Minggu, 13 Januari 2013

RPP Reservation 2

,



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :  SMK  Negeri  1 Surabaya
MATA PELAJARAN           :  Produktif Perhotelan
KELAS / SEMESTER          :  X/  1
PROGRAM KEAHLIAN     :  Akomodasi Perhotelan
STANDAR KOMPETENSI :  Memproses Reservasi
KOMPETENSI DASAR       :  Menerima dan mencatat permintaan reservasi
ALOKASI WAKTU              :  24 X 45 menit
                                        
           
INDIKATOR  :
1.      Profil/riwayat pelanggan diperiksa dan informasi digunakan untuk membantu dalam membuat reservasi dan untuk meningkatkan layanan konsumen.
  1. Data pelanggan dicatat pada saat pemesanan  secara akurat.
  2. Permintaan khusus dicatat secara jelas dan akurat sesuai dengan persyaratan perusahaan
4.      Keterangan rinci dikonfirmasikan dan disetujui oleh pelanggan.
5.      Reservasi dilengkapi dan diarsip dengan baik sehingga mempermudah akses pencarian dan mudah dimengerti oleh orang lain.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat melayani permintaan reservasi dengan ramah, sopan dan santun.
2.      Siswa dapat memeriksa dengan cermat dan teliti profil/ riwayat  pelanggan.
3.      Siswa dapat mencatat data pelanggan dengan akurat.
4.      Siswa dapat mencatat permintaan khusus secara akurat.
5.      Siswa dapat mengkonfirmasikan secara rinci dengan sopan dan santun kepada pelanggan.
6.      Siswa dapat mengarsip data dengan baik.

MATERI PEMBELAJARAN
             Pertemuan 1- 6
a.       Pengenalan formulir- formulir Reservasi
              Sistem pemesanan kamar
  1. Manual : sistem yang digunakan dalam pemesanan kamar ini,  menggunakan buku agenda yang memuat seluruh informasi pemesanan kamar dan tidak menggunakan formulir dan alat.
  2. Semi otomatis : sistem yang digunakan dalam pemesanan kamar menggunakan formolir dan peralatan yang sederhana.
  3. Fully otomatis : sistem yang digunakan dalam pemesanan kamar,menggunakan formulir dan sudah menggunakan computer untuk memproses dan menyimpan data.

Formulir pemesanan kamar
  1. Reservation  form : format yang mencatat seluruh informasi  tentang permintaan tamu yang berkaitan dengan pemesanan kamar dan fasilitas lainnya.
  2. Reservation Slip:kertas kecil yang berisi data pemesanan kamar yang akan ditempatkan didalam reservation rack, penempatan reservation slip ini disusun berdasarkan tanggal kedatangan tamu dan jenis tamunya,untuk membedakan jenis tamu digunakan warna yang berbeda ,antara lain warna merah muda untuk tamu VIP ,biru untuk tamu rombongan,kuning untuk tamu yang berasal dari biro perjalanan,putih dan hijau untuk tamu individu dan perusahaan.
  3. Reservation Confirmation Letter : surat yang berisi tentang kepastian pemesanan kamar yang diberikan oleh pihak hotel kepada pihak pemesan .Surat ini berfungsi sebagai bukti dan jaminan bahwa hotel akan menyediakan seluruh permintaan tamu yang sudah ditentukan  dan disepakati.
  4. Reservation Chart : tabel yang menginformasikan tentang situasi kamar-kamar yang masih dapat dipesan.
Reservation chart dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
a.       Conventional chart
b.      Density chart.
  1. 3 Days Forecast Form : formulir yang berisi perkiraan tingkat hunian kamar ,jumlah kamar yang akan terisi 3 hari kedepan.
  2. Reservation List : daftar data tamu yang telah memesan kamar.
  3. Today expected arrival list : daftar data tamu yang diperkirakan akan datang pada hari ini.
  4. Group reservation form : formulir pemesanan kamar untuk tamu rombongan.
  5. Group rooming list : daftar anggota/peserta tamu rombongan.
  6.  Amandment & Cancellation form : formulir yang digunakan untuk mencatat perubahan dan pembatalan pemesanan kamar.
  7. Amendment & cancellation list : daftar yang berisi pemesanan kamar yang diperbaharui ataupun dibatalkan.
  8.  No show list : daftar yang berisi data tamu yang sudah melakukan pemesanan kamar tetapi tidak datang tanpa pemberitahuan kepada pihak hotel.

b.       Cara mengisi formulir- formulir Reservasi ( Praktek mengisi formulir ).


