|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII
/ 1
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengevaluasi
Berbagai Sistem Pemerintahan
KOMPETENSI DASAR :
2.2. Menganalisis Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Negara
Indonesia
ALOKASI WAKTU : 2 x
45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a. Dasar hukum sistem pemerintahan NKRI dijelaskan
b. Pelaksanaan
sistem pemerintahan NKRI dianalisis
B. Proses
a. Menguraikan
dasar hukum sistem pemerintahan NKRI
b. Menganalisis
pelaksanaan sistem pemerintahan NKRI
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Berfikir kritis terhadap makna yang
terkandung dalam dasar hukum sistem
pemerintahan NKRI
b. Secara mandiri maupun kelompok mampu
menunjukkan contoh pelaksanaan sistem
pemerintahan NKRI
B. Ketrampilan Sosial
a. Mengemukakan pendapat tentang dasar hukum sistem pemerintahan NKRI
b. Mengemukakan pendapat tentang perwujudan pelaksanaan sistem pemerintahan NKRI
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa membuka buku siswa dapat menguraikan
dasar hokum system pemerintahan NKRI
b. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang pelaksanaan sistem pemerintahan NKRI
B. Proses
a. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan dasar hokum system pemerintahan NKRI
b. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang pelaksanaan sistem pemerintahan NKRI
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Setelah membaca buku dengan teliti dan mendengarkan penjelasan
guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang dasar hokum
system pemerintahn NKRI
b. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga) contoh perwujudan pelaksanaan
system pemerintahan NKRI
B. Ketrampilan sosial
a. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang dasar hokum system
pemerintahn NKRI
b. Setelah membaca buku dan mendengakan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang pelaksanaan system
pemerintahan NKRI.
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Pelaksanaan system
pemerintahan Negara RI :
§ Dasar Hukum
UUD 1945
Pasal 4 s/d 17
§ Pelaksanaan Sistem
Pemerintahan Negara
1. Pemerintah
Pusat
2. Pemerintah
Daerah
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model : kooperatif tipe Artikulasi
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar
sehingga terjadi interaksi belajar
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan dasar hokum system
pemerintahn NKRI
2. Guru menjelaskan tentang pelaksanaan system
pemerintahan NKRI.
3. Guru membagi kelompok untuk setiap kelompok
yang terdiri dari 2 anak
4. Guru memberikan arahan kepada siswa terkait
dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi
yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru mengadakan apersepsi tentang materi minggu lalu dengan
cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang pelaksanaan
system pemerintahan Negara indonesia
Kegiatan
Inti
1. Guru meminta siswa untuk kembali berpasangan sesuai dengan
pasangan yang telah di bentuk minggu lalu
2. Guru mempersilahkan siswa untuk membaca buku secara
berpasangan
3. Guru meminta siswa secara
bergantian untuk menguraikan pandangan tentang pelaksanaan sitem pemerintahan
Indonesia
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan
cara meminta siswa untuk ologi membuat kesimpulan tentang pelaksanaan sitem
pemerintah Negara Indonesia
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2. Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa
Mega
3. Buku Paket PKn kelas XII Esis
4. Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5. Buku Paket PKn XII Armico
MEDIA DAN BAHAN
1. Power Point
2. Flow Chart
3. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan ( siswa diminta untuk membuat
rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara
bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk
Penugasan Aspek Yang Dinilai
1. Penguasaan Materi
2. Sistematika dalam penyampaian materi
3. Tata bahasanya
4. Sikap pada saat tampil
5. Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor
Penilaian
1. 85
jika kelima aspek terpenuhi
2. 80
jika keempat aspek terpenuhi
3. 75
jika ketiga aspek terpenuhi
4. 70
jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.
2. Mengevaluasi Berbagai Sistem
Pemerintahan
KD. 2.2 Menganalisis Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Negara
Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK.
2. Mengevaluasi Berbagai Sistem
Pemerintahan
KD. 2.2 Menganalisis Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Negara
Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI –
KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
KISI –
KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
SK.
2. Mengevaluasi Berbagai Sistem
Pemerintahan
Jenjang
Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 10
Mata
Pelajara : PKn Bentuk Soal : Uraian
Kelas /
Semester : XII / 1 Alokasi
Waktu : 60’
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Uraian Materi
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
2.Menganalisis
Pelaksanaan system pemerintahan Negara indonesia
|
Pelaksanaan system pemerintahan Negara RI :
A. Dasar Hukum
UUD
1945 Pasal 4 s/d 17
B. Pelaksanaan
Sistem Pemerintahan Negara
1.
