Pengertian Reservasi Perorangan,
Rombongan dan Konferensi
1.
Reservasi Perorangan (individual Reservation)
Individual reservation adalah pemesanan kamar untuk
seorang calon tamu, pasangan, atau sebuah keluarga.
Reservasi ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau agen. Harga yang
diberikan adalah harga normal atau harga paket (Normal Rates/Package
Rates/Family Plan Rates).
2.
Reservasi Rombongan/Tour (Group/Tour Reservation)
Group/Tour Reservation adalah pemesanan kamar yang
umumnya dibuat oleh agen/biro perjalanan untuk para pelanggannya. Pesanan
dibuat untuk tamu yang datang berombongan. Seringkali harga yang diberikan
adalah harga diskon (Discounted Rates/Group Rates).
3.
Reservation Konferensi (Conference Reservation)
Conference reservation adalah pemesanaan kamar untuk
sebuah rombongan yang akan melakukan eksibisi atau pertemuan dihotel. Reservasi ini umumnya
dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan, atau suatu asosiasi. Harga yang
diberikan untuk reservasi konferensi adalah harga komersial (Commercial
Rates). Data reservasi untuk tamu rombongan dimasukan kedalam formulir
tersendiri (Group Reservation Form). Sedangkan data reservasi perorangan dimasukan
kedalam formulir Individual Reservation Form.
Di dalam bagian reservasi biasanya dibutuhkan formulir-formulir dan
peralatan sebagai berikut :
Formulir :
·
Reservation form
·
Group
Reservation form
·
Reservation
chart
·
Dencity chart
·
Stop Go Chart
·
Reservation slip
·
Reservation
Confirmation letter
·
Reservation
change/cancel form
·
Today’s expected
Arrival list
Peralatan :
·
Reservation rack
·
Reservation
chart board
·
Computer
·
Facsimile
·
Telephone
·
Filling cabinet
·
Tables
Klasifikasi Reservasi
Dalam dunia
perhotelan, kamar adalah produk yang tidak tahan lama ( perishable ), dimana
kamar yang tidak terjual hari ini tidak dapat dijual kembali pada hari lain.
Setiap kamar yang ada dihotel hanya dapat dijual (disewa) sebanyak 365 malam
selama satu tahun. Dengan demikian kamar yang tidak terjual setiap harinya
merupakan kerugian bagi hotel. Lain halnya dengan produk lain seperti yang ada
di bar. Petugas bar dapat menjual produk yang tidak laku pada hari ini pada
hari lain.
Tugas
seksi/bagianj reservasi adalah memastikan bahwa kamar-kamar hotel dapat dipesan
oleh calon tamu jauh hari sebelum mereka datang. Hotel tidak mungkin hanya
mengandalkan tamu-tamu yang datang tanpa pesan kamar dahulu ( walk
in guest ). Lagi pula tren kebutuhan perjalanan dewasa ini menetapkan
reservasi kamar sebagai prioritas utama. Dengan mengadakan reservasi kamar
sebelum tamu datang, semua kebutuhan akomodasi dapat diprediksi dan siapkan
secara matang. Disamping itu, pihak hotel akan dapat menyiapkan kamar dan
kebutuhan lainnya dengan lebih baik.
Dilihat dari
sumbernya, reservasi dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:
4.
Reservasi Perorangan (individual Reservation)
Individual reservation adalah pemesanan kamar untuk
seorang calon tamu, pasangan, atau sebuah keluarga.
Reservasi ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau agen. Harga yang
diberikan adalah harga normal atau harga paket (Normal Rates/Package
Rates/Family Plan Rates).
5.
Reservasi Rombongan/Tour (Group/Tour Reservation)
Group/Tour Reservation adalah pemesanan kamar yang
umumnya dibuat oleh agen/biro perjalanan untuk para pelanggannya. Pesanan
dibuat untuk tamu yang datang berombongan. Seringkali harga yang diberikan
adalah harga diskon (Discounted Rates/Group Rates).
