KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMK NEGERI 1
SURABAYA
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Jenis Sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata
Pelajaran : Menerima dan memproses Reservasi
Kurikulum : KTSP
Alokasi
Waktu : 60 Menit
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Jumlah
Soal : 40 soal
Kode
soal : KIRI
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
1
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitf ( C 1)
|
Pengertian reservasi
|
Siswa dapat menyebutkan
pengertian reservasi
|
1
|
2
|
Kognitif ( C2)
|
Fasilitas-fasilitas hotel
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian disable room
|
2
|
|
3
|
Kognitif ( C1 )
|
Klasifikasi hotel berdasarkan
plan
|
Siswa dapat menyebutkan
pengertian continental plan
|
3
|
|
4
|
Kognitif ( C1 )
|
Klasifikasi hotel berdasarkan
lokasi
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian resort hotel
|
4
|
|
5
|
Kognitif ( C1)
|
Media reservasi
|
Siswa dapat menyebutkan media
reservasi yang paling sering dipakai
|
5
|
|
6
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjeleaskna
pengertian “ Day use rate”
|
6
|
|
7
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjeleaskna
pengertian “ Membership rate “
|
7
|
|
8
|
Kognitif ( C2)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan
lokasi
|
Siswa dapat menyimpulkan
perbedaan harga kamar hotel resort pada akhir pekan
|
8
|
|
9
|
Kognitif ( C2)
|
Manfaat reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat reservasi bagi hotel
|
9
|
|
10
|
Kognitif ( C1)
|
Harga kamar/room rates
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian istilah R/M dlm harga kamar
|
10
|
|
11
|
Kognitif ( C1)
|
Sumber- sumber pemesanan kamar
|
Siswa daapat menjelaskan
pengertian sumber pemesanan kamar referals
|
11
|
|
12
|
Kognitif ( C1)
|
Siswa dapat menjelaskan syarat
receptionist yang baik
|
12
|
||
13
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“Density Chart “
|
13
|
|
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
14
|
Kognitif ( C1)
|
Status kamar
|
Siswa dapat menjelaskan tentang kode-kode status kamar
|
14
|
|
15
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“Complimentary rate “
|
15
|
|
16
|
Afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat menggali informasi
yang harus diperoleh dari pemesan kamar
|
16
|
|
17
|
Menerima dan mencatat
permintaan reservasi
|
Afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi format
reservasi dengan benar
|
17
|
18
|
Kognitif ( C1)
|
Guarantee reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“6 p.m release”
|
18
|
|
19
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“ No show List”
|
19
|
|
20
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat menuliskan nama tamu dalam reservation form dengan
cermat
|
20
|
|
21
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan penegrtian
“Amandment Form”
|
21
|
|
22
|
afektif
|
Denying of booking
|
Siswa dapat menyebutkan alasan
“ Denying of booking”
|
22
|
|
23
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi format
reservasi sesuai dengan langkah-langkah yang benar
|
23
|
|
24
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi reservation
form dengan benar
|
24
|
|
25
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi reservation
form dengan benar
|
25
|
|
26
|
Kognitif ( C1)
|
Reservation Form
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian dari istilah
ETD
|
26
|
|
27
|
Afektif
|
Cara mengkonfirmasikan reservasi kepada tamu
|
Siswa dapat memberikan sarannya kepada tamu
apabila kamar tidak tersedia
|
27
|
|
28
|
afektif
|
Cara mengisi formulir reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah/tahap
penenganan reservasi
|
29
|
|
29
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitif ( C1)
|
Jenis- jenis reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “advance
reservation”
|
29
|
30
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “ corporate
rate”
|
30
|
|
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
31
|
Kognitif ( C1)
|
Alat atau media reservasi
|
Siswa dapat menyebutkan media atau alat
reservasi
|
31
|
|
32
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitif ( C1)
|
Sumber- sumber peemesaanan kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “Direct
Reservation”
|
32
|
33
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “ Reservation
List”
|
33
|
|
34
|
Kognitif ( C1)
|
Sumber- sumber peemesaanan kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “Walk in
guest”
|
34
|
|
35
|
Kognitif ( C1)
|
Status kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian status kamar
VD
|
35
|
|
36
|
afektif
|
Tata cara melayani tamu
|
Siswa dapat melayani pemesanan kamar dengan baik
|
36
|
|
37
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian Pilgrim hotel
|
37
|
|
38
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian mountain
hotel
|
38
|
|
39
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian residential
hotel
|
39
|
|
40
|
Kognitif (C2)
|
Produk tangible dan intangible
|
Siswa dapat membedakan produk hotel yg tangible
dan intangible
|
40
|
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMK NEGERI 1
SURABAYA
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Jenis Sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran : Menerima dan memproses Reservasi
