|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII / 6
PROGRAM KEAHLIAN : Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengevaluasi
Dampak Globalisasi
KOMPETENSI DASAR : 4.2. Mengevaluasi
pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.
ALOKASI WAKTU
: 4 X 45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a. Bentuk-bentuk
ancaman pengaruh globalisasi dijelaskan
a.
Proses
penyesuaian masyarakat terhadap perubahan dijelaskan
b.
Dampak
globalisasi dijelaskan
B. Proses
a.
Bentuk-bentuk
ancaman pengaruh globalisasi didiskripsikan
b.
Proses
penyesuaian masyarakat terhadap perubahan dianalisis
c.
Dampak
globalisasi didiskripsikan
Afektif
A. Perilaku
Berkarakter
a.
Berfikir
kritis terhadap Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.
Secara
mandiri maupun kelompok mampu Menganalisis Proses penyesuaian masyarakat
terhadap perubahan di era globalisasi
B. Ketrampilan Sosial
a.
Mengemukakan
pendapat tentang Bentuk-bentuk ancaman
pengaruh globalisasi
b.
Menampilkan
perilaku penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
c.
Mengemukakan
pendapat tentang pengertian dampak
globalisasi
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa membuka
buku siswa dapat menjelaskan
Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat tentang perilaku
penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
tentang dampak globalisasi
B. Proses.
a.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh sikap penyesuaian
masyarakat terhadap perubahan
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a.
Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
b.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh
sikap penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
B. Ketrampilan sosial
c.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
d.
Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan prilaku penyesuaian
masyarakat terhadap perubahan
a.
Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak
globalisasi
MATERI
PEMBELAJARAN
a. Bentuk-bentuk
ancaman pengaruh globalisasi
a.
Proses
penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
b.
Dampak
globalisasi
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Debate
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan
belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan Bentuk-bentuk ancaman
pengaruh globalisasi
2. Guru menjelaskan tentang Proses
penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
3.
Guru menjelaskan tentang dampak dari globalisasi
4.
Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5.
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok
sesuai dengan kelopmpok yang telah di bentuk
2.
Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Guru
bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat
kesimpulan tentang Bentuk-bentuk ancaman pengaruh globalisasi
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1.
Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2.
Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.
Buku
Paket PKn kelas XII Esis
4.
Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.
Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA DAN BAHAN
1.
Power
Point
2.
LCD
PENILAIAN
1.
Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.
Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan
Aspek Yang Dinilai
3.
Penguasaan
Materi
4.
Sistematika
dalam penyampaian materi
5.
Tata
bahasanya
6.
Sikap
pada saat tampil
7.
Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1.
85 jika kelima aspek terpenuhi
2.
80 jika keempat aspek terpenuhi
3.
75 jika ketiga aspek terpenuhi
4.
70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI – KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN
SK.
4. Menganalisis Hubungan dasar
Negara dengan Konstitusi
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 3
Mata Pelajara : PKn Bentuk
Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/ Smt
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
3
|
1.2.
4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap
kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.
|
X / 1
|
Hubungan dasar Negara dengan
konstitusi
1.Bentuk-bentuk
ancaman pengaruh globalisasi
2.
Proses penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
|
Siswa
dapat :
1.Menjelaskan
ancaman pengaruh globalisasi
2.
Menjelaskan penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
3.
Menjelaskan dampak positif globalisai
|
1
2
3
|
LEMBAR
PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Soal
1. Sebutkan Bentuk-bentuk ancaman pengaruh
globalisasi
4.
Jelaskan Proses penyesuaian masyarakat
terhadap perubahan
5.
Jelaskan Dampak positif globalisasi
Jawaban
1. a.
Tata pergaulan
Pergaulan kelompok menengah, ABG gedongan,
eksekutif yang di bangun atas dasar gengsi biasanya kelompok ini mendefinisikan
sendiri keperluan sehari-hari.
b. Bentuk
kebebasan
Kebebasan yang menjurus kepada kepuasan
lahiriyah ,egoism, dan hedonism.
c. Tantangan
global
Pengaruh globalisasi yang positif wajib
kita serap terutama yang tidak mengakibatkan benturan dengan budaya kita.
2. a.
Pengenalan dimana seseorang mengetahui adanya inovasi itu berfungsi
b. Persuai, dimana seseorang berkenaan atau
tidak berkenaan terhadap inovasi
c. Keputusan, pemilihan untuk menerima atau
menolak inovasi
d. Konfirmasi seseorang bias mengubah
keputusanya jika ia memperoleh informasi yang bertentangan.
Dampak
positif globalisasi dibidang ekonomi yaitu adanya system perdagangan bebas dan keterbukaan
dibidang ekonomi, sehingga Negara bisa melakukan perdagangan internasional
serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (4.2) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (4.2).docx Disini