|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII / 6
PROGRAM KEAHLIAN : Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengevaluasi
Dampak Globalisasi
KOMPETENSI DASAR : 4.3. Menentukan
sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
indonesia.
ALOKASI WAKTU
: 2 x 45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a. Dampak
globalisasi dijelaskan
b. Pengertian
globalisasi dijelaskan
c. Sikap
terhadap pengaruh globalisasi dijelaskan
B. Proses
a. Dampak
globalisasi didiskripsikan
b. Pengertian
globalisasi didiskripsikan
c. Sikap
terhadap pengaruh globalisasi dianalisis
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Berfikir
kritis terhadap makna globalisasi
b. Secara
mandiri maupun kelompok mampu Menganalisis sikap terhadap pengaruh globalisasi
B. Ketrampilan Sosial
a. Mengemukakan
pendapat tentang dampak globalisasi
b. Menampilkan
perilaku yang sesuai terhadap pengaruh globalisasi
c.
Mengemukakan pendapat tentang pengertian
globalisasi
d. Mengemukakan
pendapat tentang sikap terhadap pengaruh globalisasi
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan makna globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat tentang sikap
terhadap pengaruh globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang
dampak globalisasi
B. Proses
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
pengertian globalisasi
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak globalisasi
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh sikap terhadap pengaruh
globalisasi
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna globalisasi
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh
sikap pengaruh dari globalisasi
B. Ketrampilan sosial
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang globalisasi
b. Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan pprilaku positif
dari dampak globalisasi
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak
globalisasi
MATERI
PEMBELAJARAN
a. Dampak globalisasi
b. Pengertian globalisasi
c.
Sikap terhadap pengaruh globalisasi
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Debate
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan
belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian globalisasi
2. Guru menjelaskan tentang dampak globalisasi
3.
Guru menjelaskan sikap positif terhadap pengaruh globalisasi
4.
Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5.
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang dampak globalisasi
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok
sesuai dengan kelopmpok yang telah di bentuk
2.
Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama
siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan
tentang dampak globalisasi
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Paket PKn kelas X Yudistira
2. Buku
Paket PKn kelas X PT Galaksi Puspa Mega
3. Buku
Paket PKn kelas X Esis
4. Buku
Paket PKn X Tiga Serangkai
5. Buku
Paket PKn X Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1. Power
Point
2. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
(siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1. Penguasaan
Materi
2. Sistematika
dalam penyampaian materi
3. Tata
bahasanya
4. Sikap
pada saat tampil
5. Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1. 85 jika kelima aspek terpenuhi
2. 80 jika keempat aspek terpenuhi
3. 75 jika ketiga aspek terpenuhi
4. 70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI – KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN
SK.
4. Menganalisis Hubungan dasar
Negara dengan Konstitusi
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 3
Mata Pelajara : PKn Bentuk
Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/ Smt
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
3
|
1.2.
4.1.Menentukan
sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
indonesia
|
X / 1
|
Hubungan dasar Negara dengan
konstitusi
1.
Pengertian globalisasi
2.
Pengertian dampak globalisasi
3.
Sikap dan pengaruh terhadap implikasi terhadap pengaruh globalisasi
|
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan Pengertian globalisasi
2.
Menjelaskan dampak positif globalisai
3.
Menjelaskan Sikap dan pengaruh terhadap implikasi terhadap pengaruh
globalisasi .
|
1
2
3
|
LEMBAR
PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Soal
uraian
1. Jelaskan
Pengertian globalisasi
2. Jelaskan
dampak positif globalisai
3. Jelaskan
Sikap dan pengaruh terhadap implikasi terhadap pengaruh globalisasi
Kunci
jawaban
1. Suatu
proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak
tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata.
2. a. Di bidang ekonomi
Terbentuknya pasar internasional
bagi hasil produksi dalam negeri
b. Di bidang politik
Meningkatnya partisipasi rakyat dalam pemerintahan
c. Di bidang sosial budaya
Meningkatnya pembelajaran mengenai
tata nilai sosial budaya
3. a. Sikap
perjuangan bangsa indonesia
b. Wawasan
dan kesadaran bernegara
c. Sikap
prilaku cinta tanah air
d. Mengutamakan
persatuan dan kesatuan bangsa dan negara
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (4.3) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (4.3).docx Disini