Sabtu, 12 Januari 2013

RPP Reservation 1

,


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Produktif Perhotelan
KELAS / SEMESTER          :  X/  1
PROGRAM KEAHLIAN     :  Akomodasi Perhotelan
STANDAR KOMPETENSI :  Memproses Reservasi
KOMPETENSI DASAR       :  Menjelaskan system reservasi
ALOKASI WAKTU              :  14 X 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
1.       Menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas reservasi dengan tepat,ramah, sopan , disiplin dan bertanggung jawab.
    1. Ketersedian reservasi yang diminta ditentukan secara benar dan disarankan secara sopan kepada pelanggan.
    2. Pilihan alternatif ditawarkan jika booking yang diminta tidak tersedia termasuk pilihan daftar tunggu.
    3. Informasi dan saran tentang fasilitas hotel serta layanan ditawarkan secara pro-aktif, ramah, sopan dan santun.
    4. Pertanyaan-pertanyaan tentang biaya dan bentuk-bentuk produk lain dijawab dengan secara tepat, ramah dan santun.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Siswa dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas reservasi dengan tepat,ramah, sopan , disiplin dan bertanggung jawab.
2.       Siswa dapat menentukan ketersediaan reservasi secara benar dan dapat memberi saran secara sopan kepada pelanggan.
3.       Siswa dapat menawarkan pilihan alternatif jika booking yang diminta tidak tersedia termasuk pilihan daftar tunggu.
4.       Siswa dapat menawarkan informasi dan saran tentang fasilitas hotel serta layanan secara pro-aktif, ramah dan santun.
5.       Siswa dapat menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang biaya dan bentuk- bentuk produk lain secara tepat


MATERI PEMBELAJARAN
       Pertemuan 1- 2
a.        Pengertian Reservasi

Reservasi adalah  suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk suatu periode tertentu.
    Seluruh permintaan pemesanan kamar ini akan ditangani oleh petugas reservasi dengan mempertimbangkan keberadaan kamar pada saat itu.
    Bagian pemesanan kamar merupakan bagian yang memiliki fungsi yang sangat vital,hal ini dikarenakan tinggi rendahnya tingkat hunian kamar dan pendapatan yang diperoleh oleh hotel sangat ditentukan oleh kemampuan bagian reservasi dalam menangani pemesanan kamar.
Seorang petugas reservasi harus memiliki kemampuan tentang dasar-dasar reservasi ,produk dan jasa yang dijual (hotel product -knowledge),bagaimana menjualnya ( teknik menjual ) serta penggunaan teknologi komunikasi dan informasi.
b.       Tugas dan tanggungjawab reservation staff
Tugas utama Reservation Staff adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan dan menjaga citra hotel yang baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.
   Adapun ruang lingkup kegiatan operasional bagian  pelayanan pemesanan kamar ( Reservation Section ) meliputi :
  1. Melayani seluruh pemesanan kamar hotel dari berbagai sumber  dan cara pemesanan.
  2. Mempersiapkan  pesanan kamar sesuai dengan tanggal,bulan kedatangan tamu.
  3. Melakukan kontrol situasi jumlah dan jenis kamar yang terjual dan yang belum terjual.
Fasilitas hotel
 Fasilitas yang disediakan oleh hotel adalah untuk  memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu ,oleh sebab itu fasilitas yang ada selalu mengikuti trend kebutuhan dan keinginan tamu.
Berikut ini adalah tabel fasilitas hotel :

1.
All rooms equipped  with AC,IDD  telephone,cable TV,minibar,24 hours room service,safe deposit box,private bathroom,safety lock and internet connectivity
12.
Express check out (penanganan check out cepat,misalnya pembayaran diselesaikan  semalam sebelum check out,biayanya memakai credit card)
2.
Executive club floor with 24 hours butlers service (personal assistant)
13.
Drug store ( menjual kebutuhan sehari-hari tamu )
3.
Non smoking floor
14.
Concierge
4.
Disable room (untuk orang cacat),Handy cap room.
15.
Wireless internet access
5.
Restaurant,Coffee shop,Lobby Bar,Pastry Shop
16.
Travel agent
6.
Business Centre
17.
House clinic
7.
Banquet & meeting rooms
18.
Limousine service
8.
Beauty Salon,Spa & Massage Service
19.
Children play ground
9.
Foreign Currency
20.
Security CCTV
10.
Safe Deposit Box
21.
Laundry/dry cleaning
11.
Swimming pool,Fitness centre
22.
Baby sitting

