|  | 
|  | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH                    :   SMK  Negeri 
1  Surabaya
MATA PELAJARAN                :  Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER               : 
XII  /  1
PROGRAM KEAHLIAN         : 
Semua program keahlian
STANDAR
KOMPETENSI    :   1.      Menampilkan Sikap Hukum Positif Terhadap Pancasila Sebagai
Ideologi   Terbuka
KOMPETENSI
DASAR      :   1.3.   Menampilkan sikap positif terhadap pancasila
sebagai ideologi terbuka
ALOKASI WAKTU                   :  2 x 45 menit
INDIKATOR  :
Kognitif
A.  Produk
           a. Menjelaskan
sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
      b.
Mengidentifikasi cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai
ideologi terbuka.
c. Menganalisis beberapa keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan
ideologi tertutup. 
B.  Proses
a. Menunjukkan contoh sikap dan
perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 
b.
Menerapkan sikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c. Menjelaskan beberapa keuntungan ideologi terbuka
dibandingkan dengan ideologi tertutup.
Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.    Memperagakan
sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. 
b.   Secara
mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif
Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c.    Secara
mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan beberapa keuntungan ideologi
terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
B.  Ketrampilan Sosial
a.    Dapat
melakukan kerjasama individu maupun kelompok meliputi presentasi, bertanya dan
mengemukakan pendapat.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A.  Produk
a.    Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan sikap dan perilaku positif yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila.
b.   Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan contoh
sikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka.
c.    Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat beberapa keuntungan ideologi
terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
B.  Proses.
a.    Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan sikap dan
perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
b.   Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat keuntungan ideologi terbuka
dibandingkan dengan ideologi tertutup.
c.    Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan contoh bersikap dan perilaku
positif Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.    Setelah
membaca buku  dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang keuntungan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup.
b.   Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga)
contoh sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka.
B.  Ketrampilan
sosial
a.    Terlibat
dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan kerjasama, menjadi
pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat sehingga siswa dapat menjelaskan
sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka
b.   Siswa
dapat menyimpulkan pentingnya sikap dan perilaku positif pancasila sebagai
ideologi terbuka.
MATERI
PEMBELAJARAN
- Contoh sikap dan perilaku
     positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
- Cara bersikap positif yang sesuai dengan
      nilai Pancasila sebagai ideologi
     terbuka.
c.      
 Keuntungan  ideologi terbuka dibandingkan dengan  ideologi tertutup. 
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø  Model     : 
Kooperatif dengan mengunakan STAD
Ø  Metode   : 
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
| 
No | 
Pertemuan | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Waktu | 
| 
1 
2. | 
I 
II | 
Kegiatan Awal. 
1.  Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan
  belajar sehingga terjadi interaksi belajar mengajak siswa mencari contoh
  sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideology terbuka  dalam kehidupan sehari-hari. 
2.    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran 
Kegiatan Inti 
1.      Guru
  menjelaskan pengertian Pancasila sebagai sumber nilai  
2.     
  Guru menjelaskan tentang Pancasila sebagai
  paradigma pembangunan  
3.     
  Guru menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai
  dan paradigma pembangunan  
4.     
   Guru
  membagi kelompok untuk setiap kelompok yang terdiri dari 4 anak  
5.     
  Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan
  tugas yang akan dikerjakan 
Kegiatan Akhir  
Ø  Guru
  mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
  berakhir 
Kegiatan Awal 
Ø  Guru
  mengadakan  apersepsi tentang materi
  minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
  tentang Pancasila sebagai sumber nilai 
Kegiatan Inti 
1.           
  Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok
  sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu 
2.           
  Guru mempersilahkan siswa untuk saling bertukar
  informasi 
3.           
  Guru meminta siswa secara bergantian untuk
  menguraikan sikap dan perilaku positif pancasila sebagai ideologi terbuka. 
Kegiatan Akhir 
Ø  Guru bersama
  siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk mencari arikel
  tentang sikap dan perilaku positif Pancasila sebagai ideologi terbuka
  kemudian di analisis. | 
10’ 
70’ 
10’ 
5’ 
75’ 
10’ | 
SUMBER
BELAJAR
1.      Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku
Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1.   Power
Point
2.
  LCD
PENILAIAN
1.      Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1.   Penguasaan Materi
2.   Sistematika dalam penyampaian materi
3.   Tata bahasanya
4.   Sikap pada saat tampil
5.   Kerja sama dengan kelompoknya
@ Skor Penilaian
1.      85  jika kelima aspek terpenuhi
2.      80  jika keempat aspek terpenuhi
3.      75  jika ketiga aspek terpenuhi
4.     
70 
jika kedua aspek terpenuhi 
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
| 
No | 
Rincian
  Kinerja | 
A | 
B | 
C | 
D | 
| 
1. 
2. 
3. 
4. 
5 
6. | 
Tanggung jawab baik secara individu
  maupun kelompok 
Kerja Sama 
Kesesuaian antara kompetensi dengan
  isi yang disampaikan di depan kelas 
Kritis 
Teliti 
Keaktifan | 
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali                    C
= Cukup
B = Baik                                D = Kurang
                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                             
Guru Mata Pelajaran PKN
           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra.
Adriana Abubakar, MM.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap
Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.3.    Menampilkan sikap positif terhadap
pancasila sebagai ideologi terbuka
| 
No. | 
Nama
  Siswa | 
Rincian
  Kinerja | ||||||
| 
Tanggung 
jawab | 
Kerjasama | 
Kesesuaian 
Materi | 
Kritis | 
Teliti | 
Keaktifan | 
Ket | ||
| 
1. | ||||||||
| 
2. | ||||||||
| 
3. | ||||||||
| 
4. | ||||||||
| 
5. | ||||||||
| 
6 | ||||||||
| 
7 | ||||||||
| 
8 | ||||||||
| 
9 | ||||||||
| 
10 | ||||||||
| 
11 | ||||||||
| 
12 | ||||||||
| 
13 | ||||||||
| 
14 | ||||||||
| 
15 | ||||||||
| 
16 | ||||||||
| 
17 | ||||||||
| 
18 | ||||||||
| 
19 | ||||||||
| 
20 | ||||||||
| 
21 | ||||||||
| 
22 | ||||||||
| 
23 | ||||||||
| 
24 | ||||||||
| 
25 | ||||||||
| 
26 | ||||||||
| 
27 | ||||||||
| 
28 | ||||||||
| 
29 | ||||||||
| 
30 | ||||||||
| 
31 | ||||||||
| 
32 | ||||||||
| 
33 | ||||||||
| 
34 | ||||||||
| 
35 | ||||||||
| 
36 | ||||||||
| 
37 | ||||||||
| 
38 | ||||||||
| 
39 | ||||||||
| 
40 | ||||||||
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali                                                                      
B = Baik                                                                                                         
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap
Pancasila Sebagai Ideologi  Terbuka
KD.3.    Menampilkan sikap positif terhadap
pancasila sebagai ideologi terbuka         
| 
No. | 
Nama 
Siswa | 
Sikap | 
Nilai | 
Ket. | ||||
| 
Bekerja
  Sama | 
Penuh
  Perhatian | 
Berinisiatif | 
Bekerja
  sistematis | 
Ketepatan
  Pendapat | ||||
| 
1. | ||||||||
| 
2. | ||||||||
| 
3. | ||||||||
| 
4. | ||||||||
| 
5. | ||||||||
| 
6 | ||||||||
| 
7 | ||||||||
| 
8 | ||||||||
| 
9 | ||||||||
| 
10 | ||||||||
| 
11 | ||||||||
| 
12 | ||||||||
| 
13 | ||||||||
| 
14 | ||||||||
| 
15 | ||||||||
| 
16 | ||||||||
| 
17 | ||||||||
| 
18 | ||||||||
| 
19 | ||||||||
| 
20 | ||||||||
| 
21 | ||||||||
| 
22 | ||||||||
| 
23 | ||||||||
| 
24 | ||||||||
| 
25 | ||||||||
| 
26 | ||||||||
| 
27 | ||||||||
| 
28 | ||||||||
| 
29 | ||||||||
| 
30 | ||||||||
| 
31 | ||||||||
| 
32 | ||||||||
| 
33 | ||||||||
| 
34 | ||||||||
| 
35 | ||||||||
| 
36 | ||||||||
| 
37 | ||||||||
| 
38 | ||||||||
| 
39 | ||||||||
| 
40 | ||||||||
Skor Penilaian                                                           Ketentuan
Penilaian
a.      
85  jika kelima aspek terpenuhi                           A   =    Baik
Sekali
b.     
80  jika keempat aspek terpenuhi                        B   =    Baik
c.      
75  jika ketiga aspek terpenuhi                            C   =    Cukup
d.     
70  jika kedua aspek terpenuhi                            D   =    Kurang
KISI – KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN 
SK.1.   Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila
sebagai  Ideologi   Terbuka
Jenjang Pendidikan : SMK                                      Jumlah
Soal     : 15
Mata Pelajaran         : PKn                          
           Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester       : XII / 1                                    Alokasi Waktu : 60’
| 
No | 
Kompetensi
  Dasar | 
Materi Pokok
  /               Uraian Materi | 
Bentuk
  Instrumen | 
Indikator Soal | 
No Soal | 
| 
1. | 
1.Mendiskripsikan Pancasila Sebagai
  Ideologi Terbuka | 
1. 
  Pengertian Ideologi 
2. 
  Pancasila Sebagai ideologi 
3. 
  Pancasila sebagai ideologi terbuka 
4. 
  Membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi
  yang lain | 
Tes tertulis  
Bentuk 
soal 
uraian | 
1.  
    Menjelaskan
  Pengertian  
  
    Ideologi 
2.  
    Menjelaskan
  Unsur unsur 
yang
  terkandung dalam IdeologI 
3.  
   Menjelaskan
  arti penting 
ideologi bagi suatu
  negara 
4.  
    Uraikan
  secara singkat proses Perumusan    
  Pancasila  sebagai dasar negara 
5.  
   Membandingkan  antara ideologi dengan dasar negara 
6.  
    Menjelaskan
  Pancasila sebagai dasar negara 
7.  
    Membedakan
  antara fungsi  
Pokok
  Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai Ideologi negara 
8.  
   Menjelaskan
  fungsi dan peranan ideologi bagi    
  kehidupan manusia 
9.  
    Membedakan
  antara ideologi  terbuka  dengan   
  Ideologi tertutup  
10. 
  Memberikan contoh sikap yang merupakan  pengamalan Pancasila sebagai dasar negara  maupun sebagai Ideologi negara 
11. 
  Menampilkan sikap yang  
mencerminkan
  Pancasila sebagai ideologi Terbuka 
12. 
  Membandingkan Ideologi  
Pancasila
  dengan  Ideologi yang lain 
13. 
  Menunjukkan sikap sebagai warganegara yang
  berkepribadian Pancasila 
14. 
  Menunjukkan Pancasila sebagai Ideologi dalam
  kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara  
15. 
  Menampilkan    
  sikap warganegara yang berlandaskan  
  Pancasila sebagai ideologi Negara | 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 | 
Lembar Penilaian ( tes
tertulis dengan bentuk soal uraian )
SK.1.     Menampilkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai
Ideologi  Terbuka
KD.1.     Mendiskripsikan  Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Jawablah
Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.      Apakah
yang dimaksud dengan ideologi?
2.      Sebutkan
tiga unsur yang terkandung dalam ideologi!
3.      Jelaskan
arti pentingnya ideologi bagi suatu negara!
4.      Uraikan
secara singkat proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
5.      Bandingkan  antara ideologi dengan dasar negara!
6.      Jelaskan
fungsi Pancasila sebagai dasar  negara!
7.      Bedakan
fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar negara dengan Pancasila sebagai
ideologi negara!
8.      Apakah
fungsi dan peranan ideologi bagi kehidupan manusia?
9.      Jelaskan
perbedaan antara ideology terbuka dengan ideologi tertutup!
10.  Berikan
tiga contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara
maupun sebagai ideologi negara!
11.  Bagaimana
perwujudan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Jelaskan!
12.  Mengapa
kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara?
13.  Mengapa
Pancasila  dijadikan sebagai ideologi
terbuka?
