Sabtu, 12 Januari 2013

RPP PKN Kelas XII (1.2)

,



 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                :     SMKN 1  SURABAYA           
Mata Pelajaran                     :     Pendidikan dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :     XII / 5
Program Keahlian                 :     Semua Program Keahlian
I.    Standar Kompetensi   :     Mengevaluasi berbagai sistem Pemerintahan
II.  Kompetensi Dasar   :     1.2    Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma Pembangunan
Alokasi Waktu                     :     4 x 45 Menit
                                        
           
III.    Indikator
Kognitif
A.  Produk
a.       Menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai
b.      Menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
      c.   Menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
B.  Proses
a.       Mendiskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai
b.      Mendiskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c.       Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Afektif
-     Perilaku Karakter
1.      Berfikir kritis terhadap makna yang terkandung dalam Pancasila sebagai sumber nilai
2.   Secara mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh Pancasila sebagai paradigma pembangunan
-     Keterampilan Sosial
a.       Mengemukakan pendapat tentang alasan negara Indonesia menjadikan Pancasila sebagai sumber nilai
b.      Menampilkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sebagai sumber nilai
c.       Mengemukakan pendapat tentang kelebihan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
d.      Mengemukakan pendapat tentang perwujudan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

IV.    Tujuan Pembelajaran
         Produk
a.       Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan makna Pancasila sebagai sumber nilai
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

Proses
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat bedakan fungsi pokok antara Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan makna Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

               Perilaku Berkarakter
a.       Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna yang terkandung dalam  Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga) contoh pengamalan Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

               Keterampilan Sosial
1.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang alasan negara indonesia memerlukan ideologi
2.     Setelah membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan pengamalan Pancasila sebagai ideologi maupun sebagai dasar negara
3.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang alasan Pancasila dipakai sebagai ideologi negara
4.     Setelah membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan kelebuhan Pancasila sebagai ideologi negara
5.     Setelah membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
6.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat alasan Pancasila dapat dijadikan sebagai ideologi  terbuka.

V.     Materi Pelajaran
1.   Pengertian Ideologi
      Ideologi adalah sekumpulan gagasan,ide, keyakinan dan kepercayaan yang sistematisyang mengarah pada tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan
2.   Pancasila sebagai Ideologi Negara
Pancasila sebagai Ideologi Negara adalah karena Pancasila sebagai sumber motivasi dan sebagai sumber semangat dalam kehidupan negara
3.   Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
      Pancasila bersifat aktual, dinamis,antisipasif dan senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi rakyat
4.   Membandingkan Ideologi Pancasila dengan Ideologi lain

VI.    Model dan MetodePembelajaran
         Model     :  Kooperatif  tipe Jigsaw
         Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

VII.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
I
Kegiatan Awal :
Pelibatan
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2.  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
10 Menit


Kegiatan Inti :
Eksplorasi
1.      Guru menjelaskan pengertian ideologi
2.      Guru menjelaskan tentang proses rumusan Pancasila sebagai dasar negara
3.      Guru menjelaskan Pancasila sebagai ideologi negara
4.      Guru menguraikan fungsi pokok Pancasila
5.      Guru membagi kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
6.      Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan

70 Menit


Akhir
Kegiatan Akhir :
Elaborasi
Guru mengadakan refleksi bersama siswa dengan cara siswa diminta untuk menguraikan secara singkat.
Konfirmasi
Membuat kesimpulan tentang Proses Rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi negara secara lengkap menurut bahasanya sendiri kemudian dimintai untuk menulis kesimpulan tersebut dan dikumpulkan minggu depan.
5 Menit

VIII.     Sumber Belajar
1.      Buku Paket PKN Kelas XI SMK Penerbit Armico karangan Kokom Komalasari dan Yusnawan Lubis Tahun 2007 Hal 1 - 11
2.      Buku Paket PKN Kelas XI SMK Penerbit Yudhistira Karangan Joko Budi Santoso Tahun 2007 Hal 1 - 10
3.      Buku Paket PKN Kelas XII SMA dan MA Penerbit ESIS karangan Retno Listyarti Tahun 2007 Hal 1 - 11
4.      Buku LKS PKN Kelas XI SMK Penerbit UWA Pakarindo FORMATIF (Formula Siswa Aktif) Tahun 2008 Hal 1 – 9
5.      Sukarni 1993 Sistem Politik Indonesia Jilid 1 sampai 4 Bandung CV. Mander Maju

IX.    Media dan Bahan
1.      Power Point
2.      Flow Cleart
3.      LCD

XI.  PENILAIAN
1.                  Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.                  Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
            @ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.       Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.       Kerja sama dengan pasangannya





           @ Skor Penilaian
a.    85  jika kelima aspek terpenuhi
b.   80  jika keempat aspek terpenuhi
c.    75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.   70  jika kedua aspek terpenuhi

Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                    C = Cukup
B = Baik                                D = Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427 198603 2 006



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN

SK.1.   Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila sebagai  Ideologi   Terbuka

Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah Soal     : 15
Mata Pelajaran         : PKn                                     Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 1                                    Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /               Uraian Materi
Bentuk Instrumen
Indikator Soal
No Soal
1.
1.Mendiskripsikan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
1.  Pengertian Ideologi