Jenis harga kamar
   Pada dasarnya harga kamar dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
  1. Normal rate/ rack rate/published rate
  2. Special rate / harga khusus
Harga kamar khusus/special rate terdiri dari :
  1. Weekend rate : harga kamar yang diberlakukan pada hari Jum’at,Sabtu dan Minggu.Harga kamar weekend yang diberlakukan untuk hotel bisnis umumnya lebih rendah dibandingkan dengan hari kerja (weekdays),sedangkan untuk hotel resort harga kamar weekend yang dikenakan justru lebih mahal dibandingkan dengan hari weekdays,hal ini disebabkan permintaan kamar pada hari libur meningkat.
  2. Package rate : harga yang diberlakukan sudah termasuk dengan aktivitas dan fasilitas yang ditentukan ,package rate ini seperti: honeymoon package,new year package,ramadhan package,christmas package,long staying package dsb.
  3. Corporate rate : harga kamar yang diberlakukan untuk perusahaan atau perorangan yang sudah ada kerjasama dengan hotel.
  4. Government rate : harga kamar yang diberlakukan untuk tamu yang berasal dari kantor pemerintah.
  5. Membership rate: harga kamar yang diberlakukan khusus untuk tamu yang sudah menjadi member/anggota klub hotel ,keanggotaan ini biasanya akan dikenakan biaya tahunan yang besarnya tergantung pada jenis keanggotaannya.
  6. Travel Agent rate : harga kamar yang diberlakukan untuk tamu yang berasal dari biro perjalanan,harga kamar yang diberikan sesuai dengan harga yang sudah tertera pada surat perjanjian (contract rate ).
  7. Group rate : harga kamar khusus yang diberikan kepada tamu rombongan ,dimana banyaknya jumlah kamar minimal 8 kamar.
  8. Long staying guest rate : harga kamar khusus untuk tamu yang menginap di hotel untuk jangka waktu yang relatif  lama,umumnya menginap minimal selama 12 malam.
  9. Day use rate/day rate : harga kamar khusus untuk tamu yang menginap di hotel jika kurang dari 1 malam.
  10. Complimentary rate : hotel tidak memberlakukan harga kamar,hal ini dilakukan dalam rangka mempromosikan fasilitas hotel (kamarnya gratis ).
  11. Family plan rate : harga kamar yang diberlakukan khusus untuk tamu keluarga ,dimana anak yang berusia 12 tahun tidak dikenakan biaya tambahan jika berada di dalam satu kamar dengan orang tuanya.
  12. Airlane rate : harga kamar khusus untuk tamu yang berasal dari perusahaan penerbangan,harga kamar diberlakukan untuk pilot,co-pilot  atau penumpang apabila pesawatnya dibatalkan atau ditunda keberangkatannya.
  13. Internet rate : harga khusus yang diberlakukan untuk tamu yang memesan kamar melalui internet/ e-mail.