           Pencatatan dokumen pemesanan kamar
  1. Teknik penulisan nama tamu
Penulisan nama tamu hendaknya ditulis dengan huruf cetak yang jelas dan dapat dibaca siapapun. Dalam penulisan nama perlu diperhatikan tatacara penulisan yaitu, nama akhir atau nama keluarga atau nama tambahan yang sering disebut “ surname”yang dikenal dengan istilah “ initial”yaitu nama depan, baik berupa nama pemberian maupun nama tengah.
Tata cara penulisan nama tamu sangat perlu diketahui sehingga memudahkan untuk memeriksa atau mencari kembali bila diperlukan.
Penyusunan di dalam rak, baik ke dalam rak pemesanan kamar , rak kamar dan rak informasi lainnya akan disusun berdasarkan abjad yang didahului dengan nama akhir ( surname ) sesudah itu barulah dengan nama depan tamu.
Tabel 8. Tata cara penulisan nama tamu
NAMA BIASA
Name
Surname
Initial/first name
Initial of middle name
Title
Mr.Roney J.Allison

Mrs.Monica F.Sales

Miss.Devita Gantina

Capt.Jimmy Manopo

Dr.Dian Arnaz

Col.Rudy C.Voller
Allison

Sales

Gantina

Manopo

Arnaz

Voller
Roney

Monica

Devita

Jimmy

Dian

Ruddy
J

F

D

J

D

C
MR

MRS

MISS

Capt.

Dr.

Col.


Suatu pengecualian yang perlu diperhatikan apabila nama akhir  didahului dengan kata- kata seperti :
D,Da,Des,Di,Du,L,La,Le,M,Mac,Mc,O,St,Van,Vander,Von,Vender,dan lain-lain, maka penulisannya tidak bisa dipisahkan dari surname atau ditulis sebagai nama pemberian dan harus disertakan sebagai surname.
Tabel 9. Tata cara penulisan nama tamu dengan awalan di depan nama akhir.

AWALAN DI DEPAN NAMA AKHIR (SURNAME PREFIXES)
Name
Surname
Initial/ first name
Initial of middle name
Title

Mr.John Vander Kohn

Mrs.Mody La Rose

Miss.Rindu Lantika

DR.Elisa J Mac

Mr.John Mc Enrouw


Vander Kohn

La Rose

Lantika

Mac

Mc Enrouw


John

Mody

Rindu

Elisa

John

-

L

-

J

-

MR

MRS

MISS

DR

MR

Jika pemesanan kamar dilakukan melalui telepon , agar nama tamu yang akan tertulis menjadi benar sesuai dengan nama tamu, maka untuk memastikannya digunakan sistem ejaan abjad sebagai berikut :


A : Alpha                                              J : Juliet                                       S : Siera
B : Bravo                                              K : Kilo                          T : Tanggo
C : Charlie                                            L : Lima                        U : Uniform
D : Delta                                        M : Mama/Mike          V : Victor
E : Echo                                 N : November          W : Whisky
F : Fanta/Foxtrot           O : Oscar                      X : X-ray
G : Golf                                 P : Papa                                       Y : Yankee
H : Hotel                                               Q : Quebe                    Z : Zero/Zulu
I : India                                 R : Romeo


  1. Pengisian formulir pemesanan kamar ( Reservation Form )
Formulir utama yang digunakan pada saat pemesanan kamar adalah reservation form. Seluruh data/informasi yang ada didalamnya harus diisi dengan lengkap dan jelas, oleh sebab itu umumnya menggunakan huruf capital.
Berikut ini contoh reservation form.
Format 1. Reservation for