Pemerintah Pusat
2.
Pemerintah Daerah
|
Tes
tertulis
@Bentuk
Soal
uraian
|
1. Periodesasi
sistem pemerintahan Menurut UUD 1945 diidentifikasi
2.
Perubahan system pemerintahn Indonesia sebelum dan sesudah di amandemen dapat
dijelaskan
3. tujuan pemilu menurut pasal 22E UUD 1945
4. Tugas dan wewenang MPR dapat disebutkan
5. Tugas dan wewenang DPD dijelaskan
6. Hak
prerogative Presiden menurut UUD 1945 dijelaskan
7.
Lembaga yudikatif menurut UUD 1945 didientifikasi
8. Tugas
pemerintah pusat dijelaskan
9.
Tugas pemerintah daerah dijelaskan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
LEMBAR PENILAIAN
( TES
TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan
singkat, jelas dan benar!
1. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai sumber
nilai menurut UUD 1945 diidentifikasi
2.
Jelaskan PERUBAHAN
system pemerintahn Indonesia sebelum dan sesudah di amandemen dapat
3.
Sebutkan tujuan pemilu menurut pasal 22E
UUD 1945
4. Sebutkan
tugas dan wewenang MPR
5. Jelaskan
tugas dan wewenang DPD
6 Jelaskan hak prerogative Presiden menurut
UUD 1945.
7. Buatlah
identifikasi Lembaga yudikatif menurut UUD 1945
8. Jelaskan tugas pemerintah pusat
9. Jelaskan tugas pemerintah daerah
10. Jelaskan hubungan pemerintah pusat dan
daerah
Kunci Jawaban
1. Periodesasi
sistem pemerintahan Menurut UUD 1945
a. 18
Agustus 1945 s.d 27 Desember 1949
b. 27
Desember 1949 s.d 17 Agustus 1950
c. 17
agustus 1950 s.d 5 Jjuli 1959
d. 5
Juli 1959 sampai sekarang
2.
Perubahan system pemerintahan Indonesia
sebelum dan sesudah diamandemen dapat dijelaskan
System pemerintahan setelah diamandemen
tetap dipertahankan yaitu dengan menggunakan system presidensiil, diperkuat pula
dengan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
3.
Tujuan pemilu menurut pasal 22 E UUD 1945
4.
Tugas dan wewenang MPR diantaranya :
a. Mengubah
dan menetapkan
b. Melantik
presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil pemilihan umum dalam sidang
paripurna MPR
c. Menetapkan
peratutan tata tertib dan kode etik MPR
5.
Tugas dan wewenang DPD dijelaskan
a. Mengajukan
kepada DPR RUU yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah,
pembentukan dan pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan SDE
laiya serta yang berkaitna dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah
b. Mengusulkan
RUU sebagaiman dimaksut sebelum DPR membahas RUU dengan pemerintah
c. Membahas
RUU yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah,
pembentukan dan pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan SDE
laiya serta yang berkaitna dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah yang
diajukan baik oleh DPR mupun pemerintah
6. Hak
prerogative Presiden menurut UUD 1945 yakni dari pasal 10 s.d 15
7.
Lembaga yudikatif menurut UUD 1945
a. Mahkamah
Agung
b. Mahkamah
Konstitusi
c. Komisi
Yudisial
8. Tugas pemerintah
pusat berdasarkan pasal 18 ayat 1 : membantu pemerintah daerah agar daerah
tersbut menjadi semakin maju, menghomati daerah khusus istimewa ( misalnya
kerajaan, kedatukan, kemargaan dll)
9. Tugas
pemerintah daerah berdasarkan pasal 18 ayat 2:
a. pemerintah
daerah propinsi, daerah kabupaten dan daerah kota mengatur dan mengurus sendiri
urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pmbantuan,
b. pemerintah
daerah mensukseskan program pembangunan pemeraintah pusat
10.
Hubungan pemerintah pusat dan daerah :
a.
Dalam melaksanakan pembangunan
b.
Dana untuk biaya rutin seperti gaji
pegawai, biaya operasional, menggiatkan sektor-sektor pembangunan utama di
masing-masing daerah.
c. Menggiatkan sector-sektor pembangunan
utam di daerah misalnya : pembangunan sarana pengairan listrik, pariwisata.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (2.2) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (2.2).docx Disini
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua