Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (1.3)

,



 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                    :  SMK  Negeri  1  Surabaya
MATA PELAJARAN                :  Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER               :  XII  /  1
PROGRAM KEAHLIAN         :  Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI    :   1.      Menampilkan Sikap Hukum Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi   Terbuka
KOMPETENSI DASAR      :   1.3.   Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka
ALOKASI WAKTU                  :  2 x 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
Kognitif
A.  Produk
           a. Menjelaskan sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
      b. Mengidentifikasi cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c. Menganalisis beberapa keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
B.  Proses
a. Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
b. Menerapkan sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c. Menjelaskan beberapa keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.    Memperagakan sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
b.   Secara mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c.    Secara mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan beberapa keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
B.  Ketrampilan Sosial
a.    Dapat melakukan kerjasama individu maupun kelompok meliputi presentasi, bertanya dan mengemukakan pendapat.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.  Produk
a.    Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
b.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c.    Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat beberapa keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
B.  Proses.
a.    Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
b.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
c.    Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan contoh bersikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.    Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
b.   Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga) contoh sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka.
B.  Ketrampilan sosial
a.    Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan kerjasama, menjadi pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat sehingga siswa dapat menjelaskan sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka
b.   Siswa dapat menyimpulkan pentingnya sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka.

MATERI PEMBELAJARAN
  1. Contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  2. Cara bersikap positif yang sesuai dengan  nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c.        Keuntungan  ideologi terbuka dibandingkan dengan  ideologi tertutup.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø  Model     :  Kooperatif dengan mengunakan STAD
Ø  Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1



















2.
I



















II




Kegiatan Awal.
1.  Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar mengajak siswa mencari contoh sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideology terbuka  dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan pengertian Pancasila sebagai sumber nilai
2.      Guru menjelaskan tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan
3.      Guru menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
4.       Guru membagi kelompok untuk setiap kelompok yang terdiri dari 4 anak
5.      Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal
Ø  Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang Pancasila sebagai sumber nilai
Kegiatan Inti
1.            Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.            Guru mempersilahkan siswa untuk saling bertukar informasi
3.            Guru meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka.
Kegiatan Akhir
Ø  Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk mencari arikel tentang sikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka kemudian di analisis.
10’





70’









10



5’



75’





10’







SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku Paket PKn XII Armico

MEDIA DAN BAHAN
1.   Power Point
2.   LCD

PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1.   Penguasaan Materi
2.   Sistematika dalam penyampaian materi
3.   Tata bahasanya
4.   Sikap pada saat tampil
5.   Kerja sama dengan kelompoknya
@ Skor Penilaian
1.      85  jika kelima aspek terpenuhi
2.      80  jika keempat aspek terpenuhi
3.      75  jika ketiga aspek terpenuhi
4.      70  jika kedua aspek terpenuhi












Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006



Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.3.    Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka
No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                     
B = Baik                                                                                                        
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                               




Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn

SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.3.    Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka        
No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang




KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK.1.   Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila sebagai  Ideologi   Terbuka

Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 15
Mata Pelajaran         : PKn                                     Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 1                                    Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /               Uraian Materi
Bentuk Instrumen
Indikator Soal
No Soal
1.
1.Mendiskripsikan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
1.  Pengertian Ideologi

2.  Pancasila Sebagai ideologi

3.  Pancasila sebagai ideologi terbuka

4.  Membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi yang lain
Tes tertulis

Bentuk
soal
uraian














1.     Menjelaskan Pengertian
     Ideologi
2.     Menjelaskan Unsur unsur
yang terkandung dalam IdeologI
3.    Menjelaskan arti penting
ideologi bagi suatu negara
4.     Uraikan secara singkat proses Perumusan     Pancasila  sebagai dasar negara
5.    Membandingkan  antara ideologi dengan dasar negara
6.     Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara
7.     Membedakan antara fungsi
Pokok Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai Ideologi negara
8.    Menjelaskan fungsi dan peranan ideologi bagi     kehidupan manusia
9.     Membedakan antara ideologi  terbuka  dengan    Ideologi tertutup
10.  Memberikan contoh sikap yang merupakan  pengamalan Pancasila sebagai dasar negara  maupun sebagai Ideologi negara
11.  Menampilkan sikap yang
mencerminkan Pancasila sebagai ideologi Terbuka
12.  Membandingkan Ideologi
Pancasila dengan  Ideologi yang lain


13.  Menunjukkan sikap sebagai warganegara yang berkepribadian Pancasila
14.  Menunjukkan Pancasila sebagai Ideologi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
15.  Menampilkan     sikap warganegara yang berlandaskan   Pancasila sebagai ideologi Negara