6.
Reservation Konferensi (Conference Reservation)
Conference reservation adalah pemesanaan kamar untuk
sebuah rombongan yang akan melakukan eksibisi atau pertemuan dihotel. Reservasi ini umumnya
dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan, atau suatu asosiasi. Harga yang
diberikan untuk reservasi konferensi adalah harga komersial (Commercial
Rates). Data reservasi untuk tamu rombongan dimasukan kedalam formulir
tersendiri (Group Reservation Form). Sedangkan data reservasi perorangan dimasukan
kedalam formulir Individual Reservation Form.
Jenis-jenis/Tipe dan Garansi Reservasi
Kegiatan
reservasi yang terjadi antara calon tamu sebagai pemesan dan hotel sebagai
penyedia layanan pada prinsipnya mengandung suatu kesepakatan yang harus
ditaati oleh kedua pihak. Calon tamu mengajukan permintaan jenis dan jumlah
kamar, pada tanggal dan untuk jangka waktu tertentu disertai dengan
permintaan-permintaan tertentu. Sementara itu pihak hotel menyepakati atau
menolak permintaan tersebut. Hotel akan menerima permintaan apabila kamar yang
di pesan tersedia. Sebaliknya apabila kamar yang dipesan tidak tersedia maka
permintaan calon tamu akan ditolak
setelah sebelumnya diberikan alternatif-alternatif lain. Permintaan
dapat disampaikan oleh calon tamu melalui berbagai macam media, baik secara
lisan maupun tertulis. Konfirmasi reservasi oleh pihak hotel sebagian besar
dilakukan secara tertulis. Hal terpenting dalam proses reservasi adalah adanya
komitmen bahwa kamar yang telah dipesan akan dipesan pada waktu kedatangan.
Untuk
memudahkan penanganannya, reservasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu
Reservasi Bergaransi (Guaranteed Reservation) dan Reservasi tidak Bergaransi (Non-Guaranteed
Reservation). Berikut ini penjelasan selengkapnya.
1. Reservasi Bergaransi
Resevasi
bergaransi atau guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan
jaminan. Tujuan dari penjaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari
pihak hotel atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Jaminan diperlukan oleh
hotel untuk meminimalisasi kemungkinan kerugian hotel akibat tidakan tamu yang
telah memesan kamar tetapi tidak datang tanpa pemberitahuan (no show).
Sistem
jaminan juga sangat efektif diterapkan terutama saat tingkat hunian kamar
sedang tinggi. (Peak Seaswon/High Season).
Suatu
reservasi dapat dikatakan digaransi apabila telah diberikan jaminan yang
berupa:
1.
Pre-payment
Adalah pembayaran yang dilakukan oleh
para calon tamu untuk sejumlah harga
kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan
fasilitas/menepati kamar itu.
2.
Credit Card
Jaminan pemesanan kamar dengan mengunakan
tagihan kartu kredit. Pada saat reservasi petugas hanya menanyakan nama dan
nomor kartu kredit. Ini hal yang paling umum digunakan untuk saat ini.
3.
Advance
Deposit
Jaminan pembayaran yang
dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepda pihak hotel dalam jumlah tertentu,
paling sedikit harga kamar untuk satu malam atau lebih, dan kurang dari harga
keseluruhan selama tinggal.
4.
Kontrak
Kesepakatan (Corporate)
Jaminan yang disertai kesepakatan kontrak
antara pihak hotel dangan suatu perusahaan, sebuah bentuk kerjasama dimana
perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel.
Pembayaran tersebut dilakukan apabila kamar digunakan ataupun tidak digunakan.
5.
Agen
Perjalanan (Travel Agent)
Adalah
penjaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak agen perjalanan. Alat yang dipakai untuk penjaminan berbentuk voucher.
