|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMKN 1
SURABAYA
Mata Pelajaran : Pendidikan dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 5
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
I. Standar Kompetensi : Mengevaluasi
berbagai sistem Pemerintahan
II. Kompetensi Dasar : 1.2
Menganalisis Pancasila sebagai sumber
nilai dan paradigma Pembangunan
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
III. Indikator
Kognitif
A. Produk
a. Menjelaskan
Pancasila sebagai sumber nilai
b. Menjelaskan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c. Menjelaskan
Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
B. Proses
a. Mendiskripsikan
Pancasila sebagai sumber nilai
b. Mendiskripsikan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c. Menganalisis
Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Afektif
- Perilaku Karakter
1.
Berfikir kritis terhadap makna yang
terkandung dalam Pancasila sebagai sumber nilai
2. Secara
mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh Pancasila sebagai paradigma
pembangunan
- Keterampilan
Sosial
a. Mengemukakan pendapat tentang alasan negara
Indonesia menjadikan Pancasila sebagai sumber nilai
b. Menampilkan
perilaku yang sesuai dengan Pancasila sebagai sumber nilai
c. Mengemukakan
pendapat tentang kelebihan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
d. Mengemukakan
pendapat tentang perwujudan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma
pembangunan
IV. Tujuan
Pembelajaran
Produk
a. Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan makna Pancasila sebagai sumber nilai
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Proses
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan Pancasila
sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat bedakan fungsi pokok antara
Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menegaskan makna Pancasila sebagai sumber
nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Perilaku Berkarakter
a. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna yang terkandung dalam
Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma
pembangunan
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga)
contoh pengamalan Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai
paradigma pembangunan
Keterampilan Sosial
1. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang alasan negara indonesia memerlukan ideologi
2. Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan pengamalan
Pancasila sebagai ideologi maupun sebagai dasar negara
3. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang alasan Pancasila dipakai sebagai ideologi negara
4. Setelah
membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan kelebuhan
Pancasila sebagai ideologi negara
5. Setelah
membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
6. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
alasan Pancasila dapat dijadikan sebagai ideologi terbuka.
V. Materi
Pelajaran
1. Pengertian Ideologi
Ideologi adalah sekumpulan gagasan,ide,
keyakinan dan kepercayaan yang sistematisyang mengarah pada tingkah laku
seseorang dalam berbagai kehidupan
2. Pancasila sebagai Ideologi Negara
Pancasila sebagai
Ideologi Negara adalah karena Pancasila sebagai sumber motivasi dan sebagai
sumber semangat dalam kehidupan negara
3. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Pancasila bersifat aktual,
dinamis,antisipasif dan senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan
zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi
rakyat
4. Membandingkan Ideologi Pancasila dengan
Ideologi lain
VI. Model
dan MetodePembelajaran
Model :
Kooperatif tipe Jigsaw
Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
I
|
Kegiatan
Awal :
Pelibatan
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar
sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti :
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan pengertian ideologi
2. Guru
menjelaskan tentang proses rumusan Pancasila sebagai dasar negara
3. Guru
menjelaskan Pancasila sebagai ideologi negara
4. Guru
menguraikan fungsi pokok Pancasila
5. Guru
membagi kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
6. Guru
memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
|
70
Menit
|
||
Akhir
|
Kegiatan
Akhir :
Elaborasi
Guru
mengadakan refleksi bersama siswa dengan cara siswa diminta untuk menguraikan
secara singkat.
Konfirmasi
Membuat
kesimpulan tentang Proses Rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi
negara secara lengkap menurut bahasanya sendiri kemudian dimintai untuk
menulis kesimpulan tersebut dan dikumpulkan minggu depan.
|
5
Menit
|
VIII.
Sumber Belajar
1. Buku
Paket PKN Kelas XI SMK Penerbit Armico karangan Kokom Komalasari dan Yusnawan
Lubis Tahun 2007 Hal 1 - 11
2. Buku
Paket PKN Kelas XI SMK Penerbit Yudhistira Karangan Joko Budi Santoso Tahun
2007 Hal 1 - 10
3. Buku
Paket PKN Kelas XII SMA dan MA Penerbit ESIS karangan Retno Listyarti Tahun
2007 Hal 1 - 11
4. Buku
LKS PKN Kelas XI SMK Penerbit UWA Pakarindo FORMATIF (Formula Siswa Aktif)
Tahun 2008 Hal 1 – 9
5. Sukarni
1993 Sistem Politik Indonesia Jilid 1 sampai 4 Bandung CV. Mander Maju
IX. Media
dan Bahan
1. Power
Point
2. Flow
Cleart
3. LCD
XI.
PENILAIAN
1.
Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.
Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.
Penguasaan
Materi
b.
Sistematika
dalam penyampaian materi
c.
Tata
bahasanya
d.
Sikap
pada saat tampil
e.
Kerja
sama dengan pasangannya
@
Skor Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
KISI – KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN
SK.1. Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila
sebagai Ideologi Terbuka
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 15
Mata Pelajaran : PKn
Bentuk Soal : Uraian
Kelas / Semester : XII / 1 Alokasi Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
/ Uraian Materi
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
1.
|
1.Mendiskripsikan Pancasila Sebagai
Ideologi Terbuka
|
1.
Pengertian Ideologi
2.
Pancasila Sebagai ideologi
3.
Pancasila sebagai ideologi terbuka
4.
Membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi
yang lain
|
Tes tertulis
Bentuk
soal
uraian
|
1.
Menjelaskan
Pengertian
Ideologi
2.
Menjelaskan
Unsur unsur
yang
terkandung dalam IdeologI
3.
Menjelaskan
arti penting
ideologi bagi
suatu negara
4.
