point
2.      LCD

PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
3.      Penguasaan Materi
4.      Sistematika dalam penyampaian materi
5.      Tata bahasanya
6.      Sikap pada saat tampil
7.      Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1.      85  jika kelima aspek terpenuhi
2.      80  jika keempat aspek terpenuhi
3.      75  jika ketiga aspek terpenuhi
4.      70  jika kedua aspek terpenuhi




Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006


















Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK  4.      Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD  4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                     
B = Baik                                                                                
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                               



Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn

SK  4.      Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD  4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK. 4. Menganalisis Hubungan dasar Negara dengan Konstitusi

Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 3
Mata Pelajara           : PKn                                      Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 2                                    Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Kelas/ Smt
Materi
Indikator Soal
No Soal
3
1.2.               4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.
X / 1
Hubungan dasar Negara dengan konstitusi

1.Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi




2.      Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan

  1. Dampak globalisasi
Siswa dapat :



1.Menjelaskan ancaman pengaruh globalisasi




2. Menjelaskan penyesuaian masyarakat terhadap perubahan

3. Menjelaskan dampak positif globalisai





1







2





3
















LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Soal
1.   Sebutkan Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
4.      Jelaskan Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
5.      Jelaskan Dampak positif globalisasi

Jawaban
1.      a. Tata pergaulan
      Pergaulan kelompok menengah, ABG gedongan, eksekutif yang di bangun atas dasar gengsi biasanya kelompok ini mendefinisikan sendiri keperluan sehari-hari.
b.      Bentuk kebebasan
      Kebebasan yang menjurus kepada kepuasan lahiriyah ,egoism, dan hedonism.
c.       Tantangan global
      Pengaruh globalisasi yang positif wajib kita serap terutama yang tidak mengakibatkan benturan dengan budaya kita.
2.      a. Pengenalan dimana seseorang mengetahui adanya inovasi itu berfungsi
b.   Persuai, dimana seseorang berkenaan atau tidak berkenaan terhadap inovasi
      c.   Keputusan, pemilihan untuk menerima atau menolak inovasi
      d.   Konfirmasi seseorang bias mengubah keputusanya jika ia memperoleh informasi yang bertentangan.
Dampak positif globalisasi dibidang ekonomi yaitu adanya system perdagangan bebas dan keterbukaan dibidang ekonomi, sehingga Negara bisa melakukan perdagangan internasional serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian.



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (4.2) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (4.2).docx Disini

0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (4.2)”

Poskan Komentar