2. Reservasi Tidak bergaransi
Reservasi
tidak bergaransi atau non-guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar
yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya memastikan kamar yang
telah dipesan tersedia sampai pada batas waktu yang telah ditentukan saat
tanggal kedatangan. Biasanya batas waktu tersebut adalah pukul 18.00 waktu
setempat. Hal ini sering disebut juga dengan istilah state reservation cancellation
time.
Reservasi Rombongan
Bergaransi
Resevasi
rombongan bergaransi atau guaranteed reservation group adalah suatu pemesanan
kamar yang disertai dengan jaminan oleh pihak agen, perusahaan, organisasi.
Tujuan dari penjaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari pihak hotel
atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Jaminan diperlukan oleh hotel untuk
meminimalisasi kemungkinan kerugian hotel akibat tidakan tamu yang telah
memesan kamar tetapi tidak datang tanpa pemberitahuan (no show). Sistem jaminan
juga sangat efektif diterapkan terutama saat tingkat hunian kamar sedang
tinggi. (Peak Seaswon/High Season).
Suatu
reservasi dapat dikatakan digaransi apabila telah diberikan jaminan yang
berupa:
6.
Pre-payment
Adalah pembayaran yang dilakukan oleh
para calon tamu rombongan untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan
selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menepati kamar itu.
7.
Credit Card
Jaminan pemesanan kamar dengan mengunakan
tagihan kartu kredit. Pada saat reservasi petugas hanya menanyakan nama dan
nomor kartu kredit. Ini hal yang paling umum digunakan untuk saat ini.
8.
Advance
Deposit
Jaminan pembayaran yang
dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepda pihak hotel dalam jumlah tertentu,
paling sedikit harga kamar untuk satu malam atau lebih, dan kurang dari harga
keseluruhan selama tinggal.
9.
Kontrak
Kesepakatan (Corporate)
Jaminan yang disertai kesepakatan kontrak
antara pihak hotel dangan suatu perusahaan, sebuah bentuk kerjasama dimana
perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel.
Pembayaran tersebut dilakukan apabila kamar digunakan ataupun tidak digunakan.
10. Agen Perjalanan (Travel Agent)
Adalah
penjaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak agen perjalanan. Alat yang dipakai untuk penjaminan berbentuk voucher.
Sistem
Penanganan Reservasi
A. Sistem Reservasi secara manual
Sistem
penanganan reservasi dengan cara manual adalah dengan sebagai berikut :
1.
Seluruh informasi pemesanan kamar dicatat pada Formulir
Reservasi (Reservation Form). Data reservasi kemudian dipindahkan pada slip
atau buku Harian Reservasi (Reservation Slip/Diary)
2.
Tabel yang digunakan biasanya adalah Conventional
Reservation Chart (CRC) atau Density Chart dimana seluruh pemesanan kamar yang
telah diterima dimasukan pada table tersebut berdasarkan bulan.
B. Penanganan Reservasi dengan Sistem Komputer
Computerized
System dapat digunakan sebagai bagian dari manual
System. Informasi data pemesanan kamar dicatat pada Formulir pemesanan
kamar secara manual dan kemudian data tersebut dipidahkan kedalam computer.
Sebuah sisrem
resercasi dengan computer tidak hanya untuk mengontrol room availability tetepi
juga untuk memproses seluruh data reservasi. Saat reservasi diterima, semua
data dimasukan kedalam sistem komputer. Hal ini memungkinkan untuk menjaga agar
seluruh data reservasi tetep akurat., yang berguna untuk pengawasan kamar yang
tersedia. Pada beberapa kasus, computer reservasi dapat diprogam untuk secara
otomatis menolak permintaan reservasi bila hotel sedang fully booked, dan dapat
langsung membuat daftar tunggu (waiting list) bila terjadi
pembatalan reservasi.
C. Permintaan Reservasi dan Menentukan Ketersediaan Kamar
1. Permintaan Reservasi
Reservation Inguiries
Adalah permintaan reservasi dari para pelangan. Untuk menghadapi permintaan
reservasi, petugas harus mengumpukkan informasi atau data tentang calon tamu
dan orang yang memesan kamar. Informasi
yang diperlukan oleh hotel antara lain :
1. Nama
tamu
|
7. Harga
kamar
|
2. Alamat
dan nomor telepon
|
8. Jumlah orang yang akan
menginap
|
3 Nama Perusahaan atau Biro
Perjalanan
|
9. Cara pembayaran
|
4. Tanggal
kedatangan
|
10.
Permintaan khusus
|
5. Tanggal
keberangkatan
|
11. Nama
pemesan/orang yang akan dihubungi untuk tindak lanju
|
6. Jenis dan jumlah
kamar yang diminta
|
|
Informasi yang telah diperoleh akan dimasukan kedalam
formulir Pemesanan Kamar atau Komputer Terminal.
1. Memeriksa
Kamar yang Tersedia
Sebelum menerima suatu
permintaan reservasi kamar, yang tersedia (checking room availability) pada
tabel kontrol reservasi. Adapun bentuk tabel control reservasi terdiri dari
beberapa macam, antara lain :
a. Papan Perkiraan Kamar
Forecast
board atau papan keadaan kamar untuk masa yang akan datang bentuknya menyerupai
sebuah kalender. Papan data keadaan kamar dimasa mendatang ini biasanya
ditampilkan dalam priode untuk 4 bulan kedepan dan tanggal yang tertera
mewakili informasi tentang status kamar.
b. Tabel
Reservasi (Reservation Chart)
Banyak hotel
mengunakan Reservation Chart atau tabel pemesanan kamar. Tabel tersebut digunakan untuk
menampilkan dan mendata kamar yang tersedia. Resevation chart dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu Conventional
Chart dan Density Chart. Stop Go Chart.
1.
Conventionsl chart.
Conventional Chart umumnya dipergunakan
pada hotel kecil yang jumlah kamarnya tidak terlalu banyak. Dari tabel
konvensional dapat diketahui jumlah kamar yang terisi dan kamar yang sudah
dipesan. Tabel ini tidak memungkinkan untuk dipergunakan dihotel besar karena
akan menghabiskan kertas cukup banyak. Selain itu, dengan jumlah kamar yang banyak,
pekerjaan mengisi data akan menjadi lama dan kurang efektif. Oleh karena itu
hanya hotel-hotel dengan jumlah kamar yamg sedikit saja yang mengunakan tabel
ini. Prosedur pengisian conventional
chart adalah sebagai berikut :
a.
Pengisian dan perubahan harus dilakukan dengan pensil.
b.
Perhatikan nomor kamar yang akan dialokasikan sebelum
memberikan konfirmasi.
c.
Pemberian tanda alokasi dengan strip anak panah mulai
dari tanggal tiba sampai tanggal berangkat, sedangkan diatas tanda strip
dituliskan nama tamu dengan pensil.
d.
Dalam penulisan nama tamu, jabatan atau nama pemberi
tidak perlu ditulis, cukup dengan nama keluarga (surname)
e.
Bila terdapat pesanan pendek satu atau dua hari saja dan
tidak memungkinkan untuk menulis nama tamu secara lengkap, maka cukup diisi
dengan NOMOR FOLIO pada buku harian (F2, F3, dan seterusnya).
f.
Harus dilakukan perbaikan bila terjadi perubahan dan
keluarkan dari tabel bila terjadi pembatalan
Kelebihan
dari conventional chart:
a.
Nomor kamar dapat ditentukan sebelum tamu tiba.
b.
Lebih mudah untuk melihat kamar yang masih dapat dijual.
c.
Nama para tamu dapat dilihat dengan jelas.
d.
Sangat efektif untuk hotel kecil.
e.
Menyita banyak
paperwork
Kelemahan
a.
Kelebihan
pemesanan kamar tidak bias dilihat.
b.
Memerlukan waktu
lama untuk memasukan atau mengubah data
c.
Sulit untuk
menentukan kamar.
2.
Dencity chart.
Hotel-hotel menengah biasanya
mempergunakan tabel peme-sanan kamar yang berbentuk Density/Room Control Sheet.
Kedua tabel, baik konvensional maupun density, pada dasarnya memiliki tujuan
yang sama, yaitu untuk menyimpan data tamu yang mengadakan pemesanan. Dari
density chart dapat diketahui jumlah pemesanan kamar yang telah diterima dan
jumlah kamar yang masih dapat dipesan. Pada density chart, saat reservasi kamar
belum bisa ditentukan. Kamar baru ditentukan minimum satu hari sebelum tanggal
kedatangan tamu.
Cara pengisian Density chart:
a.
Pengisian
dilakukan dengan pensil.
b.
Mempergunakan tanda strip atau garis pada
kolom yang sudah ditentukan (/).
c.
Pengisian
dimulai dari tanggal tiba sampai satu hari sebelum berangkat.
d.
Pengisian
dimulai dengan garis yang mengikuti tempat yang kosong dibawah tempat yang
sudah terisi.
e.
Pada density
chart tidak perlu diisi tanda panah atau menulis seperti pada conventional
chart.
f.
Bila terjadi
pembatalan, tanda garis dapat dihapus mulai dari tanda yang terakhir.
3.
Stop go Chart
Bagan ini diciptakan untuk mempermudah
pekerjaan petugas pemesanan kamar ( Reservationist ) di hotel-hotel yang
berstatus reseort. Sebagai hotel non-bisnis, biasanya hotel resort sudah
mengetahui saat-saat hotel penuh maupun pada waktu hotel sedang sepi. Stp go
chart memiliki sejumlah cirri khusus, di antaranya :
·
Sangat cocok
untuk kategori resort hotel
·
Pengalokasiaan
kamar menjadi sangat mudah pada waktu high season.
·
Data isian plan/chart untuk masa satu tahun.
c. Sistem
Komputerisasi Reservasi
Program reservasi menyajikan
laporan paling aktual tentang
status
kamar, tingkat hunian kamar, memungkinkan untuk mengeluarkan secara cepat
posisi kamar yang kosong, serta keperluan reservasi lainnya.
Pada sistem
computer, room Availability untuk reservasi akan ditampilkan pada Visual
Display Unit (VDU) pda Computer Terminal atau lembar
cetakan (Printed).
Today’s
date: 1 January
Total Number of Room : 105
Room Available
1/1 -3 21 26 5
2/1 -2 21 11 5
3/1 -2 22 14 4
4/1 4 19 12 5
5/1 3 20 17 3
|
Example Laporan Ketersediaan Kamar (Sistem
Komputerisasi )
d. Menerima atau menolak Permintaan Pemesanan Kamar
Setelah
memeriksa kamar yang sudah dipesan oleh tamu, petugas reservasi mendapat dua
opsi, yaitu menerima atau menolak pemesanan kamar itu. Jika kamar tersedia, permintaan
pemesanan kamar akan diterima. Petugas reservasi kemudian melakukan proses
pendataan reservasi sesuai dengan sistem yang berlaku dihotel, apakah dengan
formulir reservasi atau dengan pengolahan data melalui computer terminal.
Sebaiknya, apabila kamar yang diinginkan tamu tidak tersedia, petugas perlu
memberikan berbagai alternatif pilihan kepada calon tamu, seperti menawarkan
kamar lain, masuk daftar tunggu, pindah kamar setelah satu hari kedatangan,
ataupun menawarkan hotel lain yang sejenis. Bila segala pilihan alternatif yang
diberikan tidak diterima oleh tamu, maka pemesanan kamar tersebut akan ditolak.
Ada beberapa alasan yang umum mengapa suatu
pemesanan kamar ditolak :
1.
Kamar yang dipesan tidak tersedia.