Pertemuan 7- 8
a.       Cara mengkonfirmasikan reservasi kepada tamu.
b.       Cara mengarsipkan dan mencari data rincian reservasi.
Pengarsipan pemesanan kamar
Pengarsipan adalah mengatur dan melaksanakan pengarsipan dokumen pemesanan kamar. Setelah melakukan pencatatan pada formulir reservasi, jika sistem manual dan semi otomatis, formulir ini akan disimpan kedalam file odner berdasarkan tanggal tiba dan disusun berdasarkan abjad menurut nama tamu ( surname ). Pengarsipan dokumen pemesanan kamar pada sistem komputer dilakukan setelah mengisi reservation form.
c.       Dalam kegiatan pengarsipan, perlu digunakan metode yang tepat dan efisien untuk memudahkan seluruh petugas dalam mencari data apabila diperlukan. Korespondensi pemesanan kamar seperti surat tamu, surat konfirmasi,surat jaminan pembayaran dll, beserta formulir pemesanan kamar diarsip /disimpan kedalam file odner yang dibedakan menjadi beberapa file dengan kategori dokumen reservasi sebagai berikut :







Pertemuan 9- 12
a.      Teknik menangani pembatalan dan penggantian reservasi.
Perubahan pemesanan kamar (amendment of reservation)
Perubahan pemesanan kamar yaitu adanya perubahan yang terjadi atas suatu pemesanan kamar sebelum kedatangan tamu di hotel. Perubahan ini dilakukan dengan alasan tertentu.
Perubahan pemesanan ini dapat berupa :
  • Perubahan kedatangan dan keberangkatan
  • Perubahan jenis kamar
  • Penambahan atau pengurangan tamu dan jumlah kamar
  • Perubahan harga.
      Jika terjadi perubahan pemesanan kamar, maka langkah- langkah yang harus dilakukan oleh petugas reservasi adalah sebagai berikut :
  1. Mengambil data pemesanan kamar
  2. Mengisi perubahan pada formulir change of reservation/amendment of reservation
  3. Membuat perubahan pada  tabel pemesanan kamar
  4. Membuat perubahan pada slip pemesanan kamar
  5. Menyimpan pada arsip sesuai dengan perubahan pada tanggal tiba yang baru.

Pembatalan pemesanan kamar ( cancelation of reservation )
Adalah terjadinya pembatalan terhadap pemesanan kamar yang telah dilakukan sebelum waktu kedatangan di hotel. Kemudian hotel akan memberikan kode/nomor pembatalan reservasi kepada tamu sebagai bukti bahwa telah terjadi pembatalan.
Beberapa hotel yang tingkat hunian kamarnya tinggi akan menetapkan peraturan, jika pembatalan kamar terjadi setelah jam 18.00, maka Advance for payment of reservation akan dipotong 50 %.
Jika terjadi pembatalan pemesanan kamar, maka petugas reservasi akan melakukan hal berikut ini :
  1. Mengambil data pemesanan kamar yang telah dilakukan
  2. Menanyakan alasan pembatalan kamar serta mengisis formulir pembatalan dengan lengkap.
  3. Mencoret slip pemesanan kamar
  4. Hapus data pada tabel pemesanan kamar
  5. Simpan kembali pada arsip.

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  kooperatif  tipe Debate
Ø    Metode  :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas


LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1











  2












3
1- 6





















Kegiatan Awal.
                   a. Orientasi
        1.  Greeting ( salam pembuka).
        2.  Absensi
                  b. Apersepsi
        1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin       
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang akan dibahas
                  c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1. Guru menjelaskan kepada siswa tentang macam- macam  
     form di bagian reservasi .
2.      Guru menunjukkan kepada siswa bentuk- bentuk form di  
 bagian reservasi .
      3.    Guru menjelaskan cara mengisi format- format reservasi.
      4.   Guru menunjukkan cara mengisi format rservasi.
a.      Elaborasi
      *. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara mengisi  
          format reservasi.
      c. Konfirmasi
      *.Siswa mempraktekkan sendiri cara mengisi format   
         reservasi.

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mengisi dengan benar.
2.  Salam penutup

10



15



15’





35

15’

45’

40’


25’



    10’




No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1












2









3
7- 8





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin  
              dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
b.      Eksplorasi
       1. Guru menjelaskan Cara mengkonfirmasikan reservasi   
            kepada tamu.
2.      Guru menunjukkan cara mengarsipkan dan mencari data rincian reservasi.
a.      Elaborasi
        1. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara    
            mengkonfirmasi reservasi.
       2. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara    
            Mengarsipkan dan mencari data rincian reservasi.

      c. Konfirmasi
      *.Guru bersama siswa menyimpulkan cara yang benar

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) kepada siswa yang mempraktekkan dengan benar.
2.  Salam penutup
5