1

2


3

4


5

6

7



8


9


10




11


12


13


14



15




Lembar Penilaian ( tes tertulis dengan bentuk soal uraian )

SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.1.     Mendiskripsikan  Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.      Apakah yang dimaksud dengan ideologi?
2.      Sebutkan tiga unsur yang terkandung dalam ideologi!
3.      Jelaskan arti pentingnya ideologi bagi suatu negara!
4.      Uraikan secara singkat proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
5.      Bandingkan  antara ideologi dengan dasar negara!
6.      Jelaskan fungsi Pancasila sebagai dasar  negara!
7.      Bedakan fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
8.      Apakah fungsi dan peranan ideologi bagi kehidupan manusia?
9.      Jelaskan perbedaan antara ideology terbuka dengan ideologi tertutup!
10.  Berikan tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun sebagai ideologi negara!
11.  Bagaimana perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Jelaskan!
12.  Mengapa kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara?
13.  Mengapa Pancasila  dijadikan sebagai ideologi terbuka?
14.  Dapatkah Pancasila menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,bangsa dan negara?
15.  Apakah yang anda lakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara?

Kunci Jawaban
1.      Ideologi adalah cita – cita
2.      Tiga unsur yang terkandung dalam ideologi adalah:
a.       Adanya suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.
b.      Memuat seperangkat nilai atau suatu preskripsip moral
c.       Ideologi merupakan suatu pedoman kegiatan untuk mewujudkan nilai – nilai yang termuat didalamnya.

3.      Arti pentingnya ideologi bagi suatu bangsa adalah : sebagai pegangan dan petunjuk arah semua kegiatan hidup di berbagai aspek kehidupan bangsa dan Negara
4.      Proses perumusan Pancasila dimulai dari sidang :
a.       BPUPKI tgl 29 mei s/d 1 juni 1945 ternyata hasil sidang belum ada keputusan
b.      Tanggal 22 juni 1945 BPUPKI membentuk panitia kecil atau panitia 9 yang berhasil merumuskan rancangan pembukaan hukum dasar yang berisi tujuan dan maksud pendirian negara Indonesia merdeka. Kemudian Moh Yamin memberi nama piagam Jakarta. Tetapi isi piagam tersebut dinilai kurang sesuai akhirnya diadakan perubahan terutama pada sila ke 1, setelah mengalami perubahan maka rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 adalah seperti yang tertera dalam dasar negara Pancasila sekarang.
5.   Perbandingan antara ideologi dengan dasar negara:
      a.   Ideologi adalah sekumpulan gagasan, ide, keyakinan dan kepercayaan yang sistematis yang mengarah pada tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan
b.   Dasar negara adalah landasan yang dipakai untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan Negara
6.   Pancasila dipakai sebagai landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara
      Fungsi Pancasila sebagai dasar  negara:
       a. Fungsi pokok pancasila sebagai pedoman  pelaksanaan kehidupan berbangsa dan        bernegara
      b. Pancasila sebagai sumber motivasi dan sebagai sumber semangat dalam berbagai       kehidupan Negara
7.   Fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
      a.   Sebagai bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya
      b.   Menjembatani  negara pendiri negara dan para generasi penerus
      c.  Menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan kelompoknya atau negaranya
8.   Fungsi dan peranan  ideologi bagi kehidupan manusia menjadi pokok kaidah dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
9.      Perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup
a.  Ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zaman yang teus mengalami perubahan.
b.  Ideologi tertutup adalah  ideologi  yang bersifat kaku menutup diri terhadap pemikiran dan perubahan yang berkembang di masyarakat.


10.  Tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun sebagai ideologi negara yakni:
a.       Menghormati keyakinan orang lain
b.      Menghormati hak dan kebebasan orang lain
c.       Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
11.  Perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah  nilai nilai luhur budaya bangsa menjadi landasan tingkah laku dan perbuatan bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
12.  Alasan kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara karena nilai- nilai luhur Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
13.  Pancasila  dijadikan sebagai ideologi terbuka sebab nilai nilai luhur Pancasila mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zaman yang terus mengalami perubahan.
14.  Pancasila  dapat menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara
15.  Sikap yang dilakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara yakni:
a.       Berusaha mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
b.      Menyampaikan informasi kepada aparat Negara atau aparat penegak hokum
c.   Selektif terhadap perkembangan / perubahan yang ada dalam menyerap nilai yang akan kita pakai / gunakan.



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (1.3) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (1.3).docx Disini














0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (1.3)”

Poskan Komentar