|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER :
XII / 6
PROGRAM KEAHLIAN :
Semua program keahlian
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KOMPETENSI
DASAR : 4.1. Mendiskripsikan
proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a. Pengertian
globalisasi dijelaskan
b. Aspek-aspek
globalisasi dijelaskan
c. Dampak
globalisasi dijelaskan
B. Proses
a. Pengertian
globalisasi didiskripsikan
b. Aspek-aspek
globalisasi dianalisis
c. Dampak
globalisasi didiskripsikan
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Berfikir
kritis terhadap makna globalisasi
b. Secara
mandiri maupun kelompok mampu Menganalisis aspek-aspek globalisasi
B. Ketrampilan Sosial
a. Mengemukakan
pendapat tentang dampak globalisasi
b. Menampilkan
perilaku yang sesuai terhadap pengaruh globalisasi
c.
Mengemukakan pendapat tentang pengertian
globalisasi
d. Mengemukakan
pendapat tentang aspek-aspek globalisasi
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a. Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan makna globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat tentang aspek-aspek
globalisasi
- Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
tentang dampak globalisasi
B. Proses
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan
pengertian globalisasi
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak globalisasi
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh sikap terhadap pengaruh
globalisasi
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna globalisasi
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat memberikan contoh
sikap pengaruh dari globalisasi
B. Ketrampilan sosial
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang globalisasi
b. Setelah
membaca buku siswa mampu menampilkan sikap yang mencerminkan prilaku positif
dari dampak globalisasi
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak
globalisasi
MATERI
PEMBELAJARAN
a. Pengertian globalisasi
b.
Aspek-aspek globalisasi
c.
Dampak globalisasi
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
Kooperatif tipe Debate
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan
belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian globalisasi
2. Guru menjelaskan tentang aspek-aspek globalisasi
3.
Guru menjelaskan tentang dampak dari globalisasi
4.
Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5.
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang dampak globalisasi
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok
sesuai dengan kelopmpok yang telah di bentuk
2.
Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapatnya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama
siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan
tentang dampak globalisasi
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.
Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi
Puspa Mega
3.
Buku Paket PKn kelas XII Esis
4.
Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.
Buku Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1.
Power Point
2.
LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1. Penguasaan
Materi
2. Sistematika
dalam penyampaian materi
3. Tata
bahasanya
4. Sikap
pada saat tampil
5. Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1. 85 jika kelima aspek terpenuhi
2. 80 jika keempat aspek terpenuhi
3. 75 jika ketiga aspek terpenuhi
4. 70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian
Sikap dalam Diskusi PKn
SK 4. Mengevaluasi Dampak Globalisasi
KD
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI – KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN
SK.
4. Menganalisis Hubungan dasar
Negara dengan Konstitusi
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah
Soal : 3
Mata Pelajara : PKn Bentuk
Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 2 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/ Smt
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
3
|
1.2.
4.1.Mendiskripsikan
proses,aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
X / 1
|
Hubungan dasar Negara dengan konstitusi
1.
Pengertian globalisasi
2.
Aspek-aspek globalisasi
3.
Sikap terhadap pengaruh globalisasi
|
Siswa
dapat :
1.
Menjelaskan Pengertian globalisasi
2.
Menjelaskan Aspek-aspek globalisasi
3.
Menjelaskan dampak positif globalisai
|
1
2
3
|
LEMBAR
PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Soal
1. Apa
yang dimaksud dengan globalisasi
2. Sebutkan
aspek-aspek globalisasi
3. Jelaskan
dampak positif globalisasi di bidang ekonomi
4. Bagaimana
tanda-tanda globalisasi
Jawaban
1. Globalisasi
adalah sebagai kegiatan atau prakarsa yang menimbulkan dampak melampaui
batas-batas kebangsaan dan kenegaraan.
2.
a. Aspek
ipoleksosbud
b. Konsekuensi
lahirnya globalisasi
c. Sumber
daya manusia yang handal
d. Liberalisasi
dibidang ekonomi
3. Dampak
positif globalisasi dibidang ekonomi yaitu adanya system perdagangan bebas dan
keterbukaan dibidang ekonomi, sehingga Negara bisa melakukan perdagangan
internasional serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian Negara.
4. a.
Secara fisik aka nada batas transaksi
ekonomi dan layanan serta slaling mempengaruhi export-impor bebas.
b. Secara mental ditandai adanya liberalisasi
perdagangan dengan segala konsekuensinya dan globalisasi ideologi
c.
Teknik informasi dan komunikasi cenderung semakin terbuka, demokratis, dan
partisipatif.
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (4.1) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (4.1).docx Disini