|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Produktif Perhotelan
KELAS / SEMESTER : X/ 2
PROGRAM KEAHLIAN : Akomodasi Perhotelan
STANDAR KOMPETENSI : Memproses Reservasi
KOMPETENSI DASAR : Memperbaharui Reservasi
ALOKASI WAKTU
: 10 X
45 menit
INDIKATOR :
1.
Pembayaran yang dterima dicatat secara
akurat dan diproses sesuai dengan prosedur perusahaan.
- Pembatalan dan penggantian reservasi dicatat secara
akurat sesuai dengan permintaan pelanggan dan prosedur perusahaan.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat mencatat pembayaran yang diterima secara akurat.
2. Siswa
dapat mencatat permintaan pembatalan dan penggatian reservasi
dengan akurat.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1- 6
·
Mencatat permintaan pembatalan dan
penggatian reservasi dengan akurat.
Praktek menangani pembatalan dan penggantian reservasi.
Pertemuan 7- 10
·
Mencatat pembayaran yang diterima secara akurat ( praktek
).
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Debate
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2
3
|
1- 6
|
Kegiatan Awal.
a. Orientasi
1. Greeting ( salam pembuka).
2.
Absensi
b. Apersepsi
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
2. Guru tanya- jawab tentang materi yang akan
dibahas
c. Motivasi
Ø Guru memberi semangat
agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1. Guru menjelaskan kepada
siswa tentang pembatalan
reservasi .
2.
Guru menunjukkan kepada siswa cara menangani
pembatalan reservasi .
3. Guru menjelaskan tentang penggantian
reservasi.
4. Guru menunjukkan cara menangani penggantian
rservasi.
a.
Elaborasi
*. Guru membimbing siswa
mempraktekkan cara mencatat pembatalan dan penggantian reservasi.
c. Konfirmasi
*.Siswa mempraktekkan
sendiri cara mengisi format
reservasi.
* Guru bersama –sama siswa
menyimpulkan cara yang benar dalam menangani pembatalan dan penggantian
reservasi.
Kegiatan Akhir
Ø Penutup
1. Guru memberi reward
( pujian ) kepada siswa yang mengisi dengan benar.
2. Salam penutup
|
15’
30’
15’
30’
35’
25’
35’
35’
40'
10’
|
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2
3
|
7- 10
|
Kegiatan Awal.
a. Orientasi
1. Greeting ( salam pembuka).
2.
Absensi
b. Apersepsi
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
2. Guru tanya- jawab tentang materi yang lalu
c. Motivasi
Ø Guru memberi semangat
agar siswa termotivasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
Kegiatan Inti
b.
Eksplorasi
1. Guru menjelaskan Cara menangani pembayaran
tamu
dengan ramah,sopan dan santun.
2.
Guru menunjukkan cara mencatat pembayaran secara akurat.
a.
Elaborasi
1. Guru membimbing siswa mempraktekkan cara
menangani pembayaran
tamu.
2. Guru membimbing siswa
mempraktekkan cara mencatat
pembayaran secara
akurat.
c. Konfirmasi
*.Guru bersama siswa
menyimpulkan cara yang benar dalam
menangani pembayaran
tamu secara akurat.
Kegiatan Akhir
Ø Penutup
1. Guru memberi reward
( pujian ) kepada siswa yang mempraktekkan dengan benar.
2. Salam penutup
|
10’
25’
10’
25’
30’
45’
25’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1.
BSE Akomodasi Perhotelan
Jilid 1
2.
Buku yang relevan
3.
Modul Memproses Reservasi, Dra. Adriana
MEDIA DAN BAHAN
1.
Power Point 3. Format- format reservasi
2.
LCD 4. Calculator
PENILAIAN
1.
Diskusi dan presentasi
2.
Tes tertulis
dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.
Penguasaan Materi
b.
Sistematika dalam
penyampaian materi
c.
Tata bahasanya
d.
Sikap pada saat
tampil
e.
Kerja sama dengan
pasangannya
@
Skor Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi Mata Pelajaran Reservasi
No
|
Rincian Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab
baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian
antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
Ketentuan
Penilaian
A
= Baik Sekali C = Cukup
B
= Baik D =
Kurang
Surabaya,
Juli
2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.
SUGIONO M.Pd. Dra. ADRIANA ABUBAKAR,MM.
Pembina Tk. 1
Pembina Tk. 1
NIP.
19590705 198603 1 027 NIP: 196002427 198603 2 0
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam diskusi kelompok
No.
|
Nama Siswa
|
Rincian Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
35
|
||||||||
36
|
||||||||
37
|
||||||||
38
|
||||||||
39
|
||||||||
40
|
Ketentuan Penilaian
A
= Baik Sekali Surabaya,
Juli 2012
B
= Baik Guru
Mata Pelajaran
C
= Cukup
D
= Kurang
Dra.
Adriana Abubakar
NIP
19600427 198603 2 006
Lembar Penilaian
Sikap dalam praktek
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Greeting
|
Penampilan
|
Trampil
|
Bekerja sistematis
|
Ketepatan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
35
|
||||||||
36
|
||||||||
37
|
||||||||
38
|
||||||||
39
|
||||||||
40
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85
jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80
jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75
jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70
jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI
– KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
SK . Memproses Reservasi
Jenjang Pendidikan
: SMK Jumlah
Soal : Bentuk
Soal : Uraian
Kelas /
Semester : X / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
1
|
Memperbaharui Reservasi
|
1. Mencatat permintaan
Pembatalan dan
penggatian reservasi
dengan akurat.
2. Mencatat pembayaran
yang diterima secara
akurat
|
Siswa dapat :
1. Menyebutkan perubahan apa saja yang biasanya dilakukan
oleh tamu.
2 . Menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan dalam
menangani perubahan pemesanan kamar.
3. Menjelaskan pengertian dari:
a. “Cancelation of Reservation”
b. Tanda ++ dan “ Net” pada harga kamar.
c. Guaranteed Arrival.
d. T or P.
|
1
2
3
|
LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK
SOAL URAIAN )
SOAL URAIAN
1. Sebutkan perubahan apa
saja yang biasanya dilakukan oleh tamu
2. Sebutkan
langkah-langkah yang dilakukan dalam menangani perubahan pemesanan kamar.
3. .
Menjelaskan pengertian dari:
a. “Cancelation of Reservation”
b. Tanda ++ dan “ Net” pada harga kamar.
c. Guaranteed Arrival.
d. T or P.
KUNCI JAWABAN
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP Reservation 3 dengan cara klik tulisan disini :
RPP Reservasi 3.docx Disini