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 60 Menit
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 40 soal
Kode soal : Kanan
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
1
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitf ( C 1)
|
Tugas dan tanggungjawab reservation staff
|
Siswa dapat menyebutkan tugas
utama reservation staff
|
1
|
2
|
Kognitif ( C2)
|
Fasilitas-fasilitas hotel
|
Siswa dapat membedakan fasilitas hotel yang diberikan
secara gratis dan yang dikenakan charge
|
2
|
|
3
|
Kognitif ( C1 )
|
Klasifikasi hotel berdasarkan
plan
|
Siswa dapat menyebutkan
pengertian modified american plan
|
3
|
|
4
|
Kognitif ( C1 )
|
Klasifikasi hotel berdasarkan
area
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian urban hotel
|
4
|
|
5
|
Kognitif ( C1)
|
Media reservasi
|
Siswa dapat menyebutkan media
reservasi yang paling sering dipakai
|
5
|
|
6
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjeleaskna
pengertian “ Long staying guest rate”
|
6
|
|
7
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjeleaskna
pengertian “ Airline rate “
|
7
|
|
8
|
Kognitif ( C2)
|
Keuntungan reservasi bagi hotel
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat reservasi bagi hotel
|
8
|
|
9
|
Kognitif ( C2)
|
Manfaat reservasi bagi tamu
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat reservasi bagi tamu
|
9
|
|
10
|
Kognitif ( C1)
|
Harga kamar/room rates
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian istilah R/M dlm harga kamar
|
10
|
|
11
|
Kognitif ( C1)
|
Sumber- sumber pemesanan kamar
|
Siswa daapat menjelaskan
pengertian sumber pemesanan kamar referals
|
11
|
|
12
|
Kognitif ( C1)
|
Tata cara menangani reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan cara
memberikan layanan yang baik
|
12
|
|
13
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“Confentional Chart “
|
13
|
|
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
14
|
Kognitif ( C1)
|
Status kamar
|
Siswa dapat menjelaskan tentang kode-kode status kamar
|
14
|
|
15
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“Package rate “
|
15
|
|
16
|
Afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat menggali informasi
yang harus diperoleh dari pemesan kamar
|
16
|
|
17
|
Menerima dan mencatat
permintaan reservasi
|
Afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi format
reservasi dengan benar
|
17
|
18
|
Kognitif ( C1)
|
Guarantee reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“6 p.m release”
|
18
|
|
19
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian
“ Reservation List”
|
19
|
|
20
|
afektif
|
Cara Mengisi Conventional chart
|
Siswa dapat mengisi
conventional chart dengan cermat
|
20
|
|
21
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan penegrtian
“ Cancellation Form”
|
21
|
|
22
|
afektif
|
Denying of booking
|
Siswa dapat menyebutkan alasan
“ Denying of booking”
|
22
|
|
23
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi format
reservasi sesuai dengan langkah-langkah yang benar
|
23
|
|
24
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi reservation
form dengan benar
|
24
|
|
25
|
afektif
|
Cara Mengisi Reservation Form
|
Siswa dapat mengisi reservation
form dengan benar
|
25
|
|
26
|
Kognitif ( C1)
|
Reservation Form
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian dari istilah
ETA
|
26
|
|
27
|
Afektif
|
Cara mengkonfirmasikan reservasi kepada tamu
|
Siswa dapat memberikan sarannya kepada tamu
apabila kamar tidak tersedia
|
27
|
|
28
|
afektif
|
Cara mengisi formulir reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah/tahap
penenganan reservasi
|
28
|
|
29
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitif ( C1)
|
Jenis- jenis reservasi
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “advance
reservation”
|
29
|
30
|
Kognitif ( C1)
|
Macam- macam harga kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “ Government
rate”
|
30
|
|
No.Urut
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
31
|
Kognitif ( C1)
|
Alat atau media reservasi
|
Siswa dapat menyebutkan media atau alat
reservasi
|
31
|
|
32
|
Menjelaskan sistem
reservasi
|
Kognitif ( C1)
|
Sumber- sumber pemesanan kamar
|
Siswa dapat menjelaskan sumber pemesanan kamar “
Government Office”
|
32
|
33
|
Kognitif ( C1)
|
Pengenalan formulir reservation
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “ Group
rooming List”
|
33
|
|
34
|
Kognitif ( C1)
|
Status kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian “ Sleep out”
|
34
|
|
35
|
Kognitif ( C1)
|
Status kamar
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian status kamar
OD
|
35
|
|
36
|
afektif
|
Tata cara melayani tamu
|
Siswa dapat melayani pemesanan kamar dengan baik
|
36
|
|
37
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian Cure hotel
|
37
|
|
38
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian lake hotel
|
38
|
|
39
|
Kognitif ( C1)
|
Klasifikasi hotel berdasarkan tujuan
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian transit hotel
|
39
|
|
40
|
Kognitif (C2)
|
Produk tangible dan intangible
|
Siswa dapat membedakan produk hotel yg tangible
dan intangible
|
40
|
Untuk lebih jelasnya bisa download File Kisi-Kisi Soal Reservasi dengan cara klik tulisan disini :
Kisi-Kisi Soal.docx Disini
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua