|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII /
1
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
STANDAR KOMPETENSI : 2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KOMPETENSI DASAR : 2.3.
Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintah yang berlaku di Indonesia dengan
Negara lain
ALOKASI WAKTU : 4 x
45 menit
INDIKATOR
:
Kognitif
A. Produk
1. menganalisis perbedaan system pemerintahan
NKRI dengan Negara lain
2. mengidentifikasi keunggulan system
pemerintahan NKRI dengan Negara lain
B. Proses
1. menganalisis perbedaan system pemerintahan
NKRI dengan Negara lain
2. mengidentifikasi keunggulan system
pemerintahan NKRI dengan Negara lain
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Berfikir kritis terhadap perbandingan antara
sistem pemrintahan NKRI dengan Negara lain
2. Secara mandiri maupun kelompok mampu
menguraikan keunggulan system pemrintahan NKRI
dengan Negara lain
B. Ketrampilan Sosial
1. Mengemukakan pendapat tentang perbedaan
system pemerintahan NKRI dengan Negara lain
2. Mengemukakan pendapat tentang keunggulan
system pemrintahan NKRI dengan Negara
lain
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
1. Tanpa membuka buku siswa dapat menguraikan perbedaan system pemerintahan
NKRI dengan Negara lain menurut pendapatnya sendiri
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan keunggulan system pemrintahan NKRI dengan Negara lain
B. Proses.
1. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menmbandingkan
system pemerintahan NKRI dengan Negara lain menurut pendapatnya sendiri
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan
keunggulan system pemrintahan NKRI
dengan Negara lain
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Setelah membaca buku dengan teliti dan mendengarkan penjelasan
guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang perbedaan
system pemerintahan NKRI dengan Negara lain
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan keunggulan system pemrintahan NKRI dengan Negara lain
B. Ketrampilan social
1. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang perbedaan system
pemerintahan NKRI dengan Negara lain
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang system pemerintahan
yang pernah ada di indonesia
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlangsung di
Negara Indonesia dengan negara lain:
§ Amerika Serikat
§ Inggris
§ Swiss
§ Rusia
§ Cina
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Artikulasi
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir.
Ø Guru mengadakan Tanya jawab sekitar materi
yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru mengadakan apersepsi tentang materi minggu lalu dengan
cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang sistem
pemerintahan
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan
cara meminta siswa untuk ologi membuat kesimpulan tentang system pemerintahan
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.
Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.
Buku Paket PKn kelas XII Esis
4.
Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.
Buku Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1.
Power Point
2.
Flow Chart
3.
LC
PENILAIAN
1.
Penugasan ( siswa diminta untuk membuat
rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara
bergantian pada pertemuan ke dua)
2.
Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk
Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.
Penguasaan Materi
b.
Sistematika dalam penyampaian materi
c.
Tata bahasanya
d.
Sikap pada saat tampil
e.
Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor
Penilaian
a.
85 jika
kelima aspek terpenuhi
b.
80 jika
keempat aspek terpenuhi
c.
75 jika
ketiga aspek terpenuhi
d.
70 jika
kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK. 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD
2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem
pemerintah yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK. 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD 2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintah
yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI –
KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
SK. 2. Mengevaluasi Berbagai Sistem Pemerintahan
Jenjang
Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 2
Mata
Pelajaran : PKn Bentuk Soal : Uraian
Kelas /
Semester : XII / 1 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Uraian Materi
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
3.
|
Membandingkan
pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia
|
Pelaksanaan
sistem pemerintahan yang berlangsung di Negara Indonesia dengan negara lain:
A. Amerika Serikat
B. Inggris
C. Swiss
D. Rusia
E. Cina
|
Tes
tertulis
Bentuk
soal
uraian
|
1.
Pengaruh system pemerintah Inggris terhadap Negara-negara bekas
jajahan
2.
Pelaksanan system pemerintahan di Indonesia Amerika Serikat dan di Inggris
|
1
\
2
|
LEMBAR
PENILAIAN
( tes tertulis dengan bentuk soal uraian
)
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan
singkat, jelas dan benar!
1.
Pengaruh system pemerintah Inggris
terhadap Negara-negara bekas jajahan
2.
Pelaksanan system pemerintahan di
Indonesia Amerika Serikat dan di Inggris
Kunci
Jawaban
1.
Pengaruh system pemerintah Inggris
terhadap Negara-negara bekas jajahan :
2.
Pelaksanan system pemerintahan di
Indonesia Amerika Serikat dan di Inggris
:
No
|
Indonesia
|
Amerika
Serikat
|
Inggris
|
Persamaan
|
|
|
|
Perbedaan
|
|
|
|
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (2.3) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (2.3).docx Disini