Uraikan
secara singkat proses Perumusan
Pancasila sebagai dasar negara
5.
Membandingkan antara ideologi dengan dasar negara
6.
Menjelaskan
Pancasila sebagai dasar negara
7.
Membedakan
antara fungsi
Pokok
Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai Ideologi negara
8.
Menjelaskan
fungsi dan peranan ideologi bagi
kehidupan manusia
9.
Membedakan
antara ideologi terbuka dengan
Ideologi tertutup
10.
Memberikan contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar
negara maupun sebagai Ideologi negara
11.
Menampilkan sikap yang
mencerminkan
Pancasila sebagai ideologi Terbuka
12.
Membandingkan Ideologi
Pancasila
dengan Ideologi yang lain
13.
Menunjukkan sikap sebagai warganegara yang berkepribadian
Pancasila
14.
Menunjukkan Pancasila sebagai Ideologi dalam
kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
15.
Menampilkan
sikap warganegara yang berlandaskan
Pancasila sebagai ideologi Negara
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Lembar Penilaian ( tes
tertulis dengan bentuk soal uraian )
SK.1. Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai
Ideologi Terbuka
KD.1. Mendiskripsikan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Jawablah
Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1. Apakah
yang dimaksud dengan ideologi?
2. Sebutkan
tiga unsur yang terkandung dalam ideologi!
3. Jelaskan
arti pentingnya ideologi bagi suatu negara!
4. Uraikan
secara singkat proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
5. Bandingkan antara ideologi dengan dasar negara!
6. Jelaskan
fungsi Pancasila sebagai dasar negara!
7. Bedakan
fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai
ideologi negara!
8. Apakah
fungsi dan peranan ideologi bagi kehidupan manusia?
9. Jelaskan
perbedaan antara ideology terbuka dengan ideologi tertutup!
10. Berikan
tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara
maupun sebagai ideologi negara!
11. Bagaimana
perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Jelaskan!
12. Mengapa
kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara?
13. Mengapa
Pancasila dijadikan sebagai ideologi
terbuka?
14. Dapatkah
Pancasila menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,bangsa
dan negara?
15. Apakah
yang anda lakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap
Pancasila sebagai ideologi negara?
Kunci
Jawaban
1. Ideologi
adalah cita – cita
2. Tiga
unsur yang terkandung dalam ideologi adalah:
a. Adanya
suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.
b. Memuat
seperangkat nilai atau suatu preskripsip moral
c. Ideologi
merupakan suatu pedoman kegiatan untuk mewujudkan nilai – nilai yang termuat
didalamnya.
3. Arti
pentingnya ideologi bagi suatu bangsa adalah : sebagai pegangan dan petunjuk
arah semua kegiatan hidup di berbagai aspek kehidupan bangsa dan Negara
4. Proses
perumusan Pancasila dimulai dari sidang :
a. BPUPKI
tgl 29 mei s/d 1 juni 1945 ternyata hasil sidang belum ada keputusan
b. Tanggal
22 juni 1945 BPUPKI membentuk panitia kecil atau panitia 9 yang berhasil
merumuskan rancangan pembukaan hukum dasar yang berisi tujuan dan maksud
pendirian negara Indonesia merdeka. Kemudian Moh Yamin memberi nama piagam Jakarta.
Tetapi isi piagam tersebut dinilai kurang sesuai akhirnya diadakan perubahan
terutama pada sila ke 1, setelah mengalami perubahan maka rumusan Pancasila
dalam Pembukaan UUD 1945 adalah seperti yang tertera dalam dasar negara
Pancasila sekarang.
5. Perbandingan antara ideologi dengan dasar
negara:
a. Ideologi adalah
sekumpulan gagasan, ide, keyakinan dan kepercayaan yang sistematis yang
mengarah pada tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan
b. Dasar negara adalah landasan yang dipakai
untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan Negara
6. Pancasila dipakai sebagai landasan untuk
mengatur penyelenggaraan negara
Fungsi Pancasila sebagai dasar
negara:
a.
Fungsi pokok pancasila sebagai pedoman
pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Pancasila sebagai sumber motivasi dan
sebagai sumber semangat dalam berbagai
kehidupan Negara
7. Fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar
negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
a. Sebagai
bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya
b. Menjembatani negara pendiri negara dan para generasi
penerus
c. Menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan
kelompoknya atau negaranya
8. Fungsi dan peranan ideologi bagi kehidupan manusia menjadi pokok
kaidah dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
9. Perbedaan
antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup
a. Ideologi
terbuka adalah ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
zaman yang teus mengalami perubahan.
b. Ideologi
tertutup adalah ideologi yang bersifat kaku menutup diri terhadap
pemikiran dan perubahan yang berkembang di masyarakat.
10. Tiga
contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun
sebagai ideologi negara yakni:
a. Menghormati
keyakinan orang lain
b. Menghormati
hak dan kebebasan orang lain
c. Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
11. Perwujudan
Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah
nilai nilai luhur budaya bangsa menjadi landasan tingkah laku dan
perbuatan bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
12. Alasan
kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara karena nilai- nilai luhur
Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
13. Pancasila dijadikan sebagai ideologi terbuka sebab
nilai nilai luhur Pancasila mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
zaman yang terus mengalami perubahan.
14. Pancasila dapat menyelesaikan konflik yang terjadi
dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara
15. Sikap
yang dilakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila
sebagai ideologi negara yakni:
a. Berusaha
mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
b. Menyampaikan
informasi kepada aparat Negara atau aparat penegak hokum
c. Selektif
terhadap perkembangan / perubahan yang ada dalam menyerap nilai yang akan kita
pakai / gunakan.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (1.2) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (1.2).docx Disini