|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER :
XII / 6
PROGRAM KEAHLIAN :
Semua program keahlian
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KOMPETENSI
DASAR : 3.2. Menganalisis
Pers Yang Bebas dan Bertanggung Jawab Sesuai Kode Etik Jurnalistik Dalam
Masyarakat di Indonesia
ALOKASI WAKTU : 4 x
45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a.
Pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik. Mendeskripsikan
b.
Kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokrasi di Indonesia dianalisis
c.
Pers yang bebas dengan kode etik
jurnalistik diidentifikasi
B. Proses
a.
Menjelaskan pers yang bebas dan
bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
b.
Menjelaskan kode etik jurnalistik dalam
masyarakat demokrasi di Indonesia.
c.
Menganalisis pers yang bebas dengan kode
etik jurnalistik.
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a.
Berfikir kritis terhadap pers yang bebas
dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
b.
Secara mandiri maupun kelompok mampu menjelaskan
kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokrasi di Indonesia.
B. Ketrampilan Sosial
a. Mengemukakan
pendapat tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik
jurnalistik.
b.
Mengemukakan pendapat tentang kode etik
jurnalistik dalam masyarakat demokrasi di Indonesia.
c. Mengemukakan
pendapat tentang pers yang bebas dengan kode etik jurnalistik.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik
b.
Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang kode etik jurnalistik dalam
masyarakat demokrasi di Indonesia.
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pers
yang bebas dengan kode etik jurnalistik.
B. Proses.
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pers yang
bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat bedakan pers yang
bebas dengan kode etik jurnalistik.
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menegaskan makna kode etik jurnalistik dalam
masyarakat demokrasi di Indonesia
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna yang terkandung dalam pers
yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga)
contoh kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokrasi di Indonesia.
B. Ketrampilan
sosial
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
b. Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan pers yang bebas
dengan kode etik jurnalistik.
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokrasi di Indonesia.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat di Indonesia
A.
Pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik
B.
Kode etik jurnalistik dalam masyarakat
di Indonesia
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø
Model : Kooperatif
tipe Debate
Ø
Metode : Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam kegiatan
belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru Menjelaskan pers yang bebas dan
bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik.
2. Guru
menjelaskan kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokrasi di Indonesia
3. Guru menjelaskan Menganalisis pers yang bebas
dengan kode etik jurnalistik
4. Guru membagi 2 kelompok
yaitu kelompok pro dan kontra.
5. Guru memberikan arahan kepada siswa terkait
dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik
dalam masyarakat di Indonesia.
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta siswa untuk kembali
berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.
Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru
bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat
kesimpulan tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik
jurnalistik dalam masyarakat di Indonesia.
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1. Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2. Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3. Buku
Paket PKn kelas XII Esis
4. Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5. Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1. Power
Point
2. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1. Penguasaan
Materi
2. Sistematika
dalam penyampaian materi
3. Tata
bahasanya
4. Sikap
pada saat tampil
5. Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1. 85 jika kelima aspek terpenuhi
2. 80 jika keempat aspek terpenuhi
3. 75 jika ketiga aspek terpenuhi
4. 70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK 3.
Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.2.Menganalisis
Pers Yang Bebas dan Bertanggung Jawab Sesuai Kode Etik Jurnalistik Dalam
Masyarakat di Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK 3.
Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.2.Menganalisis
Pers Yang Bebas dan Bertanggung Jawab Sesuai Kode Etik Jurnalistik Dalam
Masyarakat di Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI
– KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI : 3. Mengevaluasi Peranan Pers Dalam
Masyarakat Demokrasi
Jenjang Pendidikan :
SMK Jumlah
Soal : 7
Mata Pelajara : PKn Bentuk
Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/ Smt
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
2
|
Menganalisis pers yang bebas dan
bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat di Indonesia
|
XII
/ 2
|
Pers yang bebas dan
bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat di Indonesia
A.
Pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode
etik jurnalistik
B.
Kode etik jurnalistik dalam masyarakat di
Indonesia
|
a.
Deskripsikan Pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik
b.
Rumuskan Kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokrasi di Indonesia
c.
Identifikasi Pers yang bebas dengan kode etik
jurnalistik
d.
Jelaskan Apakah yang dimaksud dengan kode etik
jurnalistik ? Jelaskan
e.
Bedakan, apakah yang dimaksud dengan hak tolak dan
hak jawab ? Jelaskan
f.
Jelaskan isi kode etik jurnalistik yang berkaitan
dengan pemberitaan kejahatan susila dan kejahatan anak.
g.
Jelaskan isi kode etik jurnalistik yang berkaitan
dengan cara wartawan mencari bahan berita
|
1
2
3
4
5
6
7
|
LEMBAR
PENILAIAN
(
TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
LEMBAR
PENILAIAN
(
TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
I.
URAIAN
1. Jelaskan
perbedaan teori atau sifat pers totalitarian dengan pers libertarian !
2. Jelaskan
tentang teori atau sifat pers tanggung jawab sosial !
3. Jelaskan
prinsip – prinsip pers yang bebas dan bertanggung jawab !
4. Apakah
yang dimaksud dengan kode etik jurnalistik ? Jelaskan !
5. Bedakan,
apakah yang dimaksud dengan hak tolak dan hak jawab ? Jelaskan !
6. Jelaskan
isi kode etik jurnalistik yang berkaitan dengan pemberitaan kejahatan susila
dan kejahatan anak.
7. Jelaskan
isi kode etik jurnalistik yang berkaitan dengan cara wartawan mencari bahan
berita !
Kunci
jawaban :
1
|
a. Teori Pers Totalitarian
- Falsafah teori totalitarian adalah pers sebagai
alat negara untuk menyampaikan segala sesuatu kepada rakyat.
- Adapaun
yang berhak menggunakan media adalah negara dan partai negara.
- Pers dikontrol secara ketat oleh pemerintah dan
dilarang melakukan kritik atas kebijakan ataupun tindakan negara.
- Pers menjadi corong pemerintah, bahkan pers
hanya dijadikan alat untuk kelangsungan kekuasaan negara.
b. Teori Pers Libertarian
- Falsafah teori pers lebertarian adalah pers
memberi penerangan dan hiburan dengan menghargai sepenuhnya kebebasan
individu.
- Pers bebas mengeluarkan berita, baik yang
ditujukan kepada masyarakat maupun negara.
- Campur tangan negara terhadap pers dianggap
menindas kebebasan pers.
- Negara tidak berhak mengontrol kehidupan pers,
justru pers yang menjadi alat kontrol sosial.
|
2
|
- Falsafah teori ini adalah pers memiliki tanggung
jawab sosial.
- Pers memberikan penerangan, berita, hiburan, dan
produk secara bebas, namun dilarang melanggar kepentingan orang lain dan
masyarakat.
- Para pekerja pers diharapkan memiliki kesadaran
bahwa ada tanggung jawab yang harus diemban atas kegiatan jurnalistik yang
dilakukan secara bebas.
- Setiap berita atau tulisan yang dilansir
penerbitan pers harus bisa dipertamnggungjawabkan baik secara jurnalistik,
etika, maupun hukum.
|
3
|
a. Prinsip Kebebasan Pers
1. Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi
manusia warga negara
2. Terhadap pers nasional tidak dikenakan
penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran
3. Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional
mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi
4. Dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di
depan hukum, wartawan mempunyai hak tolak, yaitu hak wartawan karena
profesinya untuk menolak mengungkapkan nama, dan atau identitas lainnya dari
sumber berita yang harus dirahasiakannya.
b. Prinsip Pertanggungjawaban Pers :
1. Pers nasional berkewajiban memberitakan
peristiwa atau opini dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan
masyarakat serta asas praduga tak bersalah.
2. Pers wajib melayani hak jawab, yaitu hak
sesorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan
terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya
3. Pers wajib melayani hak koreksi, hak setiap
orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan
oleh pers, baik tentang dirinya maupun orang lain.
|
4
|
-
Kode Etik Jurnalistik merupakan aturan norma / asas
-
mengenai perilaku dan pertimbangan moral
-
yang harus dianut dan ditaati oleh media pers dalam pemberitaannya /
siarannya.
|
5
|
- hak tolak, yaitu hak wartawan karena profesinya
untuk menolak mengungkapkan nama, dan atau identitas lainnya dari sumber
berita yang harus dirahasiakannya.
- hak jawab, yaitu hak sesorang atau sekelompok
orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa
fakta yang merugikan nama baiknya
|
6
|
- Wartawan Indonesia dalam memberitakan kejahatan
susila tidak menyebut nama dan identitas korban.
- Penyebutan nama dan identitas pelaku kejahatan
yang masih dibawah umur, dilarang.
|
7
|
- Wartawan Indonesia menempuh cara yang sopan dan
terhormat untuk memperoleh bahan berita, gambar, atau tulisan
- dan selalu menyatakan identitasnya kepada sumber
berita.
|
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (3.2) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (3.2).docx Disini