Pertemuan 3- 4
c.       Alat dan Sumber- sumber reservasi

        Alat dan sumber pemesanan kamar ( Mean & sources of reservation)
  1. Means of reservation : alat,media,metode atau cara yang lazim digunakan dalam melakukan pemesanan kamar,yaitu :
a.       In direct/in person : pihak pemesan datang langsung ke hotel untuk melakukan pemesanan kamar.
b.      Telephone : pemesanan kamar yang dilakukan dengan menggunakan telepon. Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh pihak pemesan,karena dengan menggunakan telepon sangat cepat,mudah dan murah.
Beberapa hotel sudah memberikan nomor telepon,dimana tidak dikenakan biaya pulsa untuk pemesanan kamar ( toll free ).
Kelemahan dari sistem ini adalah apabila ada kekeliruan pemesanan sehingga menimbulkan keluhan dari tamu dan tidak ada bukti karena pembicaraan tidak direkam,sedangkan kelemahan lain yaitu jika ada pemesanan dari luar negeri dan petugas akan mengalami kesulitan sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengisian reservation form.
c.       Telex : alat pemesanan kamar yang cukup modern pada beberapa tahun lalu.Pengiriman informasi dengan telex dapat cepat diterima dan ada bukti ,cara mengirimnya dengan menggunakan kode-kode tertentu ,namun dengan berkembangnya teknologi komputer yang semakin canggih,para calon tamu lebih menyukai dengan menggunakan e-mail / fax.
d.      Facsimile : pemesanan kamar dilakukan dengan cara mengirim surat melalui mesin fax kepada pihak hotel.
e.      Surat : pemesanan kamar dilakukan cara mengirimkan surat kepada pihak hotel.Metode ini sudah jarang dilakukan setelah ditemukakannya cara yang lebih cepat dan mudah yaitu facsimile & e-mail.
f.        E-mail : pemesanan kamar dilakukan dengan cara mengirimkan e-mail ke website hotel.
g.       Computer terminal : pemesanan kamar yang dilakukan dengan menggunakan computer terminal dimana hotel yang masih satu jaringan dapat melihat kamar-kamar yang masih tersedia.
  1. Source of reservation : sumber/dari mana datangnya pemesanan kamar. Sumber pemesanan kamar  dapat berasal dari :
a.       Direct reservation : tamu melakukan pemesanan kamar kepada pihak hotel tanpa melalui biro perjalanan ataupun perusahaan.
b.      Travel agent ( biro perjalanan ) : pemesanan kamar yang berasal dari biro perjalanan,pemesanan kamar ini disertai dengan pengiriman voucher kepada pihak hotel.
c.       Company ( perusahaan ) : pemesanan kamar yang berasal dari perusahaan.
d.      Government office/kantor pemerintah : pemesanan yang berasal dari kantor pemerintah.
e.      Airlines Companies : sumber pemesanan kamar yang diperoleh dari perusahan penerbangan.
f.        Hotel refresentative : pemesanan kamar yang berasal dari kantor perwakilan hotel seperti perwakilan yang ber ada di bandar udara.
g.       Tamu hotel : tamu hotel dapat disebut juga sumber pemesanan kamar karena tamu dapat memesankan kamar bagi orang lain atau untuk diri sendiri untuk rencana kunjungan yang berikutnya.
h.      Central booking office : pemesanan kamar yang berasal dari perusahaan yang bergerak dalam bidang pemesanan kamar hotel di seluruh dunia,contoh Utell International,Golden Tulip,Holidex.
i.         Referrals ( jaringan hotel ) : pemesanan kamar yang berasal dari hotel yang masih satu jaringan ( satu rantai ).

Pertemuan 5- 6
d.      Jenis- jenis reservasi
         Jenis pemesanan kamar ( type of reservation )
Jenis – jenis pemesanan kamar terdiri dari :
  1. Advance reservation : pemesanan kamar yang dilakukan pada hari yang sama dengan hari kedatangan tamu.
  2. Guarantee reseravation ( pemesanan bergaransi ) : suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran ,apabila tamu yang memesan kamar tidak datang pada hari yang telah ditentukan ,kamar ini tidak akan dijual sampai dengan satu hari setelah tanggal kedatangan.
Pemesanan bergaransi ini bertujuan untuk mendapatkan kepastian dari pihak pemesan atas pemesanan kamar yang telah dilakukannya.
Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai ( peak season/high season).
Adapun jenis-jenis dari guaranteed reservation dapat berupa :
a.       Pre payment: pembayaran secara penuh yang dilakukan oleh calon tamu untuk sejumlah kamar dan fasilitas /menempati kamar.
b.      Credit card : jaminan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Jenis kartu kredit yang umumnya diterima sebagai pembayaran yaitu : Visa,Master card, Diners Club ,American Express,JCB ( Japan City Bank) dan BCA card.
c.       Advance deposit : deposit untuk pemesanan kamar  yang diberikan minimal 1 harga kamar  permalam.
d.      Hotel voucher : jaminan yang berupa voucher yang dikeluarkan oleh pihak biro perjalanan kepada tamu untuk menggunakan fasilitas hotel sesuai dengan informasi yang tertera dalam voucher.
e.      Corporate ( contractual agreement ): bentuk kerjasama yáng tertulis antara hotel dan perusahaan ,dimana perusahaan menyetujui pembayaran sejumlah kamar kepada pihak hotel.Pembayaran dilakukan untuk kamar yang digunakan maupun tidak digunakan.
  1. Non guarantee reservation : pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun ,pemesanan ini akan ditunggu sampai jam 6 sore   ( 6 pm release ) ,bila tamu tidak datang, maka kamar akan dijual ke tamu lain.
Klasifikasi pemesanan kamar ( classification of reservation).
Klasifikasi pemesanan kamar  adalah sebagai berikut :
  1. Individual reservation : pemesanan kamar untuk calon tamu yang tidak termasuk dalam rombongan.
  2. Group tour reservation : pemesanan kamar calon tamu rombongan yang akan melakukan perjalanan wisata.
  3. Conference reservation : pemesanan kamar untuk rombongan yang akan melakukan rapat/pertemuan/acara lain di hotel. Pemesanan kamar ini umumnya dibuat oleh organisasi,perusahaan atau asosiasi.

e.       Manfaat reservasi
Manfaat pemesanan kamar
Beberapa manfaat yang akan diperoleh oleh hotel apabila tamu melakukan pemesanan kamar yaitu :
  1. Hotel akan mendapatkan informasi dari calon tamu tiba,sehingga pihak hotel dapat menyiapkan perlengkapan pada saat tamu check-in.
  2. Hotel dapat memblocking kamar ,sehingga tingkat hunian kamar  dapat diketahui dalam jangka waktu tertentu.
  3. Hotel dapat membuat perkiraan,sehingga perkiraan tingkat hunian kamar pada periode tertentu dapat diketahui sehingga memudahkan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Sedangkan manfaat yang diperoleh tamu jika melakukan pemesanan kamar adalah :
  1. Tamu mendapatkan kepastian bahwa kamar yang telah dipesan sudah tersedia pada saat check-in.
  2. Tamu dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan  selama menginap di hotel.

Pertemuan 7- 8
Penanganan reservasi sesuai dengan sistem dan prosedur
Aktifitas memproses pemesanan kamar yang umum dilakukan dapat dilihat pada bagan berikut ini.




  • Menerima permintaan pemesanan kamar
Menerima permintaan pemesanan kamar adalah suatu kegiatan atau proses mengumpulkan informasi atau data tentang calon dan orang yang melakukan pemesanan kamar. Informasi yang diperlukan oleh pihak hotel antara lain:











Hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang petugas reservasi sebelum menerima pemesanan kamar adalah memeriksa keadaan kamar yang tersedia pada tabel kontrol reservasi,tabel ini ada beberapa macam yaitu :
a.       Forecast board : tabel keadaan kamar untuk masa yang akan datang,bentuknya menyerupai kalender. Papan data keadaan kamar di masa mendatang ini biasanya ditampilkan dalam periode untuk 4 bulan kedepan dan tanggal-tanggal yang tertera adalah mewakili informasi tentang status kamar,pemberian kode warna yang digunakan untuk menginformasikan persediaan kamar.





a.       Tabel pemesanan kamar ( reservation chart )
Banyak hotel menggunakan reservation chart atau tabel pemesanan kamar. Tabel tersebut digunakan untuk menampilkan dan mendata kamar yang tersedia.
Reservation chart dapat dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu :
Conventional chart dan Density chart.
1). Tabel kamar konvensional ( Conventional Chart )




 Conventional chart  biasanya dipergunakan pada hotel kecil,dimana jumlah kamarnya tidak terlalu banyak dan dapat diketahui jumlah kamar yang terisi dan kamar yang sudah dipesan. Sedangkan untuk menerima pemesanan kamar lebih banyak dari jumlah kamar yang tersedia  tidak memungkinkan.
Prosedur pengisian conventional chart dapat dilakukan sebagai berikut :
-  Pengisian dan perubahan harus dilakukan dengan pensil
-  Perhatikan nomor kamar yang dialokasikan sebelum memberikan  
   konfirmasi
-  Pemberian tanda alokasi dengan strip anak panah,mulai dari tanggal
   tiba sampai tanggal berangkat,sedangkan diatas atau dibawah tan da 
   strip dituliskan nama tamu dengan pensil.
-  Di dalam penulisan nama tamu tidak perlu ditulis jabatan atau nama  
   pemberian,cukup dengan nama panggilan ( surname).
- Apabila terdapat pesanan pendek hanya satu atau dua hari sehingga 
  tidak mungkin menulis nama tamu secara lengkap maka cukup diisi 
  dengan pemberian nomer untuk nama tamu.
- Diadakan perbaikan jika terjadi perubahan dan keluarkan dari tabel bila
  terjadi pembatalan.
Keuntungan dari conventional chart ,nomor kamar bisa ditentukan sebelum tamu tiba dan lebih mudah melihat kamar yang masih bisa dijual,namun mempunyai kekurangan yaitu kelebihan pemesanan kamar tidak bisa diperlihatkan ,memerlukan lama dalam memasukkan atau merubah data,sulit menentukan kamar.
   2). Tabel pemesanan kamar density ( Density Chart ).
          ( lihat gambar berikut)
  