Pihak hotel
tidak dapat mengabulkan permintaan calon tamu, seperti jenis kamar, tanggal yang
diminta, dan fasilitas lain karena kamar tidak tersedia.
2.
Kamar hotel
telah habis dipesan (fully booked)
Hotel mengalami fully booked atau kamar
penuh sehingga
pemesanan kamar tidak
dapat diterima lagi. Hal ini biasanya terjadi saat musim ramai (peak season)
3.
Tamu masuk dalam daftar hitam.
Black listed
guest adalah calon tamu yang sebelumnya telah diketahui memiliki reputasi buruk
sebagai tamu pada masa lalu dihotel tersebut. Tamu dimasukkan dalam klasifikasi
ini bila terkait dengan masalah pembayaran rekening atau hal lain yang dianggap
merugikan hotel.
Media dan Sumber Reservasi
Media
reservasi adalah alat, media, metode, atau cara yang digunakan oleh calon tamu dalam melakukan
pemesanan kamar. Media yang digunakan untuk proses reservasi antara lain:
1.
Telepon
2.
Surat
3.
Faksimili
4.
E-mail
(Electronic mail melalui jaringan internet)
5.
Computer Terminal
6.
Personal
(tamu datang langsung)
Sumber reservasi adalah orang atau
pihak-pihak yang menjadi sumber datang reservasi. Sumber-sumber ini sebagian
besar telah memiliki jalinan kerjasama yang dituangkan dalam bentuk kontrak
kerjasama
Sumber
reservasi bagi hotel meliputi:
1.
Perorangan
Setiap orang yang yang mengadakan reservasi
merupakan sumber pemesanan bagi
hotel, baik pesanan untuk perorangan maupun rombongan.
2.
Perusahaan Penerbangan (Airline)
Perusahaan penerbangan
sering memesan kamar hotel untuk :
a.
Para penumpang, yaitu apabila ada penundaan keberangkatan
pesawat yang mengharuskan para penumpang menginap. Dalam hal ini perusahaan
penerbangan akan menanggung semua biaya akomodasi untuk penumpangnya.
b. Para awak pesawat yang
singgah dan bermalam disuatu kota, terdiri dari kapten, pilot, co-pilot,
pramugari, teknisi, dan lain sebagainya. Karena kegiatan mereka sudah
ter-jadwal, maka hotel pun dapat dengan mudah mengalokasikan kamar-kamar untuk
mereka.
3.
Biro Perjalanan (Travel Bureau)
Biro perjalanan merupakan sumber pemesanan kamar yang
amat potensial bagi hotel. Dalam kegiatannya, biro
perjalanan menjual paket wisata yang di dalamnya termasuk akomodasi. Pemesanan
hotel dilakukan biro perjalanan apabila:
a.
Tamu membeli
paket wisata yang meliputi akomodasi didalamnya. Dalam hal ini biro perjalanan
akan mendapatkan keuntungan dari harga kamar khusus.
b.
Tamu meminta biro perjalanan untuk memesankan kamar saja
tanpa membeli paket wisata. Dalam hal ini biro perjalanan juga akan mendapatkan
komisi atas jasa atau rekomendasinya. Komisi yang diberikan hotel kepada biro
perjalanan untuk jasa ini bervariasi, dari 10 hingga 15 persen dari harga kamar
sebelum ditambahkan pajak dan pelayanan (tax & service).
4.
Company/Corporate
Sudah cukup lazim dalam dunia bisnis, perusahaan
menugaskan manajemen dan karyawan untuk tugas keluar, baik dalam lingkup
nasional maupun internasional. Untuk keperluan akomodasi, perusahaan tersebut
akan memesankan kamar hotel ditempat tujuan. Selain itu, perusahaan dapat
juga memesankan kamar untuk tamu-tamunya.
5.
Pemerintah (Government)
Pemerintah memesankan kamar hotel untuk para pejabat
yang sedang dalam perjalanan dan mengharuskan mereka menginap, ataupun untuk
para tamu negara yang datang dari mancanegara. Pembayaran pesanan jenis ini
sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.
6.
Kantor Pemesanan Pusat (Central Reservation Office)
CRO adalah sebuah kantor jaringan pemesanan kamar yang
memiliki kerjasama dengan hotel-hotel diseluruh dunia.
CRO dibedakan menjadi
dua jenis, antara lain:
a.
Affiliate
Reservation Network
Yaitu jaringan pemesanan kamar untuk
hotel yang memiliki mata rantai (hotel chain) dengan sistem reservasi online,
seperti Holidex (Holiday Inn Group), Maxial (Hyatt Group), Accor (Novotel
Group).
b.
Non-affiliate
Reservation Network
Yaitu jaringan pemesanan kamar yang tidak
terikat pada mata rantai hotel atau independent, seperti LHW (Leading hotel of
the World), SRS (Steigenberger Reservation Service), dan lain sebagainya.
7.
Perwakilan Hotel di Bandara (Airport Representatives)
Hotel seringkali menempatkan karyawannya untuk
menjemput tamu yang akan tiba dibandara. Disamping itu petugas ini juga
bertugas mencari tamu yang belum mendapatkan hotel untuk menginap.
8.
Perusahaan Penyewaan mobil (Airport Representatives)
Di negara-negara barat, perusahaan penyewaan mobil
menjadi sumber pemesanan kamar yang cukup prospektif. Para pelancong yang ingin
menggadakan perjalanan menggunakan mobil dapat sekaligus memesan kamar.
Perusahaan penyewaan mobil kemudian memesankan kamar ke hotel-hotel yang
biasanya menjadi partnernya.
9.
Penyelenggara Acara (Event Organizer)
Penyelenggara acara berhubungan dengan para pelangan
yang sering membutuhkan akomodasi, misalnya rombongan konfe-rensi. Kesempatan
ini dapat dimanfaatkan event organizer untuk memesankan
akomodasi untuk mereka.
makasih infonya salam kenal
BalasHapus,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
HapusAslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
///////////////
mau nanya ini menurut siapa ya ? apakah menurut para ahli, atau tidak ?
BalasHapusyah sayangnya gak bisa di copas gan, hehe :)
BalasHapusblock aja semua kata truss tinggal pencet ctrl+c ...... bisa kok :p
HapusPELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
BalasHapusInformasi Peminjam:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddyloancompany@gmail.com
Halo,
BalasHapusApakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________
silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.
Tanya Min.. di report cara pembayaran kayak apa input data nya min..:v misalnya pake kartu ATM.. thx Min :v
BalasHapusakhirnya bisa nambah ilmu lagi nih
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusAPAKAH ANDA TERTARIK DENGAN PINJAMAN? PERDAGANGAN HUTAN? BITCOININVESTMENT? INVESTASI BINARY? Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.
BalasHapusHUBUNGI KAMI HARI INI:
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491
CEO Tel.: +1(914)705-7484
Facebook: Rika Anderson Elfrida
Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
Twitter: #Rikaanderson
Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001
APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN ASLI YANG TERJANGKAU HARI INI?
BalasHapusApakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena pendanaan yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di area tertentu spesialisasi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! hubungi saya melalui email; (fariamichael67@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-810-214-0980
Kami telah menyediakan lebih dari $ 1 Miliar dalam pinjaman bisnis untuk lebih dari 13.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.
Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami dijamin dan dijamin 100%, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah perusahaan pinjaman yang memiliki reputasi baik, sah, dan terakreditasi. Kami meminjamkan kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan uang tunai.
Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui email di; (fariamichael67@gmail.com)
Whatsapp: + 1-810-214-0980
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
BalasHapusApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Salam Hormat
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
BalasHapusApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijak.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
Salam Hormat
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Aplikasinya jelek gak bermutu,,,,,palpale palpale
BalasHapusGue kesini cuma nyari aplikasi ff
BalasHapus