|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS /
SEMESTER : XII /
1
PROGRAM
KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
STANDAR
KOMPETENSI : 2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KOMPETENSI
DASAR : 2.1. Menganalisis
sistem pemerintahan di berbagai negara
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
INDIKATOR
:
Kognitif
A. Produk
1. Makna sistem pemerintahan dijelaskan
2. Sistem pemerintahan yang pernah berlaku di
Indonesia dijelaskan
3. Sistem pemerintahan di Negara Amerika
Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China dibandingkan
B. Proses
1. Fungsi pokok sistem pemerintahan diuraikan
2. Perbedaan sistem pemerintahan yang ada di
Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China identifikasi
3. Makna sistem pemerintahan yang pernah berlaku
di Indonesia ditegaskan
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Berfikir kritis terhadap makna sistem
pemerintahan di berbagai Negara sebagai
2. Secara mandiri maupun kelompok mampu
menjelaskan sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss,
Russia, dan China
B. Ketrampilan Sosial
1. Mengemukakan pendapat tentang arti penting
dari sistem pemerintahan
2. Mengemukakan pendapat tentang sistem
pemerintahan yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
1. Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan
makna sistem pemerintahan dengan tepat
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan yang pernah ada di
Indonesia
3. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sistem pemerintahan di berbagai negara
4. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pentingnya sistem pemerintahan bagi
suatu Negara
B. Proses
1. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat membedakan sistem pemerintahan yang ada di Amerika
Serikat, Inggris, Swiss, Russia, dan China
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat
menegaskan makna sistem
pemerintah
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Setelah membaca buku dengan teliti dan mendengarkan penjelasan
guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna sistem
pemerintahan
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan sistem pemerintahan di Amerika Serikat,
Inggris, Swiss, Rusia, dan China
B. Ketrampilan sosial
1. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang makna sistem
pemerintahan
2. Setelah membaca buku dan mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang sistem pemerintahan
yang pernah ada di Indonesia
3. Setelah membaca buku dan mendengakan
penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang sitem pemerintahan
yang ada Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Rusia, dan China
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian sistem pemerintahan
2. Sistem pemerintahan yang pernah ada di
Indonesia
3. Sistem pemerintahan diberbagai negara
a. System pemerintahan di Amerika Serikat
b. System pemerintahan di Inggris
c. System pemerintahan di Russia
d. System pemerintahan di China
e. System pemerintahan di Swiss
4. Membandingkan system pemerintahan di
Indonesia dengan system pemerintahan Negara lain
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model :
kooperatif tipe Artikulasi
Ø Metode :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal.
1. Guru memotivasi siswa dalam kegiatan belajar sehingga terjadi
interaksi belajar
2. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian system pemerintahan
2. Guru menjelaskan tentang Sistem
pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3. Guru menjelaskan sistem pemerintahan di
Indonesia dengan sistem pemerintahan Negara lain
4. Guru membagi kelompok yang terdiri dari 2 anak untuk setiap
kelompok
5. Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang
akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.
Ø Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi
yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru mengadakan apersepsi tentang materi minggu lalu dengan
cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang system
pemerintahan
Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa untuk kembali berpasangan sesuai dengan pasangan
yang telah di bentuk minggu lalu
2. Guru mempersilahkan siswa untuk membaca buku secara berpasangan
3. Guru meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan /
menceriterakan kembali tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru serta
yang telah dipelajari dari buku yang dibacanya.
Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan
cara meminta siswa untuk ologi membuat kesimpulan tentang sistem pemerintahan
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket PKn kelas XII
Yudistira
2. Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa
Mega
3. Buku Paket PKn kelas XII Esis
4. Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5. Buku Paket PKn XII Armico
MEDIA DAN BAHAN
1. Power Point
2. Flow Chart
3. LCD
PENILAIAN
1. Penugasan ( siswa diminta
untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan
secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2. Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a. Penguasaan Materi
b. Sistematika dalam penyampaian materi
c. Tata bahasanya
d. Sikap pada saat tampil
e. Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a. 85 jika kelima aspek terpenuhi
b. 80
jika keempat aspek terpenuhi
c. 75
jika ketiga aspek terpenuhi
d. 70
jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan
isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
|
|
|
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik
Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra.
Adriana Abubakar, MM.
NIP. 195907051986031027 NIP:19600427
198603 2 006
Lembar Pengamatan
Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK. 2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD.
2.1.Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam
Diskusi PKn
SK. 2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
KD. 2.1.
Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
Sama
|
Penuh
Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja
sistematis
|
Ketepatan
Pendapat
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI – KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN
SK.
2. Mengevaluasi Berbagai Sistem
Pemerintahan
Jenjang Pendidikan : SMK Jumlah Soal : 10
Mata Pelajaran : PKn
Bentuk Soal : Uraian
Kelas / Semester : XII / 1 Alokasi Waktu : 60’
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Uraian Materi
|
Bentuk
Instrumen
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
1.
|
Menganalisis system
pemerintahan di berbagai Negara
|
1. Pengertian system pemerintahan
2. System pemerintahan yang pernah ada di Indonesia
3. Sistem pemerintahan diberbagai negara
a. System pemerintahan di Amerika Serikat
b. System pemerintahan di Inggris
c. System pemerintahan di India
d. System pemerintahan di China
e. System pemerintahan di Swiss
4. Membandingkan system pemerintahan di Indonesia dengan system pemerintahan
Negara lain
|
Tes
tertulis
Bentuk
soal
uraian
|
1.