DENSITY CHART
MONTH  :JANUARY                                                                               YEAR :20XX
TWIN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
10




















9




















8




















7




















6




















5




















4




















3




















2




















1




















DOUBLE
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
5




















4




















3




















2




















1





















Pada hotel menengah atau besar yang masih menggunakan sistem manual dan semi otomatis ,awalnya menggunakan tabel pemesanan yang berbentuk density/room control sheet,namun sekarang ini sudah sangat jarang digunakan karena sudah menggunakan sistem computer perhotelan.

Pengisian tabel density ( density chart ) adalah sebagai berikut :
# Pengisian dilakukan dengan menggunakan pensil.
# Menggunakan tanda strip atau garis pada kolom yang sudah ditentukan.
# Pengisian dimulai dari tanggal tiba sampai satu hari sebelum berangkat.
# Pengisian garis mengikuti tempat yang kosong dibawa ke tempat yang
   sudah berisi.
# Pada chart tidak perlu diisi tanda panah atau menulis nama seperti
   halnya pada conventional chart.
# Bila terjadi pembatalan ,dilakukan dengan cara menghapus tanda
   garis,dimulai dari tanda yang paling akhir.
a.       Computerized System
Hotel yang sudah menggunakan sistem komputer ,ketersediaan kamar ( room availability ) akan ditampilkan pada visual display unit ( vdu ) pada computer terminal sebagai berikut :
Tabel 7. Computerized room availability report





Pertemuan 9- 10
             Reservasi bergaransi dan non garansi
Guarantee reseravation ( pemesanan bergaransi ) : suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran ,apabila tamu yang memesan kamar tidak datang pada hari yang telah ditentukan ,kamar ini tidak akan dijual sampai dengan satu hari setelah tanggal kedatangan.
Pemesanan bergaransi ini bertujuan untuk mendapatkan kepastian dari pihak pemesan atas pemesanan kamar yang telah dilakukannya.Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai ( peak season/high season).
Non guarantee reservation : pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun ,pemesanan ini akan ditunggu sampai jam 6 sore   ( 6 pm release ) ,bila tamu tidak datang, maka kamar akan dijual ke tamu lain.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  kooperatif 
Ø    Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas


LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1











  2












3
1- 2





















Kegiatan Awal.
                   a. Orientasi
        1.  Greeting ( salam pembuka).
        2.  Absensi
                  b. Apersepsi
        1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin      dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang akan dibahas
                  c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1. Guru menggali informasi dari  siswa tentang pengertian    
reservasi
2. Guru menjelaskan tugas dan tanggungjawab bagian reservasi.
b.      Elaborasi
      1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi   
          yang baru dibahas.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban yang benar

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang menjawab dengan benar.
2.  Salam penutup
5





10’

5’




25




20’


15’



  



No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1












2









3
3- 4





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1. Guru menjelaskan  tentang sumber- sumber reservasi
2.Guru menjelaskan tentang media reservasi.
b.      Elaborasi
       1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi   
           yang baru dibahas.
1.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban yang benar

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang menjawab dengan benar.
2.  Salam penutup
10





20’

10’




45




25’


15’



    



No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1










2











3
5- 6





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
c.       Eksplorasi
    1. Guru menjelaskan  tentang jenis- jenis reservasi
2. Guru menjelaskan tentang manfaat reservasi.
3. Guru membagi kelompok diskusi
4. Guru membimbing dan mengamati jalannya diskusi kelompok.
d.      Elaborasi
           1. Guru membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi.
      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok.

