|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : X II/ 6
PROGRAM KEAHLIAN : Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI :
4. Mengevaluasi dampak globalisasi
KOMPETENSI DASAR : 4.4. Mempresentasikan
tulisan tentang pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
indonesia.
ALOKASI WAKTU
: 4 X 45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a.
Pengertian
resensi Menjelaskan dijelaskan
b.
Faktor-faktor
dalam membuat resensi dijelaskan
c.
Mempresentasikan
tulisan tentang pengaruh globalisasi dijelaskan
B. Proses
a.
Mendiskripsikan
Pengertian resensi
b.
Mendiskripsikan
faktor-faktor dalam membuat resensi
c.
Menganalisis
tulisan tentang pengaruh globalisasi
Afektif
A. Perilaku
Berkarakter
a.
Berfikir
kritis terhadap makna resensi
b.
Secara
mandiri maupun kelompok mampu Menganalisis tulisan sikap terhadap pengaruh
globalisasi
B. Ketrampilan Sosial
a.
Mengemukakan
pendapat tentang resensi
b.
Menampilkan
tulisan sikap terhadap pengaruh globalisasi
c.
Mengemukakan
pendapat tentang tulisan sikap terhadap pengaruh globalisasi
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa membuka
buku siswa dapat menjelaskan makna resensi
b.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat tentang tulisan sikap
terhadap pengaruh globalisasi
c. Setelah membaca
buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sikap tentang
pengaruh globalisasi
B. Proses.
a.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
pengertian resensi
b.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan faktor-faktor resensi
c.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh tulisan sikap terhadap
pengaruh globalisasi
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a.
Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna resensi
b.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh
tulisan sikap pengaruh dari globalisasi
B. Ketrampilan sosial
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan
pendapat tentang pengertian resensi
- Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan tulisan sikap pengaruh globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
tulisan pengaruh globalisasi
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Pengertian resensi
b.
Faktor-faktor dalam membuat resensi
c.
Presentasi
tulisan tentang pengaruh globalisasi
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Debate
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan
belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian resensi
2. Guru menjelaskan tentang faktor-faktor resensi
3.
Guru menjelaskan tulisan sikap terhadap pengaruh globalisasi
4.
Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5.
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang tulisan pen
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok
sesuai dengan kelopmpok yang telah di bentuk
2.
Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama
siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan
tentang tulisan pengaruh terhadap globalisasi
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2. Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3. Buku
Paket PKn kelas XII Esis
4. Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5. Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1. Power
Point
2. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a. Penguasaan
Materi
b. Sistematika
dalam penyampaian materi
c. Tata
bahasanya
d. Sikap
pada saat tampil
e. Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a. 85 jika kelima aspek terpenuhi
b. 80 jika keempat aspek terpenuhi
c. 75 jika ketiga aspek terpenuhi
d. 70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427 198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh dan implikasi globalisasi
terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh dan implikasi globalisasi
terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI – KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN
SK
4. Menganalisis
Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 3
Mata Pelajara : PKn Bentuk
Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
4
|
Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap
bangsa dan negara indonesia
|
Hubungan dasar Negara dengan
konstitusi
1.
Pengertian resensi
2.
Faktor-faktor terhadap resensi
3. Tulisan Sikap terhadap pengaruh globalisasi
|
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan Pengertian resensi
2.
Menjelaskan Faktor-faktor terhadap resensi
3.
Menjelaskan Sikap dan pengaruh terhadap implikasi terhadap pengaruh
globalisasi .
|
1
2
3
|
LEMBAR
PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
SOAL
URAIAN
1. Menjelaskan Pengertian resensi
2. Menjelaskan Faktor-faktor terhadap resensi
3. Menjelaskan tulisan Sikap dan pengaruh terhadap
implikasi terhadap pengaruh globalisasi
KUNCI
JAWABAN
1.
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil
karya atau buku.
2.
a. Penulis resensi harus memahami sepenuhnya tujuan penulis aslinya
b.
Penulis resensi harus menyadari sepenuhnya maksud membuat resensi itu.
3.
Segala kegiatan seseorang yang berbicara dihadapan publik baik dalam
kegiatan seminar, kuliah, mengajar dikelas ataupun sejenis.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (4.4) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (4.4).docx Disini