2.  Pancasila Sebagai ideologi

3.  Pancasila sebagai ideologi terbuka

4.  Membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi yang lain
Tes tertulis

Bentuk
soal
uraian














1.     Menjelaskan Pengertian
     Ideologi
2.     Menjelaskan Unsur unsur
yang terkandung dalam IdeologI
3.    Menjelaskan arti penting
ideologi bagi suatu negara
4.     Uraikan secara singkat proses Perumusan     Pancasila  sebagai dasar negara
5.    Membandingkan  antara ideologi dengan dasar negara
6.     Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara
7.     Membedakan antara fungsi
Pokok Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai Ideologi negara
8.    Menjelaskan fungsi dan peranan ideologi bagi     kehidupan manusia
9.     Membedakan antara ideologi  terbuka  dengan    Ideologi tertutup
10.  Memberikan contoh sikap yang merupakan  pengamalan Pancasila sebagai dasar negara  maupun sebagai Ideologi negara
11.  Menampilkan sikap yang
mencerminkan Pancasila sebagai ideologi Terbuka
12.  Membandingkan Ideologi
Pancasila dengan  Ideologi yang lain


13.  Menunjukkan sikap sebagai warganegara yang berkepribadian Pancasila
14.  Menunjukkan Pancasila sebagai Ideologi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
15.  Menampilkan     sikap warganegara yang berlandaskan   Pancasila sebagai ideologi Negara

1

2


3

4


5

6

7



8


9


10




11


12


13


14



15




Lembar Penilaian ( tes tertulis dengan bentuk soal uraian )

SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.1.     Mendiskripsikan  Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.      Apakah yang dimaksud dengan ideologi?
2.      Sebutkan tiga unsur yang terkandung dalam ideologi!
3.      Jelaskan arti pentingnya ideologi bagi suatu negara!
4.      Uraikan secara singkat proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
5.      Bandingkan  antara ideologi dengan dasar negara!
6.      Jelaskan fungsi Pancasila sebagai dasar  negara!
7.      Bedakan fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
8.      Apakah fungsi dan peranan ideologi bagi kehidupan manusia?
9.      Jelaskan perbedaan antara ideology terbuka dengan ideologi tertutup!
10.  Berikan tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun sebagai ideologi negara!
11.  Bagaimana perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Jelaskan!
12.  Mengapa kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara?
13.  Mengapa Pancasila  dijadikan sebagai ideologi terbuka?
14.  Dapatkah Pancasila menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,bangsa dan negara?
15.  Apakah yang anda lakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara?

Kunci Jawaban
1.      Ideologi adalah cita – cita
2.      Tiga unsur yang terkandung dalam ideologi adalah:
a.       Adanya suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.
b.      Memuat seperangkat nilai atau suatu preskripsip moral
c.       Ideologi merupakan suatu pedoman kegiatan untuk mewujudkan nilai – nilai yang termuat didalamnya.

3.      Arti pentingnya ideologi bagi suatu bangsa adalah : sebagai pegangan dan petunjuk arah semua kegiatan hidup di berbagai aspek kehidupan bangsa dan Negara
4.      Proses perumusan Pancasila dimulai dari sidang :
a.       BPUPKI tgl 29 mei s/d 1 juni 1945 ternyata hasil sidang belum ada keputusan
b.      Tanggal 22 juni 1945 BPUPKI membentuk panitia kecil atau panitia 9 yang berhasil merumuskan rancangan pembukaan hukum dasar yang berisi tujuan dan maksud pendirian negara Indonesia merdeka. Kemudian Moh Yamin memberi nama piagam Jakarta. Tetapi isi piagam tersebut dinilai kurang sesuai akhirnya diadakan perubahan terutama pada sila ke 1, setelah mengalami perubahan maka rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 adalah seperti yang tertera dalam dasar negara Pancasila sekarang.
5.   Perbandingan antara ideologi dengan dasar negara:
      a.   Ideologi adalah sekumpulan gagasan, ide, keyakinan dan kepercayaan yang sistematis yang mengarah pada tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan
b.   Dasar negara adalah landasan yang dipakai untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan Negara
6.   Pancasila dipakai sebagai landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara
      Fungsi Pancasila sebagai dasar  negara:
       a. Fungsi pokok pancasila sebagai pedoman  pelaksanaan kehidupan berbangsa dan        bernegara
      b. Pancasila sebagai sumber motivasi dan sebagai sumber semangat dalam berbagai       kehidupan Negara
7.   Fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
      a.   Sebagai bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya
      b.   Menjembatani  negara pendiri negara dan para generasi penerus
      c.  Menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan kelompoknya atau negaranya
8.   Fungsi dan peranan  ideologi bagi kehidupan manusia menjadi pokok kaidah dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
9.      Perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup
a.  Ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zaman yang teus mengalami perubahan.
b.  Ideologi tertutup adalah  ideologi  yang bersifat kaku menutup diri terhadap pemikiran dan perubahan yang berkembang di masyarakat.
10.  Tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun sebagai ideologi negara yakni:
a.       Menghormati keyakinan orang lain
b.      Menghormati hak dan kebebasan orang lain
c.       Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
11.  Perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah  nilai nilai luhur budaya bangsa menjadi landasan tingkah laku dan perbuatan bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
12.  Alasan kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara karena nilai- nilai luhur Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
13.  Pancasila  dijadikan sebagai ideologi terbuka sebab nilai nilai luhur Pancasila mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zaman yang terus mengalami perubahan.
14.  Pancasila  dapat menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara
15.  Sikap yang dilakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara yakni:
a.       Berusaha mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
b.      Menyampaikan informasi kepada aparat Negara atau aparat penegak hokum
c.   Selektif terhadap perkembangan / perubahan yang ada dalam menyerap nilai yang akan kita pakai / gunakan.



Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (1.2) dengan cara klik tulisan disini  :
RPP XII (1.2).docx Disini








0 komentar to “RPP PKN Kelas XII (1.2)”

Posting Komentar