5

5’




40





25’





    10









No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1










2











3
9- 12





















Kegiatan Awal.
                 a. Orientasi
       1.  Greeting ( salam pembuka).
       2.  Absensi
                 b. Apersepsi
       1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
       2.   Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
                c. Motivasi
Ø  Guru memberi semangat agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
* Guru mempraktekkan teknik menangani pembatalan dan penggantian reservasi.

                b.  Elaborasi
           * Guru membimbing siswa mempraktekkan teknik  
              menangani pembatalan dan penggantian reservasi.

      c. Konfirmasi
           *.Guru bersama siswa menyimpulkan cara menangani    
               pembatalan dan penggantian reservasi yang tepat.

Kegiatan Akhir
Ø  Penutup
1. Guru memberi reward ( pujian ) untuk presentasi   
     terbaik.
2.  Salam penutup
10



10’




10’




60





60’


20



    10



SUMBER BELAJAR
1.      BSE Akomodasi Perhotelan Jilid 1
2.      Buku yang relevan
3.      Modul Memproses Reservasi, Dra. Adriana
MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point          3. Format- format reservasi
2.      LCD                       4. Reservation rack
PENILAIAN
1.      Diskusi dan presentasi
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.      Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.      Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi Mata Pelajaran Reservasi
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan




Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                      C = Cukup
B = Baik                                 D = Kurang
                                                                                                    Surabaya,    Juli 2012
                 Mengetahui,                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah 
                                                           
         Drs. SUGIONO M.Pd.                                                 Dra. ADRIANA, ABUBAKAR,MM.
   NIP. 19590705 198603 1 027                                             NIP: 196002427 198603 2 006


Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi kelompok

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40








Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                                                          Surabaya,    jULI  2012
B = Baik                                                                                      Guru Mata Pelajaran                     
C = Cukup
D = Kurang

                                                                                                Dra. Adriana Abubakar
                                                                                                NIP 19600427 198603 2 006


Lembar Penilaian Sikap dalam praktek

No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Greeting
Penampilan
Trampil
Bekerja sistematis
Ketepatan
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                            Ketentuan Penilaian
a.      85  jika kelima aspek terpenuhi                          A    =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                       B    =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                           C    =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                           D    =    Kurang



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK .  Memproses Reservasi
Jenjang Pendidikan : SMK                                        Jumlah Soal     :                                                  Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : X / 1                           Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
1
Menerima dan mencatat permintaan reservasi

1. Formulir reservasi
2. Cara mengisi format 
     reservasi. 
3. Mengkonfirmasi reservasi kepada tamu.
4. Mengarsipdan mencari data reservasi


Siswa dapat :
1. Menyebutkan format- format reservasi.

2. Menjelaskan pengertian dari:
    a. 3 days forecast 
         form
     b. Today expected 
          arrival list.
     c. Reservation 
         confirmation  
          letter.
     d. No show list.
3. Menjelaskan kegunaan dari :
     a. Reservation List
     b. Reservation Chart
4. Menyebutkan 3 macam bentuk tabel pemesanan kamar.
5. Mengisi data pada reservation chart.


1


2



3








                                                                                               







LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )

SOAL URAIAN
1. Sebutkan format- format reservasi
2. Jelaskan pengertian dari:                          
    a. 3 days forecast  form
     b. Today expected  arrival list.
     c. Reservation  confirmation letter.
     d. No show list.
3. Menjelaskan kegunaan dari :
     a. Reservation List
     b. Reservation Chart
4. Menyebutkan 3 macam bentuk tabel pemesanan kamar.

5. PROBLEM DISCUSSION
Make a table "conventional chart" and "density chart" of the following reservation:
a. Guest name: Mr and Mrs.John Mc Enrouw
Check-in: 4 July 2010
Length of stay: 5 nights
Room type: Double Deluxe

b. Guest name: Mr.Watanabe
Check-in: 2 July 2010
Length of stay: 3 nights
Room type: Sgl. Deluxe

c. Guest name: Mrs.Anne and Mrs.Diana
Check-in: 3 July 2010
Length of stay: 5 nights
Room type: TWN. Deluxe 





Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP Reservation 2 dengan cara klik tulisan disini :
RPP Reservasi 2.docx Disini

0 komentar to “RPP Reservation 2”

Poskan Komentar