Pengertian System
pemerintahan dijelaskan
2. Macam – macam system pemerintahan
dijelaskan
3. Mengidentifikasi kelebihan system
pemerintahan presidensiil
4. Kelemahan system pemerintahan parlementer
diidentifikasi
5. Pengertian system pemerintahan Indonesia
menurut UUD 1945 dijelaskan
6. Pengertian
chief executive dalam system pemerintahan di Amerika Serikat
dijelaskan
7. Perbedaan House of Lord dan House of Common
dalam system pemerintahan di Inggris dijelaskan
8. System pemerintahan di India dijelaskan
9. Menjelaskan system pemerintahan komunis di
China
10. Persamaan system
pemrintahan negara Indonesia dengan
Amerika Serikat dijelaskan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
LEMBAR PENILAIAN
( TES TERTULIS DENGAN BENTUK SOAL
URAIAN )
Jawablah
Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.
Menjelaskan Pengertian System
pemerintahan
2. Menjelaskan macam – macam system pemerintahan
3. Mengidentifikasi kelebihan system
pemerintahan presidensiil
4.
Mengidentifikasi kelemahan system
pemerintahan parlementer
5. Menjelaskan pengertian system pemerintahan
Indonesia menurut UUD 1945
6. Menjelaskan pengertian chief executive dalam system pemerintahan di
Amerika Serikat
7 Menjelaskan perbedaan House of Lord dan
House of Common dalam system pemerintahan di Inggris
8. Menjelaskan system pemerintahan di India
9.
Menjelaskan system pemerintahan
komunis di China
10. Menjelaskan system pemerintahan di Swiss
11. Menjelaskan persamaan system pemrintahan
negara Indonesia dengan Amerika Serikat
12.
Menjelaskan perbedaan system pemerintahan negara Indonesia dengan Inggris
Kunci
Jawaban
1.
Pengertian System pemerintahan
Sistem pemerintahn yang menjaga kstabilan
masyarakat, menjaga pondasi pemerintahan, menjaga keutuhan politik, petahanan,
ekonomi, dan keamanan sehingga menjadi system pemerintahan demokrasi dimana
seharusnya masyarakat bias turut andil adalam pembangunan system pemerintahn
stersebut
2.
Macam – macam system pemerintahan
a. System pemerintahan presidensiil
b. System pemerintahan parlementer
3.
Identifikasi kelebihan system
pemerintahan presidensiil
a. Badan eksekutif lebih stabil kedudukanya
b. Masa
jabatan badan eksekutip lebih jelas dengan jangka waktu ttertentu
c. Menyusun
program kerja kainet mudah disesuaikan dngan jangka waktu jabatan
4.
Identifikasi kelemahan system
pemerintahan parlementer
a. Kedudukan badan eksekutyuf bergantung pada
mayoritas dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu cabinet dapat dijatuhkan
oleh parlemen
b. Kelangsungan kedudukan badan eksekutif tidak
dapat ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatanya, karena sewaktu-waktu
cabinet dapat berubah
c. Parlemen dapat mengendalikan kkainet
d. Parlemen menjaditenmpat kaderisasi bagi
jabatan-jabatan eksekutif
5.
Pengertian system pemerintahan Indonesia
menurut UUD 1945
Pasal 1 ayat 2: “Kedaulatan ada di tangn
rakyat dan dilaksanakan menurut UUD “
6.
Pengertian chief executive dalam system pemerintahan di
Amerika Serikat
Bahwa presiden dan wakilnya dipilih oleh
rakyat dengan masa jabatan selama 4 tahun dan kekuasaanya dibatasi sesuai dengan
prinsip demokrasi hokum.
7. Perbedaan
House of Lord dan House of Common dalam system pemerintahan di Inggris
Parleme
inggris terdidri atas dua bagian :
a. House
of Lord (majelis tinggi) beranggotakan para bangsawan yang penentuan
keanggotaanya ditentukan oleh raja / ratu.
b. House
of common (*majelis rendah) anggotanya berasal dari partai politikdi Inggris
yang dipilih melalui pemilu, namun majeis ini mempunyai kekuasan yang lebih
besar dri majelis tinggi
8.
System pemerintahan di India
System pemerintahan india adalah cabinet
government. Presiden sebagai kepala Negara dan mentri-mentri dipimpin oleh
seorang perdana mentri sebagai badan eksekutif. Presiden dipilih oleh
legislative untuk masa jabatan lima tahun
9.
System pemerintahan komunis di China
a.
Badan legislative : demokrasi dipimpin
oleh kelas pekerja yang dikelola oleh partai komunis china sebagai inti kepemimpinan
pemerintahan
Lembaga negaa tertinggi yaitu Konggres
Rakyat Nasional, yang dikuasai oleh Partai Komunis China (PKC)
Badan Eksekutip : kepala Negara tidak ada,
yang ada adalah jabatan ketua partai. Adapun penyelenggara tertinggi setingkat
dengan perdana mentri dijabat oleh Sekretaris Jendral Partai.
10.
Persamaan system pemrintahan negara Indonesia dengan Amerika Serikat
a.
Melaksanakan pemilihan umum
b.
Bentuk Negara republik
c.
System pemerintahan presidensiil
d.
Presiden memegang jabatan untuk masa tertentu
Untuk lebih jelasnya bisa download File RPP PKN kelas XII (2.1) dengan cara klik tulisan disini :
RPP XII (2.1).docx Disini