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) untuk presentasi terbaik.
2.  Salam penutup
5



10’




10’




60





60’


20



    15



No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1










2











3






7- 8





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
* Guru menjelaskan  tentang penanganan reservasi sesuai dengan   sistem dan prosedur.
b.Elaborasi
       * Guru membimbing siswa mempraktekkan cara penanganan  
           resrvasi.

            c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan cara penanganan reservasi     
          yang benar.

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang berprestasi.
2.  Salam penutup
10





15

10’




40




30’


15’



    15




No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1










2










3

















9- 10





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi
Guru menjelaskan  tentang reservasi bergaransi dan non garansi.
b.      Elaborasi
       1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi   
           yang baru dibahas.
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
            c.   Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban yang benar

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang menjawab dengan benar.
2.  Salam penutup
5





10’

5’




25




20’


15’



    10’


SUMBER BELAJAR
1.      BSE Akomodasi Perhotelan Jilid 1
2.      Buku
3.      Modul Memproses Reservasi, Dra. Adriana

MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point
2.      LCD
PENILAIAN
1.      Diskusi dan presentasi
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.       Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.       Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi Mata Pelajaran Reservasi
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang
                                                                                                    Surabaya,    Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran

       Drs. SUGIONO M.Pd.                                                          Dra. ADRIANA, A.
         Pembina Tk. 1                                                                         Pembina Tk. 1
   NIP. 19590705 198603 1 027                                             NIP: 196002427 198603 2 006

Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi kelompok

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                      Surabaya,    Juli  2012
B = Baik                                                                                    Guru Mata Pelajaran                   
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                                Dra. Adriana Abubakar
                                                                                                NIP 19600427 198603 2 006




Lembar Penilaian Sikap dalam praktek

No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Greeting
Penampilan
Trampil
Bekerja sistematis
Ketepatan
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                           Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang





KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK .  Memproses Reservasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     :                                                 Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : X / 1                           Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
1
Menjelaskan sistem reservasi

1. Tugas dan tanggung jawab reservation staff
2. Sumber- sumber  
     reservasi
3. Media reservasi
4. Jenis- jenis reservasi
5. Manfaat reservasi
6. Reservasi bergaransi 
   dan non garansi


Siswa dapat :
1. Menjelaskan Pengertian reservasi

2. Menjelaskan tugas reservation staff

3. Menjelaskan alasan petugas reservasi harus memiliki pengetahuan tentang produk hotel dan teknik penjualan
4. Menyebutkan jenis- jenis harga kamar.
5. Menjelaskan perbedaan harga weekend pada hotel bisnis dan hotel resort.
6. Menjelaskan manfaat pemesanan kamar bagi hotel dan bagi tamu
7. Menyebutkan alat dan sumber pemesanan kamar.
8. Menjelaskan jenis- jenis pemesanan kamar.
9. Menjelaskan perbedaan reservasi bergaransi dengan reservasi non garansi.
10. Menjelaskan pengertian “ 6 p.m release “.

1


2



3








                                                                                               



LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )

SOAL URAIAN
1. Jelaskan pengertian reservasi.
2. Jelaskan tugas reservation staff.
3. Jelaskan mengapa petugas reservasi harus memiliki pengetahuan tentang produk hotel dan teknik  menjual.
4. Sebutkan jenis- jenis harga kamar.
5.  Jelaskan perbedaan harga weekend pada hotel bisnis dan hotel resort.
6.  Jelaskan manfaat pemesanan kamar bagi hotel dan bagi tamu.
7.  Sebutkan alat dan sumber pemesanan kamar.
8.  Jelaskan jenis- jenis pemesanan kamar.
9.  Jelaskan perbedaan reservasi bergaransi dengan reservasi non garansi.
10. Jelaskan pengertian “ 6 p.m release “.

TASK GROUP
1. Discuss with your group about how to handle if the room is not available for guest and demonstrate in front of the class.
KUNCI JAWABAN




Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP Reservation 1 dengan cara klik tulisan disini :
RPP Reservasi 1.docx Disini

0 komentar to “RPP Reservation 1”

Poskan Komentar