14.  Dapatkah
Pancasila menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,bangsa
dan negara?
15.  Apakah
yang anda lakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap
Pancasila sebagai ideologi negara?
Kunci
Jawaban
1.      Ideologi
adalah cita – cita
2.      Tiga
unsur yang terkandung dalam ideologi adalah:
a.       Adanya
suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.
b.      Memuat
seperangkat nilai atau suatu preskripsip moral
c.       Ideologi
merupakan suatu pedoman kegiatan untuk mewujudkan nilai – nilai yang termuat
didalamnya.
3.      Arti
pentingnya ideologi bagi suatu bangsa adalah : sebagai pegangan dan petunjuk
arah semua kegiatan hidup di berbagai aspek kehidupan bangsa dan Negara
4.      Proses
perumusan Pancasila dimulai dari sidang :
a.       BPUPKI
tgl 29 mei s/d 1 juni 1945 ternyata hasil sidang belum ada keputusan
b.      Tanggal
22 juni 1945 BPUPKI membentuk panitia kecil atau panitia 9 yang berhasil
merumuskan rancangan pembukaan hukum dasar yang berisi tujuan dan maksud
pendirian negara Indonesia merdeka. Kemudian Moh Yamin memberi nama piagam Jakarta.
Tetapi isi piagam tersebut dinilai kurang sesuai akhirnya diadakan perubahan
terutama pada sila ke 1, setelah mengalami perubahan maka rumusan Pancasila
dalam Pembukaan UUD 1945 adalah seperti yang tertera dalam dasar negara
Pancasila sekarang.
5.   Perbandingan antara ideologi dengan dasar
negara: 
      a.   Ideologi adalah
sekumpulan gagasan, ide, keyakinan dan kepercayaan yang sistematis yang
mengarah pada tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan
b.   Dasar negara adalah landasan yang dipakai
untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan Negara
6.   Pancasila dipakai sebagai landasan untuk
mengatur penyelenggaraan negara
      Fungsi Pancasila sebagai dasar 
negara:
       a.
Fungsi pokok pancasila sebagai pedoman 
pelaksanaan kehidupan berbangsa dan        bernegara
      b. Pancasila sebagai sumber motivasi dan
sebagai sumber semangat dalam berbagai      
kehidupan Negara
7.   Fungsi pokok antara Pancasila sebagai dasar
negara dengan Pancasila sebagai ideologi negara!
      a.   Sebagai
bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya
      b.   Menjembatani  negara pendiri negara dan para generasi
penerus
      c.   Menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan
kelompoknya atau negaranya
8.   Fungsi dan peranan  ideologi bagi kehidupan manusia menjadi pokok
kaidah dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
9.      Perbedaan
antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup
a.  Ideologi
terbuka adalah ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
zaman yang teus mengalami perubahan.
b.  Ideologi
tertutup adalah  ideologi  yang bersifat kaku menutup diri terhadap
pemikiran dan perubahan yang berkembang di masyarakat. 
10.  Tiga
contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara maupun
sebagai ideologi negara yakni:
a.       Menghormati
keyakinan orang lain
b.      Menghormati
hak dan kebebasan orang lain
c.       Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
11.  Perwujudan
Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah 
nilai nilai luhur budaya bangsa menjadi landasan tingkah laku dan
perbuatan bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
12.  Alasan
kita memilih Pancasila sebagai ideologi negara karena nilai- nilai luhur
Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
13.  Pancasila  dijadikan sebagai ideologi terbuka sebab
nilai nilai luhur Pancasila mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
zaman yang terus mengalami perubahan.
14.  Pancasila  dapat menyelesaikan konflik yang terjadi
dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara
15.  Sikap
yang dilakukan sebagai warganegara jika terjadi rongrongan terhadap Pancasila
sebagai ideologi negara yakni:
a.       Berusaha
mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
b.      Menyampaikan
informasi kepada aparat Negara atau aparat penegak hokum
c.   Selektif
terhadap perkembangan / perubahan yang ada dalam menyerap nilai yang akan kita
pakai / gunakan.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (1.3) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (1.3).docx Disini
 
 
 
 
 
 
