|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII / 6
PROGRAM KEAHLIAN :
Semua program keahlian
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Mengevaluasi Peranan Pers Dalam
Masyarakat Demokrasi
KOMPETENSI
DASAR : 3.1. Mendiskripsikan
Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
ALOKASI WAKTU : 2 x
45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A.
Produk
1. Pengertian
pers, pers nasional dan pers asing diidentifikasi
2. Fungsi
pers dianalisis
3. Pendapat
tentang peran pers dijelaskan
4.
Perkembangan pers di Indonesia
dianalisis
B.
Proses
1. Menjelaskan
pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2. Menjelaskan
fungsi pers.
3. Mengemukakan
pendapat tentang peran pers.
4.
Menjelaskan perkembangan pers di
Indonesia.
Afektif
A. Perilaku
Berkarakter
1. Berfikir
kritis terhadap pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2. Secara
mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh perkembangan pers di Indonesia.
B. Ketrampilan
Sosial
1. Mengemukakan
pendapat tentang fungsi pers.
2. Mengemukakan
pendapat tentang pendapat tentang peran pers.
3. Mengemukakan
pendapat tentang perkembangan pers di Indonesia.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
1. Tanpa
membuka buku siswa dapat menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan perkembangan
pers di Indonesia.
3. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan fungsi pers.
4. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang
peran pers.
B. Proses.
1. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan perkembangan
pers di Indonesia.
2. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan fungsi pers.
3. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan tentang
peran pers.
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang menjelaskan pengertian pers, pers nasional dan pers asing.
2. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan contoh fungsi
pers.
B. Ketrampilan sosial
1. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang peran pers.
2. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang fungsi pers.
3. Setelah
membaca buku dan mendengakan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan perkembangan
pers di Indonesia.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pengertian fungsi dan
peran serta perkembangan pers di Indonesia
A.
Pengertian
1. Pers
2. Pers
nasional
3. Pers
asing
B.
Fungsi pers
C.
Peran pers
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
Kooperatif tipe Jigsaw
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1.
Guru memotivasi siswa dalam kegiatan belajar sehingga
terjadi interaksi belajar.
2.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan pengertian pers, pers nasional
dan pers asing
2.
Guru menjelaskan tentang peran pers.
3.
Guru menjelaskan fungsi pers
4.
Guru menjelaskan perkembangan pers di Indonesia
5.
Guru membagi kelompok masing-masing kelompok
terdiri dari 4 siswa
6.
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan
tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang
pengertian dan fungsi pers.
Kegiatan Inti
1. Guru meminta
siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk
minggu lalu
2. Guru
mempersilahkan siswa untuk menerangkan materi kepada kelompoknya secara
bergantian
3. Guru meminta
siswa secara bergantian untuk menguraikan / menceriterakan kembali tentang
materi yang telah dijelaskan oleh guru serta yang telah dipelajari dari kelompoknya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama
siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan
tentang pengertian dan fungsi pers.
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2.
Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.
Buku
Paket PKn kelas XII Esis
4.
Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.
Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1. Power
Point
2. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes
tertulis dengan bentuk soal uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.
Penguasaan
Materi
b.
Sistematika
dalam penyampaian materi
c.
Tata
bahasanya
d.
Sikap
pada saat tampil
e.
Kerja
sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427 198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.
3. Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.1. Mendiskripsikan
Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK.
3. Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
KD 3.1. Mendiskripsikan
Pengertian Fungsi dan Peran Serta Perkembangan Pers di Indonesia
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI –
KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI : 3. Mengevaluasi
Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
Jenjang Pendidikan :
SMK Jumlah
Soal : 4
Mata Pelajaran : PKn
Bentuk Soal : Uraian
Kelas / Semester :
XII / 1 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
/ Uraian Materi
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
1.
|
Mendiskripsikan pengertian fungsi dan
peran serta perkembangan pers di Indonesia
|
Pengertian fungsi dan
peran serta perkembangan pers di Indonesia
A.
Pengertian
1.
Pers
2.
Pers nasional
3.
Pers asing
B.
Fungsi pers
C.
Peran pers
|
Tes tertulis
Bentuk
soal
uraian
|
§ Jelaskan
Pengertian pers, pers nasional dan pers Asing
§ Sebutkan
Fungsi pers
§ Berikan
Pendapatmu tentang peran pers
§ Analisis
Perkembangan pers di Indonesia
|
1
2
3
4
|
LEMBAR
PENILAIAN
(
TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL URAIAN )
Bacalah
sedikit gambaran materi di bawah ini !
Negara demokrasi adalah
negara yang mengikutsertakan partisipasi rakyat dalam pemerintahan serta
menjamin terpenuhinya hak-hak dasar rakyat dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Salah satu hak dasar rakyat yang harus dijamin adalah kemerdekaan
menyampaikan pikiran baik secara lisan dan tulisan. Pers merupakan salah satu
sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapat serta memiliki
peranan penting dalam negara demokrasi.
Secara etimologis, kata
pers berasal dari bahasa Inggris – to press, artinya mencetak. Karena itu
pengertian persseringkali merujuk kepada media cetak. Dalam perkembangannya,
istilah pers meliputi dua hal, yaitu pers dalam arti sempit dan pers dalam arti
luas. Berkembangnya media yang mampu menjangkau massa juga membuat istilah pers
semakin meluas.
Dalam sejarah
Indonesia, pers memiliki peran yang menonjol. Pada masa kolonialisme, pers
berperan menyebarluaskan gagasan kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia. Begitu
pula saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, pers menjadi media yang
efektif menjangkau berbagai pelosok negeri untuk mewartakan kemunculan
Indonesia sebagai negara yang berdaulat.
Perkembangan pers
nasional pasca kemerdekaan mengalami dinamika yang menarik. Pada periode awal
demokrasi liberal di Indonesia kehidupan pers relatif bebas dan memperoleh
perlindungan konstitusi sebelum akhirnya tertekan dibawah demokrasi Terpimpin.
Demikian pula, dibawah kekuasaan otoriter Orde Baru telah banyak media massa
yang dibekukan secara sepihak karena dianggap terlalu kritis terhadap
pemerintah. Kini di era reformasi, peranan pers untuk menyebarluaskan informasi
telah memberikan sumbangan bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Pers dapat
menjadi media untuk mengontrol praktik pemerintahan. Berbagai praktik
penyimpangan kekuasaan dapat diungkap pers, sementara kehendak publik dapat
terus menerus dipublikasikan agar diakomodasi oleh pemerintah.
PETUNJUK : Jawablah
secara tepat dan jelas !
1. Deskripsikan
pengertian pers dengan kalimat Anda sendiri !
2.
Deskripsikan fungsi pers dalam masyarakat demokrasi
3.
Deskripsikan peranan pers dalam masyarakat demokrasi
4.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa penjajahan Belanda dan Jepang.
5.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa penjajahan Belanda dan Jepang.
6.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa revolusi mempertahankan kemerdekaan
7.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa Orde Lama
8.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa Orde Baru
9.
Deskripsikan perkembangan pers di Indonesia dalam
masa reformasi
Kunci Jawaban
1
|
· Pers
dalam arti sempit : media cetak
yang mencakup surat kabar, koran, majalah, tabloid, dan buletin pada kantor
berita.
·
Pers dalam arti luas :
semua media komunikasi yang meliputi media cetak, media audio, media audio
visual, dan media elektronik.
|
2
|
* media
informasi,
* pendidikan,
* hiburan,
* kontrol
sosial, dan
* dapat juga
sebagai lembaga ekonomi.
|
3
|
* Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui,
* Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi,
mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan hak asasi manusia, serta
menghormati kebhinnekaan.
* Mengembangkan pendapat umum berdasarkan
informasi yang tepat, akurat, dan benar.
* Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran
terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
*
Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.
|
4
|
* Terbagi menjadi tiga golongan, Pers Kolonial,
Pers Cina, dan Pers Nasional.
* Pers kolonial bertujuan membela kepentingan kaum
kolonialis Belanda dan membantu usaha pemerintah Hindia Belanda dalam
melanggengkan kekuasaan di tanah jajahannya.
* Pers Nasional bertujuan memperjuangkan hak-hak
bangsa Indonesia untuk mencapai kebebasannya.
* Dalam praktiknya, pemerintah kolonial Belanda
menerapkan kontrol yang keras terhadap kalangan pers Indonesia ( Lihat
KUHP, pasal 153 bis, 154, 155, 156,
dan 157 )
* Masa penjajahan Jepang, pers dipaksa menyuarakan
propaganda-propaganda / harapan-harapan palsu akan lahirnya kemerdekaan
setelah Jepang mengalahkan Belanda.
|
5
|
* Pers nasional berperan menyebarluaskan berita
sekitar proklamasi lemerdekaan Indonesia.
* Pers nasional juga berperan sebagai alat
perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.
* Berdiri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan
Serikat Pengusaha Surat kabar (SPS ).
* Kantor
berita Antara dibuka kembali setelah dibekukan pemerintah pendudukan Jepang.
|
6
|
* Pers sebagai
alat perjuangan dan propaganda dari partai politik.
* Pers
dipergunakan oleh partai politik sebagai corong ideologinya.
* Pers sangat
tergantung pendanaannya dari partai politik.
* Pers menjadi
sangat partisan dan berpihak pada suatu partai politik.
|
7
|
* Pemerintah mulai membatasi dan mengontrol
kebebasan pers.
* Pers nasional harus mendukung revolusi yang
belum selesai.
* Pers yang mengkritik dan tidak menyuarakan
kepentingan pemerintah dilakukan penekanan dan pembredelan.
* Percetakan banyak yang diambil alih oleh
pemerintah dan para wartawan diwajibkan untuk berjanji mendukung politik
pemerintah.
|
8
|
* Awalnya menjanjikan kebebasan pers sesuai
undang-undang nomor 11 tahun 1966 yang menjamin tidak ada sensor dan
pembredelan, serta penegasan bahwa setiap warga negara berhak untuk
menerbitkan pers yang bersifat kolektif dan tidak diperlukan surat ijin
terbit.
* Pers mengalami depolitisasi dan komersialisasi,
dalam arti pers tidak lagi mendapat dana dari partai politik dan
menghilangkan unsur-unsur politik dalam berita yang dimuat, kecuali yang
mendukung pemerintah Orde Baru dan kebijakannya. Sumber pendanaan kehidupan
pers adalah dari iklan dan penjualan surat kabar.
* Peristiwa “ Malari “ ( lima belas Januari 1974 )
menjadi awal titik balik kebebasan pers nasional.
* Diberlakukan SIUPP ( Surat Ijin Usaha Penerbitan
Pers ) dan dapat dicabut oleh pemerintah apabila pemberitaan pers dianggap
merugikan kebijakan pemerintah Orde Baru.
* Dikembangkan Pers Pembangunan, yaitu pers yang
berfungsi mendukung dan menyebarluaskan pembangunan yang menjadi kebijakan
pemerintah Orde Baru.
|
9
|
* Departemen Penerangan dan SIUPP-nya dibubarkan.
* Muncul penerbitan-penerbitan baru hingga
melebihi 2000.
* Lahir Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang
Pers
* Lahir Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang
Penyiaran
|
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (3.1) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (3.1).docx Disini